Sering Pakai Masker Kain? Yuk Lindungi Kulitmu dari Jerawat dengan Cara Ini!

Reporter : Devi Puspitasari
Sabtu, 30 Mei 2020 06:30
Sering Pakai Masker Kain? Yuk Lindungi Kulitmu dari Jerawat dengan Cara Ini!
Nggak perlu khawatir jerawatan lagi, deh!

Saat ini, memakai masker kain sudah jadi hal yang normal dilakukan ya sebagai upaya pencegahan penyebaran virus corona. Bahkan, menjadi sebuah kewajiban apalagi saat kita berada di tempat umum.

Tak bisa dipungkiri, memakai masker dalam jangka waktu lama kadang membuat kita mengalami sejumlah masalah kulit. Terutama pada bagian wajah yang tertutup masker.

Nah, karena itulah berikut Diadona rangkum sejumlah perawatan yang bisa kamu lakukan untuk melindungi kulit yang dilansir dari Purewow. Apa saja itu? Let's check it out.

1 dari 6 halaman

Tetap Pakai Sunscreen

Ilustrasi memakai sunscreen © Diadona

Yup, mungkin kita merasa nggak harus menggunakan sunscreen ya karena wajah kita sudah tertutup dengan masker. Eits, tapi meski begitu, memakai sunscreen tetap diperlukan lho untuk melindungi kulitmu dari paparan sinar matahari.

Saat menggunakan masker, pastikan kamu memakai sunscreen dengan bahan dasar yang mengandung mineral ya. Satu lagi, gunakan secukupnya saja karena terlalu banyak sunscreen yang terperangkap di belakang masker malah bisa berpotensi menyebabkan kulit berjerawat.

2 dari 6 halaman

Jangan Pakai Makeup Dulu ya

Ilustrasi makeup © Diadona

Meski kamu ingin tampil stand out, akan lebih baik bila kamu menahan dulu untuk nggak memakai makeup saat menggunakan masker. Pasalnya, produk makeup cenderung bisa menyumbat pori-pori.

Sehingga, bila kamu tetap menggunakan makeup selagi memakai masker pastinya bisa menyebabkan kering dan akan membuat pori-porimu malah semakin tersumbat.

3 dari 6 halaman

Pastikan Wajah Bersih dan Lembap

Ilustrasi Cuci Muka © Diadona

Menjaga kulit tetap bersih dan lembut sebelum memakai masker juga nggak kalah penting lho. Pastikan kamu sudah mencuci dan melembapkan wajah lebih dulu ya sebelum mengenakan masker.

Menggunakan masker dalam waktu lama bisa berpotensi membuat kulit menjadi iritasi. Maka dari itu, menggunakan pelembap sangat penting untuk melindungi kulit.

4 dari 6 halaman

Cuci Masker secara Rutin

Ilustrasi pemakaian masker kain © Diadona

Tak hanya menjaga kebersihan wajah, kebersihan masker pun sama pentingnya. Karena itulah, cuci masker secara rutin agar tetap higenis.

Seperti yang kita tahu, maker digunakan secara berulang. Menjaga kebersihannya tentunya jadi hal yang sangat penting bila kamu nggak ingin menimbulkan masalah pada kulit.

5 dari 6 halaman

Tetap Gunakan Hand Sanitizer

Ilustrasi Hand Sanitizer © Diadona

Bila kamu belum terbiasa menggunakan masker, bisa jadi kamu cenderung akan menyentuh wajah lebih sering, terutama saat kamu ingin memperbaiki posisi masker.

Menyentuh wajah terlalu sering juga bisa lho mestimulasi produksi sebum di kulit yang bisa menyebabkan timbulnya jerawat. Untuk itu, menjaga kebersihan tangan juga perlu kamu pertimbangkan. Salah satunya dengan memakai hand sanitizer.

6 dari 6 halaman

Jangan Pakai Masker Terlalu Ketat

ilustrasi masker kain © Diadona

Kadang kita sering ya nggak sadar memakai masker secara ketat. Ternyata, hal ini bisa menimbulkan masalah kulit lho. Menarik masker terlalu ketat bisa menimbulkan memar sampai bekas luka. Nggak mau kan pastinya?

Nah, itu dia berbagai cara yang bisa kamu lakukan agar terbebas dari berbagai masalah kulit saat harus memakai masker. Semoga membantu, ya!

Beri Komentar