7 Rekomendasi Facial Wash untuk Memperbaiki Skin Barrier, Bikin Kulit Kembali Sehat

Reporter : TIM MAGANG ASIK
Sabtu, 23 September 2023 11:55
7 Rekomendasi Facial Wash untuk Memperbaiki Skin Barrier, Bikin Kulit Kembali Sehat
Facial wash yang memeprbaiki skin barrier berikut ini berbahan lembut dan memiliki pH yang sesuai dengan kulit kamu.

Kalau kamu punya banyak masalah kulit, ada baiknya mulai menggunakan produk untuk skin barrier, termasuk facial wash untuk memperbaiki skin barrier ini. Skin barrier merupakan komponen penting yang menjaga kulit agar tetap kuat dan terlindungi.

Mengapa Skin Barrier Penting?

Dilansir melalui Healthline, skin barrier merupakan proteksi utama kulit dari hal-hal buruk yang membahayakannya. Skin barrier adalah lapisan pelindung kulit yang terdiri kolesterol, asam lemak, ceramide. Selain menjadi lapisan kulit, skin barrier juga berfungsi menjaga kelembaban.

Skin barrier bisa rusak karena berbagai hal mulai dari polusi, debu, sinar matahari, hingga penyebab dari dalam kulit seperti perawatan dengan produk yang kurang tepat, penggunaan skincare dengan bahan yang terlalu keras yang dapat menyebabkan rusaknya lapisan pelindung kulit alami. Skin barrier juga bisa rusak karena eksfoliasi berlebihan dan masih banyak lainnya. 

 

1 dari 4 halaman

Ilustrasi mencuci wajah. © Diadona

Ketika skin barrier rusak, kulit dapat menjadi sensitif, kering, meradang, hingga rentan terhadap masalah kulit seperti jerawat. 

Oleh karena itu, jika skin barriermu sudah terlanjut rusak, memperbaiki skin barrier adalah kunci kulit kembali sehat, lembap dan cantik. Salah satu caranya adalah dengan menggunakan facial wash untuk memperbaiki skin barrier atau skincare alami untuk melindungi pelindung wajah ini.

Memilih facial wash untuk memperbaiki skin barrier adalah solusi yang tepat. Sebelum memilih, ketahui tipe dan kebutuhan kulitmu. Kamu bisa menggunakan facial wash dengan formula yang lembut dan pH yang seimbang untuk membantu kelembaban alami kulit.

Bahan-bahan alami seperti aloe vera, chamomile, dan madu juga bisa menjadi pilihan ingredients yang cocok untuk membantu menenangkan skin barrier kamu. 

Kalau kamu masih kebingungan memilih facial wash untuk memperbaiki skin barrier, berikut adalah rekomendasi facial wash terbaik khusus untuk kamu!

Oh ya perlu diketahui kalau urutan rekomendasi berikut ini nggak berdasarkan peringkat ya!

2 dari 4 halaman

1. ElsheSkin Barrier+ pH Jelly Cleanser - Moisturizing and Gentle Facial Wash (RP. 77.000)

Skincare untuk Memperbaiki Skin Barrier - ElsheSkin Barrier pH Jelly Cleanser - Moisturizing and Gentle Facial Wash © Diadona

Diperkaya dengan 10X moisture complex, ElsheSkin Barrier+ pH Jelly Cleanser bisa membersihkan kulit sekaligus melembapkan dan melindungi skin barrier kamu. Dengan deep cleansing technology, produk ini membersihkan kulit hingga ke dalam pori tanpa sensasi kulit kering setelah mencuci muka.

2. Dear Me Beauty Skin Barrier Face Gel Cleanser (Rp. 71.100)

Facial Wash untuk Memperbaiki Skin Barrier - Dear Me Beauty Skin Barrier Face Gel Cleanser © Diadona

Diklaim sebagai pahlawan gentle cleanser, Dear Me Beauty menawarkan 3x natural moisturizing factor untuk memperbaiki skin barriermu. Mengandung Ceramide Compex, Hyaluronic Acid, Betaine, dan Phytosphingosine, facial wash ini cocok untuk kamu yang memiliki kulit kering, sensitive, maupun oily. Facial wash ini juga memiliki pH seimbang sekitar 5-5.5 yang cocok untuk kulit wajah.

