Padahal Terhindar dari Debu dan Kotoran, Kenapa Kalau Pakai Masker Masih Tetap Jerawatan ya?

Reporter : Olivia Lidya Elsanty
Kamis, 22 Oktober 2020 17:15
Padahal Terhindar dari Debu dan Kotoran, Kenapa Kalau Pakai Masker Masih Tetap Jerawatan ya?
Apa sih penyebab maskne?

Beberapa waktu belakangan, kita memang diminta untuk memakai masker dalam berbagai kegiatan. Utamanya bagi kita yang masih sering beraktivitas di luar rumah, masker jadi salah satu item yang nggak boleh terlewatkan.

Meski tujuannya baik, kadangkala pemakaian masker memberikan dampak yang tidak terduga loh. Sering terjadi pada perempuan, biasanya pemakaian masker justru menimbulkan jerawat-jerawat baru di area pipi, rahang dan dagu.

Padahal kan area tersebut tertutup, sehingga terhindar dari debu, kotoran, bahkan paparan sinar matahari. Tapi kenapa justru malah jerawatan ya?

1 dari 3 halaman

1. Gesekan

Ilustrasi Wanita Pakai Masker © Diadona

Tanpa disadari, pemakaian masker menimbulkan gesekan di area-area tertentu pada wajah. Apalagi kalau maskernya cukup ketat, gesekan antara masker dan kulit nggak bisa terhindarkan dong.. Akibatnya kulit akan terganggu, sehingga muncul iritasi yang akhirnya menimbulkan jerawat.

2. Iritasi

Sehubungan dengan terjadinya gesekan, iritasi pada kulit pun akan terjadi. Sebagai efeknya, aliran darah akan meningkat, kulit menjadi membengkak, dan jerawat mulai bermunculan.

2 dari 3 halaman

3. Adanya bakteri yang terjebak

Ilustrasi Perempuan Memakai Masker Medis © Diadona

Selain karena timbulnya gesekan, keberadaan bakteri bisa jadi salah satu pemicunya. Ketika bakteri terjebak di area wajah yang tertutup masker dan nggak bisa terhempas oleh angin, maka jerawat-jerawat baru pun akan lebih mudah terbentuk.

4. Udara panas

Area panas yang ada di dalam masker sebenarnya berperan serta dalam munculnya jerawat loh. Udara panas membuat keringat keluar, otomatis area tersebut menjadi lembap dan membuat bakteri jadi berkembang biak membentuk jerawat.

3 dari 3 halaman

5. Peningkatan produksi minyak

Ilustrasi Perempuan Memakai Masker © Diadona

Sehubungan dengan udara panas, produksi minyak di area tersebut juga akan meningkat. Kondisi air dan minyak tidak akan seimbang, pori-pori menjadi tersumbat, sehingga kulit lebih rentan 'ditumbuhi' jerawat.


Tapi kamu nggak perlu panik, untuk mengatasi hal tersebut ada 3 hal simpel yang bisa kamu lakukan. Hidrasi kulit dengan rajin minum air putih, kemudian jaga kebersihan kulit dengan rajin cuci muka, dan yang terpenting minimalkan penggunaan make up ya.

Nah simpel banget kan? Selamat mencoba dan semoga berhasil ya!

Beri Komentar