Kenali Jenis Perawatan Wajah Agar Kulit Tetap Sehat dan Tidak Salah Penanganan!

Reporter : Diba
Jumat, 22 September 2023 20:00
Kenali Jenis Perawatan Wajah Agar Kulit Tetap Sehat dan Tidak Salah Penanganan!
Ini dia jenis-jenis perawatan kulit berdasarkan tujuannya!

Tipe kulit masing-masing orang tidaklah sama. Ada yang normal, kering hingga berminyak. Itulah mengapa banyak produk skincare yang membuat produk khusus untuk tipe atau masalah yang terdapat pada kulit wajah. Oleh karena itu, perawatan wajah juga ada beberapa jenisnya. Pada artikel kali ini akan membahas mengenai jenis-jenis perawatan kulit berdasarkan tujuannya.

Perawatan kulit bermasalah dan perawatan kulit normal tidaklah sama. Beberapa kulit memerlukan perhatian lebih bahkan harus ke dokter agar membuat kulit kinclong kembali. Itulah mengapa perawatan kulit juga memiliki jenisnya sendiri sesuai dengan kebutuhannya. Berikut penjelasan lengkapnya.

1 dari 6 halaman

Perawatan Kulit Dasar

Jenis Perawatan Wajah © Diadona

Perawatan kulit dasar memiliki tujuan untuk menjaga kulit agar tetap sehat. Perawatan ini biasanya dilakukan dengan melakukan hal-hal basic dan memakai skincare basic seperti face wash, toner, serum, moisturizer hingga sunscreen. Karena memiliki tujuan agar menjaga kulit agar lebih sehat dan tidak gampang breakout maka perawatan kulit dasar ini dibagi menjadi 3 jenis yaitu:

2 dari 6 halaman

1. Facial

Facial merupakan perawatan yang paling sering dilakukan oleh banyak orang. Biasanya facial ini dilakukan di klinik dokter kecantikan untuk melakukan pembersihan secara menyeluruh.

2. Eksfoliasi

Eksfoliasi adalah proses pengangkatan sel kulit mati dari permukaan kulit dengan menggunakan bahan aktif seperti aha bha atau menggunakan scrub khusus eksfoliasi.

3. Masker

Pemakaian masker juga merupakan perawatan kulit dasar ini karena melalui pemakaian masker dapat memberikan nutrisi dan melembabkan kulit.

3 dari 6 halaman

Perawatan Kulit Bermasalah

Jenis Perawatan Wajah © Diadona

Perawatan kulit bermasalah ini dilakukan oleh dokter yang berkompeten di bidangnya. Ini karena kulit yang bermasalah tidak bisa sembuh hanya dengan penggunaan skincare dasar. Penanganan kulit yang memiliki masalah seperti jerawat yang tidak bisa sembuh hingga alergi harus melakukan perawatan khusus kulit yang bermasalah. Berikut 2 jenis perawatan kulit yang bermasalah:

4 dari 6 halaman

1. Chemical Peeling
Chemical peeling perawatan ini bertujuan untuk mencerahkan kulit, mengurangi flek hitam, dan mengatasi jerawat. Perawatan ini sendiri menggunakan bahan kimia untuk mengangkat lapisan kulit mati.

2. Laser
Perawatan dengan laser pasti sudah sering kalian dengar. Perawatan dengan laser sendiri bertujuan untuk mengangkat lapisan kulit mati, mengencangkan kulit, atau menghilangkan tato.

3. Microdermabrasion
Microdermabrasion adalah perawatan kulit wajah dengan menggunakan kristal-kristal kecil untuk mengangkat lapisan kulit mati.

5 dari 6 halaman

Perawatan Kulit Anti-Aging

Jenis Perawatan Wajah © Diadona

Perawatan kulit anti-aging tidak bisa hanya dilakukan dengan memakai retinol atau bahan aktif yang memiliki fungsi sebagai retinol. Ini karena tipe kulit yang berbeda akan menghasilkan produksi kolagen yang berbeda juga sehingga beberapa orang memerlukan perawatan khusus anti-aging agar tetap tampil awet muda. Berikut 3 jenis perawatan kulit anti-aging.

 

6 dari 6 halaman

1. Botox
Botox sudah banyak digunakan oleh beberapa orang dan sudah sangat terkenal di dunia kecantikan beberapa tahun belakangan ini. Botox sendiri merupakan perawatan kulit wajah dengan menyuntikkan botox ke dalam otot wajah untuk melemaskan otot dan mengurangi kerutan.

2. Filler
Kalian pasti pernah melihat orang yang memakai filler untuk mengencangkan kulit. Nah selain botox filler juga menjadi salah satu jalan untuk beberapa orang dalam menangani kerutan.

3. Radiofrequency
Radiofrequency merupakan perawatan kulit wajah dengan menggunakan gelombang radio untuk merangsang produksi kolagen dan elastin agar wajah tetap kencang dan awet muda.

Untuk memilih perawatan mana yang bisa kamu gunakan ada baiknya untuk menyesuaikan saja sesuai dengan kebutuhan wajah kamu.

 

 

 

Beri Komentar