Sederet Bahaya Pakai Makeup Kadaluarsa, Jangan Lupa Cek ya guys!

Reporter : Mutia Wella Lukitasari
Selasa, 19 Januari 2021 15:25
Sederet Bahaya Pakai Makeup Kadaluarsa, Jangan Lupa Cek ya guys!
Sering diabaikan, padahal makeup kadaluwarsa dapat sebabkan sederet hal ini lho pada kulit.

Setiap kosmetik memiliki batas maksimal penggunaan, hal ini karena bahan dari makeup yang justru dapat membahayakan jika dipalikasikan pada wajah. Karena itu lah setiap produk selalu mencantumkan tanggal kadaluwarsa.

Sebenarnya apa aja sih bahaya menggunakan makeup kadaluwarsa? Dilansir dari berbagai sumber, simak bahayanya berikut ini yuk!

1 dari 4 halaman

Jerawat

Ilustrasi Jerawat © Diadona

Kandungan minyak pada kosmetik wajah seperti foundation ataupun cream blush yang sudah kadaluarsa biasanya akan mengumpul pada lapisan teratas. Jika digunakan hal ini dapat mengakibatkan produk makeup dengan kandungan minyak tinggi yang akan menyumbat pori-pori wajah dan mengakibatkan jerawat.

2 dari 4 halaman

Iritasi Kulit

Ilustrasi makeup lama © Diadona

Setiap produk makeup yang sudah kadaluarsa memiliki kandungan bakteri yang lebih tinggi. Nah, bakteri inilah yang akan bereaksi dengan kulit sehingga dapat menimbulkan iritasi pada kulit wajah kamu, seperti bintik-bintik merah, kemerahan, hingga kulit yang mengelupas.

3 dari 4 halaman

Pembengkakan Bibir

 

Menggunakan makeup seperti lipstik dapat membahayakan juga lho. Pada beberapa kasus bibir dapat terasa perih, menjadi kasar, kering, dan pecah-pecah, serta membengkak. Hal ini seperti yang dialami wanita ini, cek di sini deh.

4 dari 4 halaman

Masalah Mata

Ilustrasi Sakit Mata © Diadona

Bagian mata secara umum diketahui sebagai salah satu area tubuh yang sensitif. Adanya kontak langsung antara penumpukkan bakteri pada produk kosmetik yang kadaluarsa dengan area mata, baik kelopak mata ataupun bulu mata dapat menimbulkan dampak buruk.

Masalah mata mulai dari terasa perih, mata menjadi berair, mata yang memerah, hingga bisul/jerawat dapat terjadi area mata karena penggunaan makeup ini.

Nah itu dia dampak buruk yang dapat terjadi jika pakai makeup yang udah kadaluwarsa. Selalu cek setiap makeup item kamu ya, girls!

Beri Komentar