Jadi Tren di Tahun 2021, 6 Kandungan Skincare ini Ternyata Bikin Awet Muda

Reporter : Olivia Lidya Elsanty
Jumat, 12 Maret 2021 15:15
Jadi Tren di Tahun 2021, 6 Kandungan Skincare ini Ternyata Bikin Awet Muda
Ikuti tren sekaligus mencoba mencegah penuaan.

Bagi para perempuan, skincare selalu jadi andalan untuk membuat penampilan semakin memukau. Bukan hanya untuk mempercantik, tapi kebanyakan skincare juga diformulasikan untuk merawat kulit agar lebih sehat.

Belakangan ini, mulai bermunculan kandungan-kandungan baru pada skincare. Kebanyakan, kandungan-kandungan tersebut bersifat alami sehingga lebih aman untuk kulit.

Kira-kira kandungan baru apa saja yang dimaksud, simak ulasan selengkapnya ya..

1 dari 7 halaman

1. Mugwort

Ilustrasi Skincare dengan kandungan Mugwort © Diadona

Mugwort merupakan tanaman yang berasal dari Korea. Mulai dikembangkan sejak tahun 2018, penggunaan Mugwort pun semakin populer di tahun 2021 ini.

Ekstrak Mugwort memiliki khasiat antibakteri, antijamur, dan diperkaya dengan vitamin E. Kandungan-kandungan tersebut membuat penggunaan Mugwort bisa bermanfaat untuk mengurangi peradangan akibat iritasi, mengatasi jerawat, eczema, bahkan psoriasis.

2 dari 7 halaman

2. Bakuchiol

Bakuchiol merupakan kandungan yang berasal dari tanaman Psoralea corylifoli (Babchi). Tanaman ini rupanya sudah dimanfaatkan sebagai pengobatan tradisional sejak lama, namun baru ramai diperbincangkan pada pertengahan tahun 2020 lalu.

Bakuchiol dipercaya bisa meningkatkan produksi kolagen pada kulit sehingga bisa mencegah penuaan dini. Selain itu, Bakuchiol disebut-sebut lebih ramah daripada retinol karena tidak menyebabkan iritasi.

3 dari 7 halaman

3. Moringa (daun kelor)

Ilustrasi Ekstrak Daun Kelor © Diadona

Moringa atau lebih dikenal sebagai daun kelor bukanlah tanaman yang asing bagi kita. Umumnya, daun kelor dikonsumsi secara langsung sebagai bahan pangan, karena memiliki kandungan antioksidan, vitamin E, dan vitamin A.

Namun ternyata, Moringa (daun kelor) ini juga punya beragam manfaat untuk kecantikan kulit. Tanaman Moringa memiliki fungsi seperti retinol, sehingga bisa mencegah penuaan dini, mengatasi jerawat, dan mencerahkan sekaligus meratakan warna kulit.

4 dari 7 halaman

4. Probiotik dan Prebiotik

Dr. Whitney Bowe, seorang ahli dermatologi bersertifikat di Amerika Serikat mengungkap manfaat Probiotik dan Prebiotik bagi kulit.

Probiotik disebut-sebut bisa menjadi pelindung kulit dari mikroorganisme jahat, serta menghasilkan antibiotik alami yang bisa mengatasi radikal bebas, radiasi sinar matahari, serta polusi. Sedangkan Prebiotik bisa menjaga kulit agar tetap sehat.

5 dari 7 halaman

5. Niacinamide

Ilustrasi Skincare dengan kandungan Niacinamide © Diadona

Skincare dengan kandungan Niacinamide juga semakin mudah ditemui di pasaran. Kandungan ini pun rupanya punya sederet manfaat untuk bikin kita tetap awet muda.

Niacinamide dipercaya bisa membantu mengontrol minyak berlebih yang menyebabkan sebum dan jerawat. Selain itu, Niacinamide juga membantu meningkatkan produksi keratin dan antioksidan yang bisa mencegah timbulnya tanda penuaan.

6 dari 7 halaman

6. Squalane

Squalane merupakan turunan dari sebum yang punya sifat antioksidan dan bisa melembutkan kulit. Kandungan Squalane dipercaya bisa membantu meningkatkan hidrasi pada kulit sekaligus memperlambat proses penuaan.

Kandungan Squalane ini cocok banget bagi kamu-kamu yang memiliki jenis kulit kering, karena mampu membuat kulit jadi lebih sehat.

Beri Komentar