Mengenyalkan Kulit, Berapa Sih Jumlah Kolagen yang Dibutuhkan agar Awet Muda?

Reporter : Mutia Wella Lukitasari
Kamis, 18 Maret 2021 14:25
Mengenyalkan Kulit, Berapa Sih Jumlah Kolagen yang Dibutuhkan agar Awet Muda?
Jadi zat yang dibutuhkan kulit, ternyata begini faktanya..

Kolagen adalah salah satu protein alami yang dibutuhkan tubuh. Berfungsi sebagai 'lem', kolagen dapat menyatukan berbagai hal seperti tulang, otot, dan kulit. Karena ini lah kolagen dibutuhkan untuk membuat kulit tetap terjaga kesehatannya dan tetap awet muda.


Dilansir dari wellandgood.com, seiring bertambahnya usia, produksi kolagen tubuh akan terus berkurang sebanyak 1% hingga 1,5% di tiap pertambahan tahun.


“Sel-sel kulit kita terus menerus membuat kolagen baru untuk mendukung struktur kulit,” jelas Joshua Zeichner, MD, dokter kulit bersertifikat di New York.

1 dari 2 halaman

ilustrasi wajah wanita © Diadona

“ Namun, setelah memasuki usia 30 tahun, produksi sel mulai melambat, berkontribusi pada penuaan dini dan pergantian sel mulai melambat, berkontribusi pada penuaan alami. Ditambah, paparan lingkungan, seperti sinar UV dan polusi, juga dapat menyebabkan kerusakan kolagen, yang membuat kerutan.” lanjutnya.

Selain melalui skincare, kolagen juga dapat diperolah dari makanan, atau suplemen yang mengandung kolagen. Tapi sebenarnya, berapa sih jumlah kolagen yang dibutuhkan kulit agar tetap sehat?

Dr. Whitney Bowe, seorang dermatologist, mengatakan,”Jika tubuh memecahkan kolagen lebih cepat karena beberapa faktor, maka kita perlu mempertimbangkan untuk menyesuaikan asupan kolagen.” ucapnya.

2 dari 2 halaman

Ilustrasi Wajah Cerah © Diadona

Mengenai berapa jumlah kolagen yang dibutuhkan, Dr. Whitney menyarankan untuk menghitung berapa banyak kalori protein yang dibutuhkan tubuh setiap hari.

Umumnya, dua sendok bubuk kolagen setiap hari yang sering disarankan. Selain itu, dia juga mengatakan bahwa jangan lebih dari dua sendok. Dengan catatan dalam satu sendok terdapat 20 milligrams kolagen.

Sebuah studi klinis menunjukkan bahwa 2,5-15 gr peptida kolagen terhidrolisis setiap hari aman dan efektif untuk tubuh. Kolagen terhidrolisis adalah jenis kolagen dari sapi, makanan laut, unggas, babi, dan sumber hewan lainya. Dosis ini sudah bermanfaat untuk kesehatan kulit, nyeri sendi, dan hidrasi.

Jadi setiap orang memiliki kebutuhan kolagen yang berbeda-beda ya. Jika mengonsumsi kolagen, sesuaikan jumlahnya dengan saran penggunaan yang ada.

Beri Komentar