Katanya Pori-Pori Bisa Mudah Terbuka dan Tertutup, Sebenarnya Mitos atau Fakta sih?

Reporter : Olivia Lidya Elsanty
Senin, 2 November 2020 17:15
Katanya Pori-Pori Bisa Mudah Terbuka dan Tertutup, Sebenarnya Mitos atau Fakta sih?
Hayoloh, yang bener gimana nih?

Ada banyak hal yang seringkali disalah artikan. Termasuk soal skincare dan perawatan wajah, ternyata ada banyak hal yang sebenarnya cuma mitos, tapi justru dipercayai banyak orang.

Termasuk soal pori-pori. Ada yang bilang bahwa pori-pori bisa terbuka lewat uap panas, dan bisa tertutup lewat es batu. Yakin bener kayak gitu? Coba, simak ulasan yang merangkum dari Go.Picky ini deh..

1 dari 4 halaman

1. Pori-Pori terbuka karena uap panas

Ilustrasi Uap untuk WajahIlustrasi Uap untuk Wajah © shutterstock.com/g/goodbishop

Ada mitos lama yang menyebut jika uap panas bisa membuka pori-pori. Padahal nyatanya, pori-pori nggak bisa terbuka atau tertutup sesuai kemauannya sendiri karena memang pori-pori nggak memiliki struktur otot.

2 dari 4 halaman

Yang sebenarnya terjadi adalah uap panas membantu bahan-bahan di dalam pori-pori untuk 'meleleh' dan 'mengendur' sehingga bisa lebih mudah untuk dikeluarkan.

'Melelehkan' kotoran di dalam pori-pori memang keliatannya seru dan menyenangkan banget, tapi bagi kondisi kulit yang memiliki rosacea dan eksim, maka harus ekstra hati-hati. Pasalnya, terlalu banyak uap panas, hanya akan memperparah peradangan yang terjadi pada kulit.

3 dari 4 halaman

2. Es batu bisa menutup pori-pori

Ilustrasi Es Batu untuk MukaIlustrasi Es Batu untuk Muka © 2020 https://healthcautions.com/

Selain mitos bahwa pori-pori bisa terbuka karena uap panas, ada mitos lain yang menyebut jika pori-pori bisa tertutup jika terkena es batu. Lagi-lagi ini merupakan pernyataan yang salah ya.. karena tidak adanya stuktur otot, maka pori-pori pun nggak bisa menutup secara menyeluruh.

4 dari 4 halaman

Yang sebenarnya terjadi adalah, kulit sedang menghasilkan sebum yang lebih sedikit. Akibatnya, pori-pori pun tampak lebih kecil dan kencang.

Penggunaan es batu pada wajah pun sebaiknya nggak terlalu lama ya. Pasalnya, jika es batu terlalu lama diaplikasikan pada kulit wajah, maka bisa merusak kapiler bahkan wajah bisa 'terbakar'. So, hati-hati ya!


Nah itu dia mitos dan fakta seputar pori-pori wajah. Jangan sampai salah kaprah lagi ya hehe..

Beri Komentar