8 Tips Kembali Bekerja ke Kantor Lama secara Profesional!

Reporter : Mila Ismiranda
Rabu, 17 Maret 2021 06:57
8 Tips Kembali Bekerja ke Kantor Lama secara Profesional!
Mau balik ke mantan perusahaan? Bisa kok, asal ikuti tips di bawah ini!

Ada banyak orang ingin kembali ke kantor lama mereka setelah memutuskan untuk resign. Alasannya bisa bermacam-macam, dari yang merasa kantor lamanya lebih nyaman, gaji lebih besar, lokasi lebih dekat, hingga pekerjaan di kantor baru yang tidak sesuai harapan. Menurut Harvard Business Review, karyawan seperti ini dinamakan boomerang employee.

Banyak orang menganggap kembali ke kantor lama setelah resign adalah hal yang canggung, memalukan, bahkan, menakutkan. Padahal gak ada salahnya. Kamu bisa pakai 8 tips ini untuk kembali bekerja di kantor lamamu!

1 dari 8 halaman

Yakin Atas Keputusanmu

Sebelum memutuskan untuk kembali ke kantor lama setelah resign, kamu bisa meyakinkan dirimu atas keputusan tersebut.

Tanyakan kepada diri sendiri, apa alasan yang membuatmu ingin kembali ke perusahaan atau organisasi tersebut? Apakah kamu siap dengan konsekuensi yang akan kamu hadapi di tempat tersebut? Siap untuk mulai beradaptasi lagi?

Kalau kamu bisa menjawabnya dengan mantap, kamu berarti sudah mengambil keputusan yang tepat.

2 dari 8 halaman

Pastikan Dulu Kamu Resign dengan Alasan Baik

Mengutip Workplace Trends, sebanyak 56% HRD dan 51% manajer mengatakan bahwa mereka lebih memprioritaskan boomerang employee yang memiliki reputasi baik sebelumnya.

Jadi kalau kamu resign dengan alasan yang kurang baik, maka kecil kemungkinan kamu diterima kembali sebagai karyawan oleh perusahaan.

3 dari 8 halaman

Relasi Informal

Kamu perlu membangun relasi informal sebelum melamar kembali di kantor lamamu. Pastikan masih ada rekan kerja atau kenalan yang tetap bekerja di tempat tersebut.

Kamu bisa bertanya-tanya tentang seperti apa budaya kerja dan perubahan-perubahan yang telah terjadi di sana atau tentang lowongan pekerjaan yang diharapkan. Kalau nantinya sudah diterima, kamu juga gak kaget lagi karena masih berhubungan baik dengan rekan-rekan kerja yang lama.

4 dari 8 halaman

Tetap Positif

Ada kemungkinan kamu akan ditanya alasan resign-mu dari kantor yang sekarang. Berusahalah untuk tetap positif dan tidak menjawabnya dengan alasan-alasan yang buruk, seperti rekan kerja yang toxic, drama di kantor, dan atasan yang menyebalkan.

5 dari 8 halaman

Pintar Beradaptasi

Mungkin ada banyak perubahan yang terjadi di tempat tersebut selama kamu meninggalkannya. Meski begitu, kamu perlu untuk tetap rendah hati dan berusaha beradaptasi dengan hal-hal baru tersebut. Perusahaan jelas berharap kamu bisa beradaptasi lebih cepat daripada karyawan baru pada umumnya.

6 dari 8 halaman

Perluas Networking di Tempat Kerja

Wajib hukumnya untuk menjadi ramah dan membangun networking baru di tempat kerja lamamu ini. Selain itu, kamu juga tetap harus berkenalan dengan rekan kerja baru di sana.

Tujuannya supaya kamu bisa lebih cepat beradaptasi dengan lingkungan kerja lama tapi baru tersebut.

7 dari 8 halaman

Goals Setinggi Mungkin

Perusahaan tentu mengharapkan kamu kembali ke kantor lama untuk menjadi karyawan yang lebih baik dari sebelumnya. Kamu pasti dianggap sudah memiliki profesionalisme dan bekal kerja yang lebih baik berkat pengalamanmu di kantor lain.

Jadi, buatlah goals yang tinggi. Sebisa mungkin lakukan pekerjaanmu melebihi ekspektasi atasan dan perusahaan.

8 dari 8 halaman

Lupakan Masa Lalu

Kamu mungkin pernah melakukan kesalahan di perusahaan tersebut atau perusahaan sebelumnya. Tapi, jangan jadikan itu itu sebagai penghalang untuk bersinar kembali di kantor lamamu.

Dengan merekrutmu kembali, perusahaan menganggapmu mampu memperbaiki hal-hal yang sebelumnya mereka anggap kurang baik darimu. Apa yang terjadi di masa lalu hanya perlu dijadikan pelajaran, bukan penyesalan.

Semoga informasi ini bermanfaat ya!

Beri Komentar