Cara Mewarnai Rambut Sendiri di Rumah Agar Tidak Gagal, Lebih Praktis dan Hemat

Reporter : Novi Hardita Larasati
Sabtu, 1 Agustus 2020 09:54
Cara Mewarnai Rambut Sendiri di Rumah Agar Tidak Gagal, Lebih Praktis dan Hemat
Inilah cara mewarnai rambut agar penampilanmu terlihat lebih menarik.

Mengubah penampilan memang bisa dilaukakan dengan berbagai cara, salah satunya adalah dengan mewarnai rambut. Biasanya, untuk mewarnai rambut, kebanyakan orang memilih untuk pergi ke salon. Tempat ini dipilih karena kamu tidak ingin gagal dalam mewarnai rambut.

Padahal, sebenarnya kamu bisa mewarnai rambut lebih efektif dan lebih murah kalau mencobanya sendiri di rumah. Namun, cara mewarnai rambut sendiri di rumah mungkin cukup merepotkan bagi sebagian orang.

Nah, supaya cat yang kamu aplikasikan di rambut merata, langsung saja simak ulasan berikut ini tentang cara mewarnai rambut sendiri di rumah, yang telah dilansir dari berbagai sumber.

1 dari 4 halaman

Cara Mewarnai Rambut Sendiri

Cara Mewarnai RambutCara Mewarnai Rambut © pinterest.com/behindthechair.com

1. Tentukan Warna yang Cocok untuk Kamu

Langkah paling utama pada saat cara mewarnai rambut adalah mengetahui jenis warna yang kamu inginkan. Sehingga, usahakan kamu benar-benar memilih warna yang lebih terang atau lebih gelap sesuai yang kamu inginkan.

2. Siapkan Peralatan

Selanjutnya, cara mewarnai rambut sendiri kamu perlu menyiapkan segala peralatan seperti wadah pewarna, brush atau sikat untuk mengaplikasikan pewarna rambut, beberapa jepit rambut, sarung tangan dan handuk yang digunakan di bagian pundak untuk melindungi pakaian dari pewarna yang menetes.

3. Cuci Rambut Dua Hari Sebelum Pewarnaan

Pencucian rambut ini ditujukan supaya cat yang kamu gunakan lebih menyatu dengan rambut asli saat proses pewarnaan dilakukan. Selain itu, mencuci rambut sehari sebelum proses pewarnaan juga membuat warna rambut baru kamu akan lebih bertahan lama.

4. Pisahkan Rambut Menjadi Beberapa Bagian

Teknik yang tepat sangat penting untuk memberikan hasil pewarnaan jadi lebih maksimal ialah pisahkan rambut menjadi beberapa bagian. Hal ini sangat penting untuk memudahkan aplikasi pewarna rambut agar lebih merata.

5. Aplikasikan Produk Pewarna dari Akar Rambut

Saat cara mewarnai rambut, lakukanlah pada akar rambut terlebih dahulu, sebab akar rambut memerlukan waktu yang lama untuk berubah warna. Setelah mengaplikasikan ke akar, barulah lanjut ke batang sampai ujung rambut.

2 dari 4 halaman

Cara Alami Mewarnai Rambut Menjadi Pirang

Cara Mewarnai RambutCara Mewarnai Rambut © unsplash.com/@sooprun

Mewarnai rambut memang menjadi kegiatan yang paling menyenangkan, apalagi kalau kamu hobi ke salon. Tapi, mulai sekarang kamu nggak perlu lagi untuk merubah penampilan warna rambutmu berbeda dari biasanya.

Sebab, kamu bisa melakukannya di rumah dengan bahan-bahan yang alami. Untuk itu, berikut cara alami mewarnai rambut menjadi pirang, diantaranya:

1. Air Lemon

Salah satu cara mewarnai rambut agar terlihat lebih pirang ialah dengan menggunakan air perasan lemon secukupnya. Tapi, kalau kamu memiliki rambut berwarna cokelat, air lemon justru membuat rambutmu menjadi merah-kejinggaan.

- Langkah pertama cara mewarnai rambut dengan lemon adalah oleskan sedikit air lemon pada rambut dan berjemurlah di bawah sinar matahari selama 30-60 menit.

- Meskipun bisa membuat rambut menjadi lebih cerah secara alami, namun air lemon juga menyebabkan kekeringan rambut. Sehingga, cobalah untuk mengencerkan perasan lemon dengan air dan lagsung cuci rambutmu setelah selesai berjemur.