3. Somethinc Low pH Gentle Jelly Cleanser 100ml (Rp. 98.100)

Facial Wash untuk Memperbaiki Skin Barrier - Somethinc Low pH Gentle Jelly Cleanser © Diadona

Diformulasi sebagai pH balancer, facial wash untuk memperbaiki skin barrier menawarkan sensasi cuci muka tanpa kulit ketarik. Mengandung Tea Tree Oil, Centella Asiatica, Calendula, yang dapat meminimalisasi reaksi sensitif pada kulit. Uniknya, facial wash ini memiliki Mentha Piperita yang memberikan sensasi dingin setelah mencuci muka. 

3 dari 4 halaman

4. Skintific Facial Wash 5X Ceramide Low pH Cleanser for Sensitive Skin (Rp. 85.000)

Facial Wash untuk Memperbaiki Skin Barrier -Skintific Facial Wash 5X Ceramide Low pH Cleanser for Se © Diadona

Pembersih wajah dengan pH 5.5 - 6 dapat menjadi andalan untuk memperbaiki skin barriermu yang rusak. Menggunakan 5 tipe Ceramides untuk membersihkan area wajah secara keseluruhan dan tetap menjaga kelembapan dan kelembutannya.

Active ingredients tambahan salah satunya Hyaluronic Acid, membersihkan kulit menjadi lebih cerah dan mengontrol peradangan.

5. COSRX Low pH Good Morning Cleanser (Rp. 52.000)

Facial Wash untuk Memperbaiki Skin Barrier - COSRX Low pH Good Morning Cleanser © Diadona

Diperkaya dengan Tea Tree Oil dan Betaine salicylate - BHA menjadikan COSRX Low pH Good Morning Cleanser adalah pilihan facial wash untuk memperbaiki skin barrier yang cocok untuk kamu. Tekstur gel yang ringan di kulit dapat membersihkan sekaligus menenangkan kulit. 

6. Cetaphil Gentle Cleanser 59ml (Rp. 47.000)

Facial Wash untuk Memperbaiki Skin Barrier - Cetaphil Gentle Cleanser © Diadona

Facial wash ini diformulasikan untuk kamu yang memiliki kulit kering, normal, kombinasi, dan berjerawat. Teruji secara klinis efektif mampu melembapkan kulit karena mengandung Porpylane Glycol. Cetaphil Gentle Cleanser membersihkan wajah tanpa menyumbat pori dan cocok untuk semua jenis kulit, termasuk kulit sensitif.

4 dari 4 halaman

7. ELFORMULA Daily Gentle Low pH Facial Cleanser (Rp. 92.000)

Facial Wash untuk Memperbaiki Skin Barrier - ELFORMULA Daily Gentle Low pH Facial Cleanser © Diadona

Jika kamu membutuhkan deep cleansing setelah beraktifitas seharian, ELFORMULA Daily Gentle Low pH Facial Cleanser dapat membantu wajahmu bersih secara merata, dan skin barrier tetap terjaga.

Kandungan Niacinamidenya membantu kontrol kemerahan dan minyak berlebih di wajah, ditambah dengan Calendula yang bertugas menghidrasi dan melembapkan kulit kamu.

 

Memilih facial wash yang cocok memang bukan hal mudah. Namun, jika sudah menemukannya, kamu bisa memperbaiki kondisi kulitmu sekaligus merawatnya. Skin barrier merupakan komponen berharga pada kulit yang harus kamu jaga. Jika tahapan facial wash dan skincare lin tidak dapat memperbaiki skin barrier, kamu dapat berkonsultasi dengan ahli untuk perawatan lebih lanjut, ya, Diazens!

Penulis : Fishella W

Beri Komentar