Bingung Smoothing, Rebonding, atau Keratin, Ini Loh Treatment yang Pas Buat Rambutmu

Reporter : Mutia Wella Lukitasari
Rabu, 5 Februari 2020 12:30
Bingung Smoothing, Rebonding, atau Keratin, Ini Loh Treatment yang Pas Buat Rambutmu
Nggak perlu bingung kok kalau kamu tau perbedaannya.

Kita semua pasti pengen punya rambut yang halus, lurus, mudah diatur dan satu yang terpenting, rambut yang sehat. Kata orang rambutmu adalah mahkotamu, mungkin ada benarnya juga pribahasa itu ya.

Coba deh, kalau kamu menghadiri satu acara dengan rambut yang nggak banget. Pasti nggak pede kan?

Nah karena itu sebagai cewek, penting bagi kita untuk merawat rambut. Eits, bukan karena orang lain, tapi merawat rambut untuk menghargai dan menyayangi diri sendiri ya.

Kalau udah gini pasti bingung treatment apa ya yang rambutmu butuhin. Karena setiap orang punya jenis rambut yang berbeda dan hal ini tentu mebutuhkan treatment yang berbeda juga Karena itu, dilansir dari Boldsky.com, cari tau treatment rambut apa yang cocok untuk rambut kamu yuk.

1 dari 4 halaman

1. Rebonding

Ilustrasi Rambut © Diadona


Beberapa tahun lalu rebounding sempat menjadi tren yang bikin semua cewek pengen rebounding (termasuk saya, kamu juga?).

Padahal nyatanya nggak semua rambut cocok dengan treatment ini. Kalau nggak sesuai dengan jenis rambut kamu, akibatnya sudah jelas, rambut rusa. Kacau!

Jadi rambut yang seperti apa sih yang cocok dengan treatment ini?

Rebounding menghasilkan rambut yang lurus permanen bahkan ketika rambut baru tumbuh. Mulai rambut yang bergelombang hingga rambut yang keriting kecil-kecil dapat menjadi lurus dengan bahan-bahan kimia dan suhu panas yang digunakan selama proses treatment.

Jika rambutmu keriting dan kamu ingin menghilangkan tiap lekukan dirambutmu, maka kamu membutuhkan perawatan ini. Namun ingat, rambutmu akan terus tumbuh lurus tanpa gelombang lagi.

Meski secara umum biaya yang dikeluarkan tidak terlalu mahal. Tapi biaya pasca treatmentnya perlu kamu pertimbangkan juga. Karena treatment ini sangat rawan merusak rambut. Karena itu, kamu perlu benar-benar melakukan perawatan terus menerus, seperti hairmask, creambath dan conditioner saat keramas.

Jika tidak, kamu akan berhadapan dengan rambut rusak untuk waktu yang lama. Serem!

2 dari 4 halaman

2. Smoothing

Ilustrasi Rambut © Diadona


Seperti namanya, treatment smoothing bertujuan untuk menghaluskan rambut sehingga terlihat lurus. Bukan meluruskan seperti rebounding.

Secara umum biaya yang di keluarkan untuk smoothing memang lebih mahal dari rebounding, hal ini karena smoothing membuat rambutmu terlihat halus dan lurus seperti alami. Jadi treatment ini tidak hanya dilakukan oleh yang berambut keriting juga, tapi juga mereka yang berambut lurus.

Pada perawatan ini menggunakan bahan kimia yang dapat merusak rambut, meski tidak separah rebounding. Jadi kamu tetap perlu melakukan perawatan. Menggunakan conditioner is a must!

3 dari 4 halaman

3. Keratin

Ilustrasi Rambut © Diadona


Jika kamu sedang patah hati karena rambutmu rusak dan tidak tau bagaimana cara mengembalikan rambut sehatmu. Maka treatment keratin adalah solusinya.

Rambut rusak dapat disebabkan karena bahan kima, kotoran, debu sinar matahari. Bahkan meski kamu telah melakukan perawatan seperti hairmask atau creambath pun tetap tidak dapat mengembalikan rambut sehatmu.

Keratin memberikan protein pada akar rambut. Protein merupakan zat utama untuk menyehatkan rambut. Karena itu dengan memiliki banyak protein, rambutmu akan kembali sehat.

Tapi, biaya yang dikeluarkan untuk treatment ini cukup mahal loh dibandingkan yang lainnya. Selain itu, pasca melakukan treatment kamu juga perlu rajin merawat rambutmu agar tidak kembali rusak.

4 dari 4 halaman

Jadi, kalau kamu ingin memiliki rambut yang lurus sempurna secara permanen, coba lakukan rebounding. Sedangkan kalau kamu hanya ingin membuat rambutmu lurus dan halus sementara, kamu bisa mencoba smoothing. Terakhir, jika rambutmu rusak dan kamu ingin mengembalikan kesehatan rambutmu, rawat dengan keratin.

Tapi ingat, jangan lupa merawat rambut pasca treatment ya!

Beri Komentar