Menurut Ahli, Begini Cara Layering Skincare yang Tepat saat Pagi Hari

Reporter : Olivia Lidya Elsanty
Kamis, 11 November 2021 12:15
Menurut Ahli, Begini Cara Layering Skincare yang Tepat saat Pagi Hari
Jangan sampai salah urutan ya!

Setiap orang pasti memiliki rutinitas perawatan kulitnya masing-masing. Bahkan saat mengaplikasikan skincare routine pada pagi atau malam hari, setiap orang punya 'aturan' tersendiri yang sudah diikutinya sejak lama.

Namun tahu nggak sih, step-step penggunaan skincare ternyata ada urutannya loh. Melansir dari Her World, para ahli membagikan tips penting soal layering skincare yang tepat untuk perawatan kulit di pagi hari.

Yuk, simak ulasan selengkapnya!

1 dari 9 halaman

1. Cleanser

Ilustrasi Memakai CleanserIlustrasi Memakai Cleanser © shutterstock.com/id/g/pandorastudio

Hal pertama yang perlu dilakukan untuk membangun 'fondasi' yang baik bagi kulit adalah dengan selalu membersihkannya. Sebisa mungkin gunakan pembersih dengan formula yang lembut agar tidak menghilangkan minyak alami kulit.

Dr. Gun-Young Ahn, seorang dokter kulit di Korea Selatan, menyebut bahkan porsi pembersihan dari perawatan kulit harus benar-benar diperhatikan, termasuk saat kita beraktivitas menggunakan masker. Penting banget untuk memilih cleanser dengan kandungan asam salisilat agar tidak menyumbat pori-pori.

2 dari 9 halaman

2. Toner

Langkah selanjutnya usai cleanser adalah menggunakan toner. Step yang satu ini tergolong penting banget dalam rutinitas skincare loh.

Penggunaan toner bisa dibilang sebagai in-between skincare step, karena seringkali diaplikasikan usai cleanser dan sebelum pelembap. Toner dipakai untuk mempersiapkan kulit sebelum dilapisi serum dan pelembap, sekaligus bermanfaat untuk menyingkirkan sebum berelbih dan kotoran yang masih menempel di wajah.

3 dari 9 halaman

3. Serum

Ilustrasi Memakai Serum WajahIlustrasi Memakai Serum Wajah © shutterstock.com/id/g/alliance

Pada dasarnya, serum digunakan untuk memberikan dosis bahan aktif yang sangat terkonsentrasi dan kuat ke dalam kulit. Itulah sebabnya, ada beragam serum yang diformulasikan untuk melidungi kulit dari radikal bebas, mengandung vitamin C, serta mengatasi tanda penuaan.

Jay Kim, Ahli Estetika brand AHC, membagikan tips penggunaan serum bagi kita yang masih beraktivitas menggunakan masker. Sebisa mungkin pilihlah serum yang multifungsi dan manfaat, seperti serum yang menghidrasi kulit sekaligus melindunginya dari peradangan.

4 dari 9 halaman

4. Eye cream

Bagi kamu yang beraktivitas di depan layar, seperti laprop, PC, tablet, atau ponsel, maka eye cream adalah step wajib yang nggak boleh dilewatkan. Sebagian orang mungkin beranggapan jika pelembap sudah cukup, padahal nyatanya tidak.

Kulit di sekitar area mata memiliki lapisan yang lebih tipis dari area lainnya di wajah. Untuk itu, perawatannya harus menggunakan produk yang sesuai yakni eye cream untuk mengalahkan tanda penuaan.

5 dari 9 halaman

5. Spot treatment

Ilustrasi Spot TreatmentIlustrasi Spot Treatment © shutterstock.com/g/romastudio

Memakai masker seringkali menimbulkan jerawat, atau lebih dikenal dengan istilah maskne. Hal ini terjadi lantaran pori-pori tersumbat atau terjadinya iritasi karena terjadi gesekan antara kulit dan masker.

Spot treatment bisa jadi penyelamat untuk mengatasi kondisi maskne. Tapi penting banget untuk memilih produk dengan kandungan asam salisilat, centella asiatica, asam glycolic, serta tea tree. Kandungan tersebut bisa menembus pori-pori yang tersumbat, mengurangi komedo, serta menenangkan kulit yang iritasi.

6 dari 9 halaman

6. Moisturizer

Step selanjutnya, barulah kita beralih pada moisturizer. Perlu dipahami, semua jenis kulit termasuk kulit kering dan berminyak, memerlukan moisturizer dalam rutinitas perawatannya.

Pilihlah moisturizer yang nggak hanya menghidrasi kulit, tapi juga membantu skin barrier tetap sehat. Selain itu, pastikan moisturizer juga berfungsi mengunci semua skincare yang sudah diaplikasikan sebelumnya.

7 dari 9 halaman

7. Face Oil

Ilustrasi Face OilIlustrasi Face Oil © shutterstock.com/g/paullynn

Face oil sebenarnya memiliki fungsi yang hampir mirip dengan moisturizer. Keduanya sama-sama diformulasikan untuk membantu mengunci semua produk yang sudah diaplikasikan ke wajah. Sama seperti moisturizer, face oil juga perlu dipakai oleh semua jenis kulit, nggak cuma yang kering saja.

Sebagai tips, pilihlah face oil dengan kandungan jojoba dan rose hip untuk mengurangi sekresi sebum pada kulit berjerawat. Sedangkan untuk menenangkan kulit yang sensitif dan mudah iritasi, kamu bisa memilih face oil dengan kandungan marula dan lidah buaya.

8 dari 9 halaman

8. Sunscreen

Langkah terakhir yakni sunscreen. Meski kamu berusaha menggunakan skincare seminimal mungkin, sunscreen tetap harus ada dalam rutinitas perawatan.

Bahkan meski kamu menggunakan masker, sunscreen juga tetap perlu dipakai loh! Selalu pilih suncreen yang bisa melindungi dari paparan UVA fan UVB, dengan formula SPF dan PA.

Beri Komentar