Sama-Sama Ampuh Bersihkan Kulit, Apa sih Bedanya Micellar Water dan Toner?

Reporter : Devi Puspitasari
Senin, 25 Mei 2020 15:30
Sama-Sama Ampuh Bersihkan Kulit, Apa sih Bedanya Micellar Water dan Toner?
Apa sih perbedaannya?

Saat ini, sudah banyak berbagai produk perawatan dengan fungsi yang sangat beragam. Diantaranya ada micellar water dan juga toner. Memiliki manfaat yang sekilas sama, tak jarang kedua skincare ini membuat sebagian orang bingung tentang perbedaan keduanya.

Meski sekilas nampak sama, tapi sebenarnya keduanya punya fungsi yang berbeda lho. Apa sih fungsi dan perbedaanya? Yuk, simak ulasannya yang dirangkum dari berbagai sumber berikut ini.

1 dari 3 halaman

Micellar water sendiri pada dasarnya adalah kombinasi dari air dan minyak yang membentuk butiran misel. Kandungan minyak kecil yang disebut misel ini sangat baik untuk membersihkan wajah dan makeup waterproof sekaligus memertahankan hidrasi kulit.

Nah, bila kamu suka menggunakan makeup secara teratur, micellar water jadi salah satu produk yang nggak boleh kamu lewatkan.

Di sisi lain, toner adalah air dengan campuran berbagai bahan seperti antioksidan, asam, dan gliserin yang baik bagi kulit. Toner ini berfungsi untuk membersihkan minyak dan kotoran dari wajah.

2 dari 3 halaman

Perbedaan Toner dan Micellar Water

Ilustrasi Menggunakan Toner © Diadona

Selain itu, toner juga terdiri dari berbagai bahan aktif yang bisa membantu mengecilkan pori-pori, mengangkat sel-sel kulit mati, dan menjaga tingkat pH kulit. Tergantung dengan jenis kulit kita juga, skincare satu ini bisa berfungsi untuk melembabkan dan membuat kulit kenyal.

Sebenarnya, baik toner maupun micellar water sama-sama mampu membersihkan wajah. Meski begitu, fungsi keduanya dirancang berbeda.

Micellar water dirancang untuk membersihkan wajah dari makeup dan kotoran. Berbeda dengan toner yang memang lebih diformulasikan untuk merawat kulit.

3 dari 3 halaman

Sebaiknya Gunakan Keduanya

Maka dari itu, akan lebih baik bila kamu mengkombinasikan keduanya untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal. Caranya juga gampang. Pertama, gunakan micellar water lebih dulu untuk menghilangkan makeup dan mengangkat kotoran.

Kemudian, lanjutkan dengan mencuci muka menggunakan facial wash dan aplikasikan toner untuk menghilangkan minyak berlebih. Lalu, jangan lupa akhiri dengan pelembab dan sunscreen. Mudah, kan?

Nah, itulah perbedaan sekaligus fungsi dari micellar water dan juga toner. Semoga membantu, ya!

Beri Komentar