Intip Sederet Manfaat Dry Shampoo, Gak Cuma Atasi Minyak Berlebih loh!

Reporter : Olivia Lidya Elsanty
Senin, 9 Agustus 2021 09:15
Intip Sederet Manfaat Dry Shampoo, Gak Cuma Atasi Minyak Berlebih loh!
Keramas pakai dry shampoo enak nggak sih?

Kamu pasti udah nggak asing lagi dengan istilah dry shampoo alias sampo kering. Melansir dari All Things Hair, dry shampoo merupakan kombinasi dari alkohol dan pati (starch) yang bisa menyerap minyak.

Cara kerjanya, bahan-bahan yang diformulasikan dalam dry shampoo akan menyerap sebum/minyak yang dihasilkan kulit kepala. Usai diaplikasikan, biasanya rambut akan terasa lebih segar dan ringan.

Namun, ternyata dry shampoo nggak hanya bermanfaat untuk mengatasi produksi minyak berlebih loh! Masih ada sederet manfaat yang bisa dirasakan dari pemakaian dry shampoo. Kira-kira apa saja, simak selengkapnya yaa..

1 dari 5 halaman

1. Menambah volume rambut

Ilustrasi Rambut Tebal © Diadona

Manfaat utama dari dry shampoo adalah menyerap minyak berlebih di rambut dan kulit kepala, namun ada sejumlah produk yang menawarkan efek volumizing. Dengan bantuan dry shampoo, minyak akan terserap habis, sehingga rambut nggak akan mengempis lagi!

2. Mengatasi poni lepek

Bagi kamu yang punya poni pendek, biasanya akan lebih mudah lepek karena terkena keringat. Mau keramas juga nanggung, kalo dibiarin malah bikin jidat jerawatan.. Kalau udah kayak gini, dry shampoo bisa jadi penyelamat untuk bikin poni kembali paripurna.

2 dari 5 halaman

3. Menghambat pudarnya warna rambut

Ilustrasi Rambut Berwarna © Diadona

Keramas secara rutin memang perlu banget untuk menjaga kebersihan rambut dan kulit kepala, tapi hal ini juga bisa membuat warna rambut yang dicat jadi lebih mudah luntur. Untuk mengatasi hal ini, kamu bisa menyelinginya dengan pemakaian dry shampoo. Dijamin warna cat rambut lebih awet deh!

4. Menghemat waktu

Bagi kamu yang punya aktivitas padat, tentunya setiap waktu sangat berharga. Keramas di pagi hari, mengeringkannya dengan hair dryer, serta styling dengan catok atau pengeriting tentunya butuh waktu lama. Dry shampoo bisa jadi penyelamat bagi kamu untuk menjaga rambut tetap on point, tanpa menghabiskan banyak waktu.

3 dari 5 halaman

5. Mencegah kulit kepala jadi kering

Ilustrasi Kulit Kepala Kering © Diadona

Cuaca yang panas memang bikin rambut jadi lebih mudah berkeringat, alhasil kamu pasti pengennya sering-sering keramas supaya rambut terasa segar. Tapi cara ini justru bikin kulit kepala rentan kering karena kehilangan minyak alaminya. Coba deh gunakan dry shampoo di sela-sela jadwal keramas, supaya rambut nggak mudah kering dan rusak.

6. Mempermudah penataan rambut

Rambut yang terlalu berminyak tentunya lebih sulit untuk ditata. Untuk memudahkan penataan rambut di momen-momen tertentu, kamu bisa mengandalkan dry shampoo untuk membuat rambut jadi lebih kesat. Cobain deh!

4 dari 5 halaman

7. Menjaga bentuk styling lebih awet

Ilustrasi Menata Rambut © Diadona

Produksi minyak akan menjalar dari kulit kepala ke batang rambut. Untuk itu, penggunaan dry shampoo sebaiknya juga dimulai dari kulit kepala dan diratakan hingga ke batang dan ujung rambut. Cara ini nantinya bisa membantu styling rambut bisa bertahan lebih lama dan nggak mengalami perubahan.

8. Mengurangi kerusakan rambut akibat heat styling

Penggunaan heat styling, seperti hair dryer, catokan, dan pengeriting rambut, tanpa disadari bisa merusak kondisi rambut. Rambut akan rentan rapuh, patah, hingga rontok. Dengan bantuan dry shampoo, kamu bisa membuat tampilan rambut lebih kece, sehingga nggak perlu terlalu sering memakai heat styling.

5 dari 5 halaman

9. Bikin rambut lebih wangi dan bebas apek

Kini sudah muncul dry shampoo dengan beragam varian, mulai dari yang wangi fresh, floral, hingga fruity. Nggak hanya bantu penampilan rambut jadi paripurna, dry shampoo juga bisa bikin rambut jadi lebih wangi dan terhindar dari apek.


Nah, banyak banget kan manfaat dry shampoo. Gimana, tertarik mencoba?

Beri Komentar