Ternyata Sering Menyentuh Rambut Bisa Bikin Rambut Jadi Lepek lho, Hindari Yuk!

Reporter : Devi Puspitasari
Senin, 1 Juni 2020 13:30
Ternyata Sering Menyentuh Rambut Bisa Bikin Rambut Jadi Lepek lho, Hindari Yuk!
Sering nggak sadar ya sama kebiasaan satu ini!

Dalam tampil stand out, rambut jadi salah satu hal yang nggak kalah penting. Cukup banyak nih permasalahan rambut yang sering kita temui, salah satunya rambut berminyak dan lepek. Masalah rambut satu ini bisa bikin penampilan kita jadi kurang maksimal.

Penyebab rambut lepek sendiri cukup banyak lho. Salah satunya kebiasaan kita yang suka menyentuh rambut. Suka nggak sadar ya biasanya kalau kita sering nglakuin hal ini. Kenapa sih bisa begitu? Yuk, simak ulasannya di bawah ini ya.

1 dari 4 halaman

Ilustrasi perempuan menyentuh rambut © Diadona

Melansir dari pantene.co.uk, saat kita menyentuh atau menggosok rambut, hal ini bisa mendorong kulit kepala kita untuk meningkatkan produksi sebum.

Nah, saat kamu menyentuh rambut, secara nggak sadar kamu juga ikut memindahkan sebum ke sekitar rambut nih yang membuatnya jadi lebih lepek.

" Bermain-main dan menyentuh rambutmu terus-menerus bisa memindahkan minyak dan kotoran ke tanganmu. Hal ini bisa membuat rambut tampak berminyak dan kusam," kata ahli rambut dan kulit kepala Anabel Kingsley yang dilansir dari GoodtoKnow.

Untuk mencegah agar kamu nggak melulu menyentuh rambut, kamu bisa menjepit atau mengikat rambutmu ke belakang.

2 dari 4 halaman

Cara Mengatasi Rambut Lepek

Menurut ahli rambut yang dilansir dari laman Function of Beauty, ada beberapa cara nih yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi rambut lepek.

Jangan Sering Keramas

Ilustrasi keramas © Diadona

Sering keramas atau mencuci rambut ternyata bisa jadi penyebab rambut berminyak lho yang akan membuat rambutmu jadi terkesan lepek. Mencuci rambut dua atau tiga kali seminggu itu sudah cukup kok. Hindari mencuci rambut tiap hari, ya.

Gunakan Kondisioner dengan Cara yang Benar

Buat kamu yang punya tipe rambut berminyak, menggunakan kondisioner perlu lho. Karena, kondisioner ini bisa memberikan nutrisi dan perlindungan pada rambut yang nggak bisa didapat dari sampo.

So, menemukan kondisioner yang cocok dan sesuai dengan kondisi rambut kamu jadi langkah yang tepat. Menggunakan kondisioner dengan cara yang benar juga nggak kalah penting lho.

Gunakan kondisioner hanya di bagian ujungnya saja ya dan hindari kulit kepala. Satu lagi, pastikan kamu membilasnya dengan bersih.

 

3 dari 4 halaman

Hindari Mencatok Rambut

Ilustrasi memakai catok © Diadona

Mencatok rambut ternyata bisa membuat rambutmu lebih berminyak lho. Hal ini karena rambut yang lurus memberikan jalan bagi minyak untuk langsung ke batang rambut. Maka dari itu, bisa membuat rambutmu menjadi terlihat lepek.

Sebagai alternatifnya, kamu bisa mencoba gaya rambut keriting atau bergelombang yang akan membantu menambah volume pada rambutmu sehingga nggak terlalu berminyak dengan cepat.

Pilih Produk Perawatan Rambut dengan bijak

Memilih produk yang cocok dan sesuai dengan kondisi rambut sama pentingnya lho. Bila kamu punya tipe rambut yang berminyak, direkomendasikan untuk menghindari produk dengan label " anti kusut" karena biasanya dibuat dengan beberapa jenis minyak.

Sebaliknya, carilah produk dengan sifat volumizing, yang akan membantu mengangkat rambutmu dan menjaganya agar nggak bersentuhan dengan akar rambut yang berminyak.

4 dari 4 halaman

Gunakan scrub kulit kepala

Untuk membantu mengurangi penumpukan minyak pada kulit kepala, kamu bisa memasukkan scrub ke dalam daftar perawatan rambutmu. Gunakan scrub ini setidaknya sekali atau dua kali seminggu.

Nah, saat mengoleskannya pastikan kamu menggunakan gerakan kecil melingkar dengan ujung jari (jangan gunakan kukumu tapi ya) untuk memijat scrub dengan lembut ke kulit kepala. Hal ini sama seperti yang kamu lakukan biasanya saat mengeksfoliasi wajah.

So, jangan sering-sering menyentuh rambut ya jika kamu nggak ingin rambut jadi lepek. Semoga membantu!

Beri Komentar