Perpaduan Bahan Aktif Skincare yang Bikin Kulit Glowing, Best Combo yang Patut Dicoba

Reporter : TIM MAGANG ASIK
Jumat, 5 April 2024 11:54
Perpaduan Bahan Aktif Skincare yang Bikin Kulit Glowing, Best Combo yang Patut Dicoba
Mengkombinasikan bahan aktif skincare secara asal akan menambah permasalahan pada kulit. Ikuti rumus ini untuk bikin kulit semakin glowing.

Memiliki kulit glowing adalah dambaan banyak perempuan, karena kulit glowing mencerminkan kesehatan dan memberikan kesan memesona pada kulit. Tak heran banyak orang berusaha mencari produk skincare yang dapat membantu mencapai kulit glowing dengan mengkombinasikan berbagai bahan aktif skincare

Dalam dunia perawatan kulit, pemilihan bahan aktif yang tepat sangatlah penting untuk mencapai hasil yang diinginkan. Dengan adanya bahan aktif tersebut, skincare lebih cepat bekerja dan akan memberikan hasil yang terbaik. Memahami bagaimana cara bahan-bahan aktif berinteraksi satu sama lain sangat penting untuk menjadikannya perawatan kulit yang efektif. 

Eits, bukan sekadar mengkombinasikan bahan aktif secara asal ya. Pasalnya, tidak semua bahan aktif bisa dipakai secara bersamaan. Pemakaian perpaduan bahan aktif skincare yang tidak cocok dapat menyebabkan kerusakan pada kulit seperti, bruntusan, iritasi, kemerahan karena alergi, atau yang lainnya. 

Makanya, Diazens perlu banget ketahui best combo perpaduan bahan aktif skincare yang bikin kulit glowing tanpa merusak kulit kamu, yuk disimak. 

1 dari 5 halaman

1. Niacinamide dan Alpha Arbutin

Perpaduan Bahan Aktif Skincare yang Bikin Kulit Glowing © Diadona

Pemakaian niacinamide dan alpha arbutin merupakan perpaduan bahan aktif skincare yang bikin kulit glowing, lho Diazens. Penggunaan kedua bahan aktif tersebut secara bersamaan sangat efektif untuk mengurangi munculnya hiperpigmentasi dan membuat kulit tampak lebih cerah. 

Niacinamide berfungsi memudarkan bintik hitam, membuat kulit cerah merata, membuat skin barrier lebih sehat, dan dapat mengontrol minyak. Sedangkan, alpha arbutin bertugas untuk memudarkan bekas jerawat.

Tetapi, kalau kamu memiliki kulit yang sensitif dan memiliki jerawat aktif, tidak disarankan untuk memakai perpaduan bahan aktif skincare ini. 

2. Retinol dan Niacinamide

Perpaduan bahan aktif skincare yang bikin kulit glowing selanjutnya ada retinol dan niacinamide. Retinol memiliki kandungan skincare anti aging yang dapat mencegah tanda-tanda penuaan. Sedangkan, niacinamide dapat mengatasi masalah skin barrier

Dilansir dari Women's Health Mag, kombinasi antara niacinamide dan retinol sebagai perpaduan bahan aktif skincare yang bikin kulit glowing sangatlah cocok. Retinol terkenal mengeringkan dan mengiritasi, sedangkan, niacinamide bisa sangat menenangkan, penggunaannya dapat melawan efek samping retinol. Kombinasi bahan aktif ini sebaiknya digunakan pada malam hari ya!

2 dari 5 halaman

3. AHA dan BHA

Perpaduan Bahan Aktif Skincare yang Bikin Kulit Glowing © Diadona

Perpaduan bahan aktif skincare yang bikin kulit glowing berupa AHA dan BHA terbukti efektif untuk perawatan eksfoliasi kulit, karena dapat meningkatkan proses eksfoliasi tanpa mengurangi kelembapan kulit. Kedua bahan aktif ini memiliki fungsi yang berbeda. 

AHA dapat mengangkat sel-sel kulit mati di permukaan kulit, sekaligus menjaga kelembapan kulit. Sementara itu, BHA bekerja dengan membersihkan sel-sel kulit mati dari dalam pori-pori yang dapat membantu mengurangi produksi minyak dan mencegah jerawat.

4. Vitamin C dan Niacinamide

Kombinasi vitamin C dan niacinamide sangat efektif sebagai perpaduan bahan aktif skincare yang bikin kulit glowing. Niacinamide dan vitamin C dapat melawan pigmentasi dan mengurangi flek hitam.

Niacinamide memiliki manfaat untuk menghambat enzim tirosinase, yang membantu memproduksi pigmen melanin. Dengan memblokir tirosinase, kamu dapat mencegah pembentukan hiperpigmentasi. 

Perlu dipahami, penggunaan vitamin C dan niacinamide berisiko digunakan saat terkena sinar matahari secara langsung. Baiknya, perpaduan bahan aktif skincare yang bikin kulit glowing ini digunakan saat malam hari saja. 

3 dari 5 halaman

5. Hyaluronic Acid dan Vitamin C

Perpaduan Bahan Aktif Skincare yang Bikin Kulit Glowing © Diadona

Perpaduan bahan aktif skincare yang bikin kulit glowing selanjutnya adalah hyaluronic acid dan vitamin C. Dilansir dari Healthline, Direktur Penelitian Kosmetik dan Klinis di Departemen Dermatologi Rumah Sakit Mount Sinai, Joshua Zeichner, mengatakan bahwa hyaluronic acid dan vitamin C biasanya digunakan bersama karena keduanya saling melengkapi untuk menghidrasi, melindungi, dan memperbaiki kulit yang menua. 

Terlalu banyak vitamin C dapat menyebabkan iritasi pada kulit. Dengan menambahkan hyaluronic acid, kulit dapat nutrisi dan hidrasi. Alhasil, kedua bahan aktif ini sangat cocok dan menjadi perpaduan bahan aktif skincare yang bikin kulit glowing. 

6. Niacinamide dan Salicylic Acid

Paduan niacinamide dan salicylic acid merupakan kombinasi yang efektif untuk kulit berminyak dan berjerawat. Gabungan kedua bahan ini akan mengatur produksi minyak dan mencegah serta mempercepat proses penyembuhan jerawat.

Bekas jerawat juga dapat teratasi karena keduanya memiliki kemampuan untuk mengurangi hiperpigmentasi. Perpaduan bahan aktif skincare ini ampuh bikin kulit glowing

 

4 dari 5 halaman

7. Retinol dan Hyaluronic Acid

Perpaduan Bahan Aktif Skincare yang Bikin Kulit Glowing © Diadona

Perpaduan bahan aktif skincare yang bikin kulit glowing ini perlu banget kamu coba. Retinol memiliki kemampuan untuk mencerahkan dan mengurangi tanda-tanda penuaan yang muncul seperti, garis-garis halus dan flek hitam. Tetapi, penggunaan retinol bisa menyebabkan iritasi pada kulit.

Hyaluronic acid dapat menjadi solusi untuk mengurangi iritasi karena penggunaan retinol. Penggunaan hyaluronic acid dapat memberikan kelembapan sekaligus menenangkan pada kulit.

8. Retinol dan Ceramide

Pilihan lain dari perpaduan bahan aktif skincare yang bikin kulit glowing adalah retinol dan ceramide. Retinol dan ceramide memiliki sifat yang saling melengkapi.

Retinol berperan dalam merangsang produksi kolagen di kulit, sementara ceramide bekerja dengan kolagen dan elastin untuk membentuk bantalan antar sel untuk membantu menjaga elastisitas kulit. 

Beri Komentar