2. Cassia

Selain menggunakan air lemon sebagai cara mewarnai rambut menjadi pirang, kamu juga bisa menggunakan cassia (tumbuhan pewarna alami) lho. Caranya, buatlah pasta dari campuran bubuk cassia dan teh kamomil yang siap pakai dari toko obat atau swalayan.

Setelah itu, tambahkan sedikit bubuk kayu manis kalau kamu ingin mendapatkan sedikit warnah merah atau kecoelatan. Lakukanlah cara ini pada sehelai rambut sebelum mencoba mewarnai rambut dengan kombinasi apa pun.

3 dari 4 halaman

Cara Mewarnai Rambut dengan Kunyit

Cara Mewarnai RambutCara Mewarnai Rambut © unsplash.com/@mero_dnt

Seperti yang diketahui, kunyit merupakan rempah-rempah yang digunakan sebagai bumbu dapur untuk penyedap rasa. Selain menjadi bumbu dapur, ternyata kunyit juga bisa digunakan sebagai pewarna rambut yang alami lho.

Penarasan kan bagaimana cara mewarnai rambut dengan kunyit? Langsung saja simak ulasannya di berikut ini.

1. Langkah pertama, siapkan 1-2 sdm kunyit yang sudah diparut. Lalu tambahkan air sebanyak 50ml dan aduk-aduklah hingga kunyit larut sepenuhnya.

2. Kalau sudah, kamu bisa usapkan masker air kunyit tersebut pada setiap helai rambut sambil dipijat supaya cairan meresap sempurna, lalu tunggu beberapa saat sampai kering.

3. Setelah kering, cara mewarnai rambut yang terakhir ialah cuci rambut kamu sampai bersih dan ulangi proses pewarnaan ini 2 hari sekali sampai mendapatkan warna rambut pirang yang kamu inginkan. Selesai.

4 dari 4 halaman

Cara Mewarnai Rambut Sendiri Agar Rata

Cara Mewarnai RambutCara Mewarnai Rambut © pinterest.com/behindthechair.com

Mengecat rambut di salon yang bagus sudah pasti pricey. Tapi, mengecat rambut di salon yang salah bisa jadi malah merusak rambut kamu. Sehingga salah satu solusinya ialah kamu bisa mewarnai rambut sendiri di rumah.

Namun, kesulitan saat mengecat rambut sendiri di rumah biasanya warna yang dihasilkan tidak maksimal. Nah, untuk mengurangi resiko tersebut, berikut cara mewarnai rambut sendiri agar rata bagi pemula, diantaranya:

1. Beli Warna yang Lebih Muda

Kesulitan pertama saat mengecat rambut sendiri di rumah ialah menentukan warna yang sesuai. Sebab, kalau dirumah kamu cuma bisa mengira-ngira warna rambut yang cocok untuk mendapatkan warna rambut yang kamu inginkan.

Sebab, menurut Instyle.com, hasil warna cat di rambut kamu akan selalu lebih tua dari warna yang kamu lihat pada box. Sehingga, untuk mendapatkan warna yang sesuai ekspektasi, pilih warna yang lebih muda pada model cat rambut dari warna yang kamu inginkan.

2. Beli Pewarna Lebih dari Satu Box

Meskipun kamu berambut pendek, cara mewarnai rambut sendiri agar rata ialah dengan membeli pewarna lebih dari satu box. Hal ini bertujuan supaya warna menutup sempurna dengan shade yang sama.

3. Awal Pewarnaam Harus Teliti dan Hati-Hati

Saat mulai melakukan pewarnaan, sebaiknya kamu membagi rambut menjadi beberapa bagian. Menurut Allure.com, bagi rambut menjadi empat bagian dan selalu cat rambut dari belakang ke depan.

Dengan cara ini bagian belakang akan menyerap cat lebih dahulu dan secara natural mempunya warna yang lebih gelap dari bagian depan.

4. Hindari Shampo Agar Warna Tidak Rusak

Setelah pewarnaan selesai, pastikan kamu mencuci rambut berwarnamu dengan air saja dan hindari penggunaan shampoo setidaknya sampai 48 jam. Sebab, untuk menjaga warna rambut, kamu bisa menggunakan shampoo khusus rambut berwarna.

Itulah cara mewarnai rambut sendiri di rumah yang praktis dan aman. Bagaimana sudah berminat untuk mencobanya? Semoga berhasil!

Beri Komentar