Manfaat Putih Telur untuk Wajah, Dari Kulit Kencang Hingga Hilangkan Jerawat

Reporter : Wuri Anggarini
Kamis, 13 Februari 2020 15:00
Manfaat Putih Telur untuk Wajah, Dari Kulit Kencang Hingga Hilangkan Jerawat
Yuk intip daftar kegunaannya berikut ini!

Makin banyaknya produk kecantikan yang dijual di pasaran, nggak menyurutkan minat beauty enthusiast untuk menjajal berbagai resep DIY yang bisa dilakukan di rumah. Memanfaatkan bahan-bahan yang mudah ditemukan, caranya pun cukup praktis namun dengan hasil yang cukup memuaskan. Salah satu yang sering dimanfaatkan untuk merawat kulit adalah mengambil manfaat putih telur untuk wajah.

Perawatan kecantikan menggunakan putih telur telah digunakan sejak peradaban kuno seperti Mesir, Cina dan Semenanjung Arab untuk mendapatkan kulit yang indah. Putih telur kaya akan protein dan albumin yang mampu mengencangkan kulit dan membantu kulit terbebas dari kerut. Selain itu, manfaat putih telur untuk wajah juga dapat memberikan efek pori-pori yang lebih kecil dan mengurangi produksi sebum yang berlebihan.

Kandungan nutrisi dalam putih telur dapat digunakan untuk membuat berbagai resep masker wajah yang dapat disesuaikan dengan jenis kulit yang berbeda. Satu putih telur biasanya cukup untuk membuat masker wajah. Ada begitu banyak manfaat putih telur untuk wajah yang bisa didapat dengan menggunakan masker wajah secara rutin. Yuk intip daftar kegunaannya berikut ini!

1 dari 6 halaman

Mengencangkan Kulit

 

Segera setelah menggunakan masker putih telur, kulit akan terasa mulai mengencang. Efek ini berlangsung sekitar satu jam setelah membilasnya dan memberikan wajah glowing alami, sekaligus mengurangi garis-garis halus. Beberapa orang bahkan percaya kalau efeknya mirip dengan facelift jangka pendek.

Manfaat putih telur untuk wajah yang lebih kencang ini berasal dari sifat astringen. Caranya, cukup campurkan putih telur dan sari jeruk lemon segar lalu oleskan ke seluruh wajah. Tunggu 15 menit sebelum dibilas dengan air hangat. Keringkan dengan handuk lembut dan ulangi perawatan kulit ini dua kali seminggu.

2 dari 6 halaman

Mengurangi Tampilan Kulit Berminyak

Kemampuan putih telur yang dapat mengencangkan kulit dan meminimalkan pori-pori cocok buat yang bermasalah dengan kulit yang terlalu berminyak. Manfaat putih telur untuk wajah ini dapat menarik minyak dari pori-pori lewat adonan masker yang terbuat dari oatmeal, madu dan putih telur.

Sebelum mengaplikasikannya, pertama cuci wajah dengan air hangat dan keringkan menggunakan handuk lembut. Gunakan bantuan kuas untuk menambahkan lapisan campuran putih telur tersebut dan biarkan mengering. Lanjutkan dengan membilasnya dengan air dingin hingga bersih, kembali seka dengan handuk bersih dan kering.

3 dari 6 halaman

Melawan Jerawat

©Shutterstock © Diadona

Jerawat dapat disebabkan oleh produksi sebum yang berlebihan pada permukaan kulit. Putih telur telah lama digunakan sebagai obat tradisional untuk mengobati jerawat. Selain membantu menghilangkan kelebihan minyak, manfaat putih telur untuk wajah juga membersihkannya dengan mengangkat kotoran dari pori-pori kulit.

Selain bisa mengoleskannya langsung ke kulit yang berjerawat, bisa juga menambahan beberapa tetes tea tree oil yang berfungsi sebagai anti-jerawat kuat yang bikin perawatan kulit jadi lebih efektif. Pertama, pisahkan putih dari kuning telur dan jangan sampai tercampur karena kuning telur kurang baik buat kulit berjerawat.

Kocok putih telur untuk membuatnya lebih mudah diratakan ke kulit. Celupkan kapas ke dalam kocokan putih telur dan oleskan ke seluruh wajah, bukan hanya area yang berjerawat saja. Biarkan mengering selama 30 menit sampai satu jam.

Lepaskan masker dengan lembut dan lihat bagaimana komedo dan kotoran dari pori-pori menempel di permukaannya. Bilas wajah dengan air hangat lalu ulangi kembali menggunakan air dingin untuk membantu mengencangkan pori-pori dan mencegah kotoran masuk ke dalamnya.

