Intip Cara yang Tepat untuk Atasi Komedo Sesuai Kondisinya, Menurut Dermatologi

Reporter : Olivia Lidya Elsanty
Senin, 17 Mei 2021 12:15
Intip Cara yang Tepat untuk Atasi Komedo Sesuai Kondisinya, Menurut Dermatologi
Beda masalah, beda penanganan loh..

Komedo menjadi salah satu permasalahan kulit yang kerap menghantui baik perempuan maupun laki-laki. Secara umum, komedo terbagi dalam 2 jenis yakni terbuka dan tertutup.

Melansir dari Allure, komedo sendiri terbentuk karena campuran minyak, sel kulit mati, serta bakteri yang ada di pori-pori kulit. Kemudian, paparan udara mengoksidasi campuran tersebut hingga akhirnya menjadi berwarna kehitaman.

Untuk mengatasi komedo, kamu bisa melakukan perawatan mandiri di rumah atau bisa juga dengan menemui dokter kulit. Namun, ada beberapa trik yang bisa kamu coba menurut ahli kulit terkemuka. Berikut ulasannya.

1 dari 5 halaman

1. Komedo ringan atasi dengan scrub asam salisilat

Ilustrasi Pemakaian Scrub Wajah © Diadona

Joshua Zeichner, dokter kulit bersertifikasi dan direktur penelitian kosmetik di New York menyarankan untuk menggunakan scrub asam salisilat jika kamu ingin mengatasi komedo ringan. Asam salisilat bisa membantu mengurangi minyak berlebih, sekaligus mengelupas sel kulit mati dari permukaan kulit.

Penggunaan scrub asam salisilat ini bisa kamu aplikasikan 3x seminggu untuk jenis kulit berminyak dan kombinasi, sedangkan untuk kulit sensitif cukup 1x seminggu. Untuk hari-hari lainnya, kamu bisa menggunakan pembersih lembut yang mengandung asam salisilat.

2 dari 5 halaman

2. Komedo agak membandel atasi dengan krim retinoid

Ilustrasi Pemakaian Krim Wajah © Diadona

Shari Marchbein, dokter kulit bersertifikasi sekaligus asisten profesor klinis dermatologi di Universitas New York menyarankan penggunaan krim retinoid untuk mengatasi komedo yang agak membandel. Retinoid dipercaya mampu membantu mengatasi pori-pori yang tersumbat, dengan mengurangi kekakuan sel sekaligus mempercepat regenerasi kulit.

Meski krim retinoid bisa membantu mengatasi komedo, tapi kamu nggak bisa sembarangan memilih produk ya. Sebisa mungkin pilihlah krim yang kandungan retinolnya tidak terlalu tinggi.

3 dari 5 halaman

3. Komedo yang parah atasi dengan obat jerawat

Ilustrasi Obat Jerawat © Diadona

Kadangkala, komedo parah tidak bisa diatasi dengan scrub asam salisilat atau krim retinoid. Apalagi jika komedo itu mulai bertransformasi menjadi jerawat, maka cara mengatasinya yakni dengan memakai obat jerawat.

Sebaiknya, datangi dokter kulit untuk meresepkan obat jerawat seperti apa yang cocok untuk kamu gunakan. Biasanya, obat jerawat yang diberikan bertujuan untuk menurunkan produksi minyak, serta mengobati komedo dan jerawat.

4 dari 5 halaman

4. Aplikasikan moisturizer

Ilustrasi Moisturizer © Diadona

Tiga perawatan yang sudah dijelaskan sebelumnya memang diperuntukkan bagi masing-masing kondisi komedo. Namun, ada satu produk yang bisa mengunci ke-efektif-an penggunaan masing-masing perawatan tersebut yaitu pemakaian moisturizer.

Moisturizer bisa membantu menjaga keseimbangan kadar minyak dan air di kulit. Produk ini sekaligus menjaga kulit agar tetap sehat meski terus menggunakan produk eksfoliasi.

Beri Komentar