Tips Menggunakan Retinol untuk Pertama Kali agar Tetap Aman di Kulit

Reporter : Olivia Lidya Elsanty
Kamis, 3 Februari 2022 18:15
Tips Menggunakan Retinol untuk Pertama Kali agar Tetap Aman di Kulit
Simak sederet manfaatnya dan dampaknya jika nggak cocok di kulit.

Retinol adalah salah satu ingredients antioksidan yang punya segudang manfaat. Retinol seringkali dimanfaatkan untuk mengatasi jerawat dan bekasnya, mengurangi bruntusan, serta sebagai antiaging.

Meski banyak manfaat yang dibutuhkan, ternyata nggak semua orang berani mencoba menggunakan retinol. Alasannya sih karena takut purging, takut nggak cocok, atau bahkan nggak ada hasilnya di kulit.

Lantas, gimana sih cara mencoba retinol yang tepat agar tetap aman di kulit? Melansir dari akun instagram @sukaskincarean, berikut tips yang bisa kamu ikuti.

1 dari 5 halaman

Prioritas

Ilustrasi Pakai RetinolIlustrasi Pakai Retinol © shutterstock.com/g/SergioMonti

Sebelum berniat mencoba retinol, ada baiknya kalau kamu udah menemukan basic skincare yang tepat dan cocok untuk jenis kulitmu. Selanjutnya kamu juga harus memastikan, apakah kulitmu benar-benar membutuhkan retinol?

Sebagaimana yang dijelaskan sebelumnya, retinol emang punya manfaat yang banyak banget. Penggunaan retinol yang cocok dan tepat bisa membantu mengatasi masalah bruntusan dan bekas jerawat. Selain itu, retinol juga bisa membantu kulit jadi lebih plumpy.

Jadi, kalau kamu merasa membutuhkan manfaat tersebut, maka penggunaan retinol cukup penting untuk masuk dalam skincare routine-mu.

2 dari 5 halaman

Tips penggunaan retinol

Ilustrasi Pakai RetinolIlustrasi Pakai Retinol © shutterstock.com/g/KaryB

Penggunaan retinol nggak bisa secara asal-asalan. Ada beberapa tips yang bisa digunakan sebagai referensi agar penggunaan retinol lebih bisa ditoleransi oleh kulit.

Pertama, gunakan retinol 2-3 kali dalam seminggu untuk beradaptasi. Ketika penggunaan retinol udah aman, kamu bisa mulai mencoba menggunakannya lebih rutin. Namun jangan lupa pertimbangkan formulasi dan persentasenya yaa.

3 dari 5 halaman

Kamu bisa mengaplikasikan retinol dengan menggunakan metode sandwich atau layering. Pertama, gunakan moisturizer, kemudian lanjutkan dengan retinol, lalu ulangi mengaplikasikan moisturizer lagi.

Penggunaan retinol saat malam hari perlu diimbangi dengan memakai sunscreen saat pagi harinya. Selain itu jangan lupa untuk re-apply sunscreen di siang hari.

4 dari 5 halaman

Cara memilih produk retinol yang tepat

Ilustrasi Pakai RetinolIlustrasi Pakai Retinol © shutterstock.com/g/fizkes

Di pasaran, ada banyak banget produk retinol. Setiap produk pun punya formulasi berbeda. Berikut adalah tips yang bisa kamu pertimbangkan sebelum memutuskan membeli retinol.

Pertama, selalu pertimbangkan budget. Kemudian, pastikan juga retinol dari brand manakah yang sesuai dengan kebutuhan kulitmu. Caranya yakni dengan membaca review dengan influencer atau mungkin dari pengguna awam.

5 dari 5 halaman

Meski sudah membaca review, kamu harus menyadari bahwa kulit setiap orang itu berbeda. Bisa jadi review mengatakan bagus, tapi ternyata nggak berlaku di kulitmu.

Jadi, pastikan memilih retinol sesuai harga dan kebutuhan kulit. Jangan keburu marah jika hasilnya nggak sesuai dan stop penggunaan retinol jika ada reaksi negatif yang muncul pada negatif.

Beri Komentar