Miliki Kulit Kencang di Usia 40-an, Begini Caranya!

Reporter : Olivia Lidya Elsanty
Jumat, 24 September 2021 10:15
Miliki Kulit Kencang di Usia 40-an, Begini Caranya!
Garis halus dan keriput masih bisa dicegah kok..

Memasuki usia 40-an, banyak perubahan yang terjadi pada tubuh kita. Salah satu perubahan yang mudah terdeteksi adalah kondisi kulit.

Kulit kering, garis halus, hingga kerutan mulai tampak jelas. Kulit bahkan mulai mengendur dan banyak muncul noda hitam.

Jika kamu mulai memasuki fase ini, ternyata masih ada cara untuk memperlambat tanda penuaan tersebut loh! Melansir dari L'Oreal Paris, berikut ada 6 tips untuk membuat kulit tetap kencang di usia 40-an. Check this out!

1 dari 7 halaman

1. Bersihkan wajah dengan bahan yang lembut dan nyaman

Ilustrasi Membersihkan WajahIlustrasi Membersihkan Wajah © shutterstock.com

Seiring bertambahnya usia, kulit akan semakin kering, mudah dehidrasi, serta kehilangan minyak alami yang melembapkan kulit. Itulah sebabnya, kamu nggak bisa sembarangan memilih produk pembersih wajah.

Di usia 40-an, sebaiknya pilih pembersih wajah dengan formula yang lembut dan tetap melembapkan. Bisa berupa cleansing oil, cream cleanser, serta milk cleanser.

2 dari 7 halaman

2. Beri perhatian khusus di kulit area mata

Kulit di area mata cenderung tipis dan sensitif, maka nggak heran jika tanda penuaan seringkali terjadi di bagian ini. Untuk mencegah garis halus, kerutan, lingkaran hitam, serta kantung mata, area ini memang sebaiknya dirawat sejak usia 20-an.

Jika sudah terlambat, kamu tetap bisa dan perlu merawatnya loh.. Gunakan krim mata yang mampu bekerja hingga lapisan kulit terdalam untuk menghidrasi dan mendorong produksi kolagen.

3 dari 7 halaman

3. Pakai serum wajah anti-aging

Ilustrasi Memakai Serum WajahIlustrasi Memakai Serum Wajah © shutterstock.com/id/g/alliance

Meski usia sudah mencapai 40-an, serum anti-aging sebaiknya tetap kamu gunakan. Pilihlah serum dengan kandungan bahan aktif agar bisa mengatasi masalah kulit.

Di pagi hari, gunakan serum dengan kandungan hyaluronic acid, vitamin C dan E, untuk menghidrasi kulit dan mencegah radikal bebas. Untuk di malam hari, pakai serum yang mengandung retinol dan peptide untuk merangsang proses regenerasi sel sekaligus mempercepat terbentuknya kolagen.

4 dari 7 halaman

4. Maksimalkan pemakaian pelembap

Pelembap memang bekerja di permukaan kulit, namun jangan anggap sepele manfaatnya. Pelembap bisa menghidrasi kulit sekaligus mengunci kelembapan dan nutrisi pada kulit.

Di usia 40-an, sebaiknya pilih pelembap yang mengandung hyaluronic acid, niacinamide, ceramides, dan glycerin agar kulit tidak mudah kering dan dehidrasi.

5 dari 7 halaman

5. Mulai gunakan face oil

Ilustrasi Face OilIlustrasi Face Oil © shutterstock.com/g/paullynn

Banyak yang salah kaprah soal manfaat face oil. Sering dikira membuat wajah jadi lebih berminyak, face oil justru bikin kulit tetap lembap dengan minyak alami di wajah.

Terutama bagi pemilik kulit kering, face oil bisa membantu wajah tampak halus dan lembut loh. Face oil sebaiknya juga dipakai saat malam hari karena butuh waktu agak lama untuk terserap.

6 dari 7 halaman

6. Tingkatkan frekuensi penggunaan sunscreen

Yang terakhir yakni gunakan sunscreen secara rutin dan jika diperlukan selalu lakukan reapply. Sebisa mungkin pilih sunscreen yang memberi perlindungan terhadap sinar UVA dan UVB, dalam bentuk SPF dan PA.

Perlu diingat, meski beraktivitas di dalam ruangan, penggunaan sunscreen juga tetap diperlukan loh! So, jangan sampai dilewatkan.

Beri Komentar