Ketahui Penggunaan Skincare yang Tepat Sesuai Usia agar Kulit Terawat dengan Baik

Reporter : TIM MAGANG ASIK
Selasa, 12 Maret 2024 16:12
Ketahui Penggunaan Skincare yang Tepat Sesuai Usia agar Kulit Terawat dengan Baik
Yakin penggunaan skincare sudah tepat sesuai usia kamu? Simak apa saja perawatan wajah yang tepat sesuai dengan wajah kamu.

Merawat kulit merupakan investasi jangka panjang untuk kesehatan dan penampilan yang sehat. Namun, perawatan kulit yang efektif tidak hanya bergantung pada produk yang tepat, tetapi juga pada penyesuaian perawatan dengan usia kamu. Dengan menggunakan skincare yang sesuai dengan usia dapat membantu mengatasi kebutuhan spesifik kulit kamu. 

Perawatan kulit yang tepat dapat menjadi kunci untuk menjaga kulit tetap sehat, bercahaya, dan awet muda. Untuk itu penting untuk memahami bagaimana menggunakan produk perawatan kulit yang sesuai dengan usia kamu. 

Yuk, ketahui apa saja kebutuhan skincare yang tepat sesuai dengan usia kamu di bawah ini.

1 dari 5 halaman

Kebutuhan Skincare untuk Usia 20-an

Kebutuhan Skincare untuk Usia 20-an © Diadona

Di usia ini, kulit masih dalam kondisi muda dan umumnya lebih sehat. Fokus utama pada perawatan kulit pada usia 20-an adalah pencegahan dan perlindungan. Untuk itu, skincare yang dibutuhkan untuk usia 20-an, yaitu cleanser, pelembap, sunscreen, eksfoliasi, dan antioksidan serum.

Kamu dapat menggunakan pembersih wajah dua kali sehari untuk menghilangkan kotoran, minyak, dan sisa-sisa makeup. Kemudian, kamu perlu menggunakan serum antioksidan untuk melindungi kulit dari kerusakan radikal bebas dan menjaga kecerahan kulit. Selanjutnya, gunakan pelembap yang ringan untuk menjaga kelembapan wajah kamu. 

Setelah itu kamu dapat menutup rangkaian skincare kamu dengan sunscreen agar melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar UV. Kamu juga perlu melakukan eksfoliasi ringan seminggu sekali untuk mengangkat sel-sel kulit mati dan mencegah timbulnya komedo dan jerawat.

2 dari 5 halaman

Kebutuhan Skincare untuk Usia 30-an

Kebutuhan Skincare untuk Usia 30-an © Diadona

Di usia ini, kulit mulai mengalami proses penuaan yang alami. Fokus perawatan kulit pada usia 30-an adalah untuk mencegah dan memperlambat tanda-tanda penuaan, termasuk garis halus dan kerutan. Skincare yang dibutuhkan, yaitu cleanser, peptide serum, pelembap anti-penuaan, dan sunscreen

Kamu dapat menggunakan cleanser yang sesuai dengan jenis kulit kamu. Kemudian, gunakan serum yang mengandung peptide untuk merangsang produksi kolagen dan menjaga kekenyalan kulit. 

Lalu, kamu juga perlu menggunakan pelembap yang mengandung bahan anti-penuaan, seperti retinol atau asam hialuronat untuk menjaga elastisitas dan kelembapan kulit. Untuk mengunci skincare kamu, gunakan sunscreen dengan SPF tinggi setiap hari untuk melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar UV.

3 dari 5 halaman

Kebutuhan Skincare untuk Usia 40-an

Kebutuhan Skincare untuk Usia 40-an © Diadona

Pada usia ini, kulit mulai mengalami penurunan produksi kolagen dan elastin, serta munculnya garis halus dan kerutan yang lebih jelas. Fokus perawatan kulit pada usia 40-an adalah untuk mengencangkan kulit dan menjaga keelastisitasnya. Skincare yang dibutuhkan yaitu hidrasi intensif, retinol, sunscreen dan perawatan under-eye

Buat kamu yang usia 40-an, kamu perlu menggunakan pelembap secara intens dan memilih kandungan bahan-bahan seperti peptide dan vitamin C untuk meningkatkan kekenyalan dan kelembapan kulit. Lalu, kamu perlu menggunakan produk dengan retinol untuk meningkatkan regenerasi sel-sel kulit dan mengurangi tanda-tanda penuaan seperti garis halus dan kerutan.

Untuk mengurangi kantung mata dan kerutan di sekitar mata, kamu dapat menggunakan krim mata yang mengandung bahan-bahan seperti kafein dan peptida. Selain itu, kamu juga perlu sunscreen untuk menjaga kulit kamu dari sinar matahari. Jika diperlukan, kamu dapat melakukan perawatan tambahan chemical peel, laser wajah, atau lainnya untuk mengencangkan kulit dan mengurangi tanda-tanda penuaan.

4 dari 5 halaman

Kebutuhan Skincare untuk Usia 50-an

Kebutuhan Skincare untuk Usia 50-an © Diadona

Di usia 50-an dan seterusnya, perubahan hormon dan penurunan produksi kolagen akan semakin banyak sehingga menyebabkan kulit menjadi lebih kering dan lebih rentan terhadap kerutan. Fokus perawatan kulit pada usia 50-an dan seterusnya adalah untuk menjaga kelembapan, kekenyalan, dan kecerahan kulit. 

Kamu tidak boleh melupakan pelembap untuk menghidrasi untuk menjaga kelembapan kulit. Kamu dapat menggunakan skincare yang memiliki kandungan kuat seperti retinol, asam hialuronat dalam formulasi yang lebih tinggi untuk mengurangi tanda-tanda penuaan. 

Merawat under-eye juga dapat menjadi fokus skincare. Kamu dapat menggunakan krim mata untuk menghidrasi dan mengurangi kerutan di sekitar mata. Untuk menjaga kelembapan wajah, hindari produk yang mengandung bahan-bahan yang dapat mengiritasi kulit dan pilihlah produk dengan formula yang lembut dan hypoallergenic.

5 dari 5 halaman

Perawatan kulit yang tepat sesuai dengan usia merupakan kunci untuk menjaga kulit tetap sehat. Pastikan kamu memilih produk-produk yang sesuai dengan jenis kulit kamu dan lakukan rutinitas skincare kamu dengan rajin dan teratur. 

Dengan melakukan perawatan kulit yang tepat sesuai dengan usia, kamu akan mendapatkan kulit yang sehat, lembap, dan bercahaya. Jadi, rawat kulit kamu dengan baik ya, Diazens!

 

Editor: Eunike Jeannette Siregar

Beri Komentar