Jangan Disepelein, Ini Beragam Dampak Posisi Tidur terhadap Keindahan dan Kesehatan Kulit

Reporter : Olivia Lidya Elsanty
Jumat, 5 Februari 2021 14:15
Jangan Disepelein, Ini Beragam Dampak Posisi Tidur terhadap Keindahan dan Kesehatan Kulit
Yuk, cari tahu efeknya..

Semua orang pasti ingin mendapatkan waktu tidur yang berkualitas. Hal ini biasanya membuat orang-orang mencari posisi tidur yang nyaman dan pas untuk istirahat sepanjang malam.

Namun tanpa disadari, posisi tidur ternyata memberi dampak pada keindahan dan kesehatan kulit. Dr Kiran Lohia, seorang Celebrity Dermatologist menyebut bahwa posisi tidur bisa memengaruhi penampilan seseorang.

Melansir dari Times of India, posisi telentang merupakan cara terbaik untuk tidur. Posisi ini membuat cairan di wajah pun nggak akan menumpuk di salah satu sisi. Lantas bagaimana dengan posisi lainnya?

1 dari 4 halaman

1. Tidur tengkurap

Ilustrasi Perempuan TidurIlustrasi Perempuan Tidur © freepik.com/racool-studio

Posisi tidur tengkurap menjadi favorit bagi sebagian besar orang. Padahal posisi ini justru menghalangi folikel kulit untuk bernafas, bahkan wajah mengalami tekanan dalam jangka waktu yang cukup lama.

Akibatnya, pori-pori bisa tersumbat, mata jadi membengkak, kantung mata menghitam, juga timbul garis-garis halus dan jerawat. Bahkan lebih dari itu, posisi tidur tengkurap bisa membuat wajah terkesan datar dan memicu timbulnya kerutan.

2 dari 4 halaman

2. Tidur miring

Ilustrasi Perempuan TidurIlustrasi Perempuan Tidur © shutterstock.com/PK Studio

Posisi tidur miring juga sering dilakukan. Biasanya nggak cuma miring, tapi sebagian wajah justru menumpu pada area bantal.

Posisi tidur miring ini memberikan tekanan berlebih pada salah satu sisi, sehingga bisa meratakan tulang pipi dan memicu kerutan karena terjadinya banyak gesekan dan tekanan. Lebih parahnya, skincare yang kamu pakai pun justru akan menyebar di bantal dan nggak terserap ke dalam kulit.

3 dari 4 halaman

3. Tidur telentang

Ilustrasi Perempuan Tidur NyenyakIlustrasi Perempuan Tidur Nyenyak © shutterstock.com/g/fizkes

Seperti yang diungkapkan sebelumnya, tidur dengan posisi terlentang merupakan posisi yang paling ideal. Wajah tidak akan banyak mengalami tekanan, sehingga bisa terhindar dari munculnya kerutan atau pembengkakan karena penumpukan cairan.

Dengan posisi wajah yang tidak menyentuh bantal, transfer minyak dan kotoran bisa terhindari. Cara ini dipercaya bisa mencegah timbulnya iritasi atau jerawat pada kulit.

4 dari 4 halaman

Well, posisi tidur memang bisa ditata pada awalnya tapi justru mengalami perubahan jam-jam berikutnya. Untuk menjaga agar kulit tetap sehat dan indah sebisa mungkin pertahankan posisi telentang tersebut. Namun kalau nggak bisa, kamu dapat mengatasinya dengan cara rajin mencuci sarung bantal dan seprai agar selalu bersih. Semoga bermanfaat yaa.

Beri Komentar