4 dari 6 halaman

Membantu Menghilangkan Komedo

Selain melawan jerawat, manfaat putih telur untuk wajah lainnya adalah membantu menghilangkan komedo. Baik whiteheads maupun blackhead, putih telur dapat mengeluarkan kotoran yang berada jauh di dalam pori-pori.

Selain itu, sifat astringen yang dimiliki putih telur dapat mengencangkan pori-pori secara alami sehingga dengan alami membawa komedo keluar dari permukaan kulit. Sebaiknya, campur masker putih telur dengan sedikit perasan jeruk lemon yang dapat membantu menyehatkan kulit.

5 dari 6 halaman

Mengurangi Bengkak di Bawah Mata

©Shutterstock © Diadona

Tidur larut malam dan baper hingga terus mengeluarkan air mata saat binge-watching drama favorit akan membuatmu terbangun dengan bengkak di bawah mata. Bikin kulit wajah tampak kusam dan jauh dari segar, langsung lari ke kulkas dan ambil telur sebagai pertolongan pertama buat kulit cantikmu.

Pisahkan putih telur dari kuningnya lalu gosokkan di bawah mata menggunakan jari telunjuk. Biarkan kering dan bilas hingga bersih, lalu tepuk lembut dengan handuk dan oleskan minyak kelapa untuk menjaganya tetap lembap. Lebih baik gunakan putih telur dalam kondisi dingin untuk mengoptimalkan manfaatnya dalam menyingkirkan kantong mata.

6 dari 6 halaman

Menunda Penuaan Dini

Penuaan kulit memang merupakan proses alami yang terjadi seiring berjalannya waktu. Namun, ada banyak faktor yang mempengaruhi elastisitas kulit seperti paparan sinar matahari dan pola makan. Beberapa produk kecantikan yang dijual di pasaran mengandung bahan-bahan, seperti asam alfa hidrosi, yang dapat mengurangi kerutan tapi harganya cukup mahal dan efeknya hanya sesaat.

Hemat dana kecantikan dan dapatkan hasil yang sama berkat manfaat putih telur untuk wajah. Masker wajah yang terbuat dari putih telur telah terbukti mampu mengencangkan kulit dan mengurangi kerutan halus. Hal ini didukung penelitian yang menemukan sebanyak 69 protein yang bermanfaat bagi kulit untuk mengurangi kerutan. Selain itu, kandungan vitamin di dalam putih telur mampu membantu penyembukan luka dan mengurangi kerutan halus.

Untuk mempersiapkan masker wajah yang terbuat dari putih telur, pisahkan dulu dari kuning telurnya, lalu kocok putih relur dalam mangkuk hingga berbusa. Dengan bantuan jari, ratakan ke kulit wajah dan biarkan mengering sekitar 30 menit. Bilas masker wajah dengan air dingin dan keringkan dengan menepuk-nepuk kulit menggunakan handuk bersih. Jangan lupa aplikasikan pelembap wajah untuk menjaga kulit tetap kenyal.

Masker wajah yang terbuat dari putih telur merupakan cara hemat untuk mencegah penuaan dini atau merawat kerutan-kerutan halus. Menambahkan bahan-bahan lainnya ke dalam masker wajah dapat meningkatkan efeknya, seperti vitamin E, madu atau susu yang membantu menjaga kelembapan atau mencerahkan kulit.

Untuk mendapatkan manfaat putih telur untuk wajah lewat penggunaan masker, pastikan untuk mengaplikasikannya hanya pada kulit yang baru dibersihkan. Selain itu, jangan lupa untuk mencuci tangan sebelum dan sesudah memegang putih untuk mengurangi risiko terkena kontaminasi dari bakteri. Jika memilih menggunakan kuas, sapuan ke arah atas saat menggunakan masker wajah juga sekaligus memberikan pijatan wajah yang membantu penyerapan nutrisi dari putih telur.

Namun, hati-hati jika memiliki alergi pada telur karena mengandung potensi untuk menimbulkan reaksi seperti kemerahan, gatal, hingga bengkak. Oleh karena itu, sebelum mengoleskan putih telur ke wajah, lakukan tes dengan mencobanya di bagian belakang tangan, di bawah dagu atau di belakang telinga. Tunggu sekitar 15 menit lalu periksa jika ada reaksi alergi yang terjadi.

Siap menjajal manfaat putih telur untuk wajah demi mendapatkan kulit yang terjaga sehat dan cantik? (eth)

Beri Komentar