Jangan Asal Pakai, 4 Jenis Skincare Ini Cuma Cocok Dipakai saat Malam Hari loh!

Reporter : Olivia Lidya Elsanty
Senin, 8 Maret 2021 16:15
Jangan Asal Pakai, 4 Jenis Skincare Ini Cuma Cocok Dipakai saat Malam Hari loh!
Awas, ada bahaya yang mengintai..

Kamu pasti udah nggak asing lagi dengan ritual skincare yang perlu diaplikasikan di kulit. Namun ternyata, pengaplikasian beragam skincare itu nggak bisa sembarangan loh.

Ada kandungan yang bisa dipakai kapan saja, tapi ada juga yang khusus dipakai saat malam hari. Melansir dari Womantalk, berikut 4 skincare yang cuma cocok dipakai saat malam hari. Check this out!

1 dari 5 halaman

1. Krim malam

Ilustrasi Memakai Krim Malam © Diadona

Sesuai namanya, krim malam tentunya diformulasikan untuk digunakan saat malam hari. Dengan kandungan yang lebih berat, krim malam dirancang untuk menghidrasi dan meremajakan kulit saat malam, supaya keesokan paginya kulit jadi lebih kenyal.

Krim malam biasanya juga bersofat oklusif. Sifat ini bisa menggangu sekresi normal keringat dan sebum di siang hari dan berpotensi menimbulkan jerawat.

2 dari 5 halaman

2. Retinol

Ilustrasi retinol © Diadona

Belakangan ini, Retinol jadi salah satu skincare yang paling banyak diminati. Pasalnya, Retinol dipercaya bisa melawan keriput, jerawat, bahkan pigmentasi kulit.

Pemakaian Retinol disarankan untuk malam hari, sebab Retinol terbilang cukup sensitif terhadap sinar matahari. Sinar UV disebut-sebut bisa menonaktifkan manfaat Retinol. Sehingga jika kamu menggunakannya pada pagi-siang hari, maka hasilnya jadi kurang efektif.

3 dari 5 halaman

3. Face oil

Ilustrasi Pemakaian Face Oil © Diadona

Face Oil dipercaya ampuh menutrisi kulit, karena bekerja sebagai emolien yang membantu membangun fungsi skin barrier. Belakangan ini, Face oil semakin berkembang dengan penambahan minyak esensial yang bermanfaat untuk kulit.

Face oil masuk dalam jajaran skincare yang paling tepat digunakan saat malam hari, sebab kandungannya yang kental memungkinkan kotoran dan bakteri bisa menempel di kulit. Selain itu, kandungan methoxypsoralen dalam face oil juga bisa mengakibatkan iritasi jika berhadapan dengan panas, keringat dan sinar UV.

4 dari 5 halaman

4. AHA dan BHA

Ilustrasi Skincare yang mengandung AHA BHA © Diadona

AHA dan BHA adalah skincare favorit yang diandalkan untuk melakukan eksfoliasi. Sel kulit mati penyebab timbulnya jerawat dan kulit kusam, juga bisa dihempaskan dengan bahan-bahan skincare yang satu ini.

Meski demikian, AHA dan BHA lebih cocok digunakan saat malam. Sebab, bahan-bahan yang terkandung di dalamnya bisa lebih efektif mendorong pergantian sel di malam hari. Alhasil, kulis bisa lebih halus dan bebas noda.

Beri Komentar