11 Cara Menghilangkan Uban Secara Permanen dan Alami yang Menyerang di Usia Muda

Reporter : Wicha Mashita
Jumat, 7 Agustus 2020 18:03
11 Cara Menghilangkan Uban Secara Permanen dan Alami yang Menyerang di Usia Muda
Say bye deh sama uban kalau kamu melakukan cara menghilangkan uban di bawah ini.

Nggak perlu pakai obat berbahan kimia, ada cara menghilangkan uban secara permanen dan alami yang bisa kamu cobain loh! Uban atau munculnya rambut berwarna abu-abu atau putih tentu saja bikin seseorang tampil nggak pede ya. Apalagi kalau yang mengalami di usia muda kayak kita sekarang.

Penyebab dari rambut beruban ini sendiri dikarenakan folikel rambut yang ada sel pigmennya memproduksi melanin atau zat pemberi warna pada rambut berkurang. Seiring usia bertambah, sel-sel ini mulai mati dan tanpa adanya pigmen maka rambut menjadi lebih ringan dan berubah warna jadi abu-abu atau putih.

Itu kenapa rambut beruban normal terjadi pada orang-orang yang sudah lansia. Akan tetapi penyebab kekurangan vitamin,stres, masalah gen sampai kondisi medis tertentu bisa jadi penyebab rambut beruban pada usia muda.

Apalagi kalau yang suka mewarnai rambut karena bahan kimianya bisa mengurangi melanin. Mengutip dari berbagai sumber, kayak gini loh cara menghilangkan uban secara permanen dan alami yang bisa kamu cobain.

1 dari 6 halaman

Cara Menghilangkan Uban Secara Permanen

Cara Menghilangkan Uban Secara PermanenCara Menghilangkan Uban Secara Permanen © zwivel


Buat kamu yang mengalami rambut memutih, ada cara menghilangkan uban secara permanen kok. Eits.. bukan dengan dicabut ya.

Ampas Teh


Buat kamu yang suka minum teh, ampasnya jangan dibuang ya. Soalnya ampas teh ini bisa kamu gunakan merawat rambut, termasuk mengatasi masalah uban.

Caranya gampang kok guys, tinggal diamkan ampas selama sehari lalu ditambahkan garam. Sudah bisa kamu oleskan di rambut deh. Biarkan selama satu jam atau rambut sampai kering duiu ya. Terus kamu bilas deh pakai shampo.

2 dari 6 halaman

Minyak Kemiri

Ilustrasi Minyak KemiriIlustrasi Minyak Kemiri © 2020 https://www.diadona.id


Rempah yang satu ini memang sudah lama dipercaya bisa mengatasi masalah rambut. Kamu bisa membuat minyak kemiri sendiri dengan cara ditumbuk halus lalu ditambahkan sedikit air. Kemudian, diperas dan dimasak sampai matang. Oleskan secara rutin pada rambut dan nikmati hasilnya.

Putih Telur Ayam Kampung


Yap, harus ayam kampung ya guys. Ambil putih telurnya saja sebanyak 3 butir kemudian tambah setengah sendok makan garam dapur dan setenagh gelas air hangat. Tinggal kamu campur terus dioleskan ke rambut deh. Diamkan selama satu jam lalu dibilas sampai bersih.

3 dari 6 halaman

Cara Menghilangkan Uban Secara Alami di Usia Muda

Cara Menghilangkan Uban Secara AlamiCara Menghilangkan Uban Secara Alami © plasticsurgery


Tenang saja guys, kalau ketiga bahan di atas kamu anggap susah untuk didapatkan. Ada cara menghilangkan uban secara alami lainnya yang kami rekomendasikan.

Putih Telur dan Garam


Siapa tadi yang sudah ngeluh kalau harus pakai telur ayam kampung? Tenang saja guys, ada resep lain dari telur biasa yang bisa kamu pakai sebagai cara menghilangkan uban. 

Siapkan putih telur yang mengandung banyak protein ini dengan dicampur garam. Terus aplikasikan ke rambut dan diamkan selama 30 menit saja.

Susu Cair


Bukan hanya enak untuk dikonsumsi, susu cair juga bermanfaat untuk cara menghilangkan uban loh! Campurkan susu cair dengan merica hitam dan satu sendok teh air lemon. Kemudian diratakan dan dioles ke kulit kepala. Biar hasilnya optimal, lakukan setiap hari ya.

4 dari 6 halaman

Minyak Wijen dan Labu

Ilustrasi Buah LabuIlustrasi Buah Labu © finesfruitdirect.uk


Cara menghilangkan uban secara alami juga bisa dengan mengandalkan minyak wijen dan labu. Kedua bahan ini kaya akan kandungan antioksidan sama vitamin E-nya guys. Tinggal langsung kamu aplikasikan kedua bahan ini ke kepala sekali setiap minggunya. Dijamin ampuh deh!

Minyak Kelapa dan Jeruk Nipis


Nggak hanya minyak kemiri, minyak kelapa juga dipercaya bahan alami yang manjur untuk merawat rambut. Nah, caranya tinggal kamu campurkan minyak kelapa sama jeruk nipis di telapak tangan lalu usapkan ke seluruh rambut. Diamkan selama 30 menit sebelum dibilas ya.

5 dari 6 halaman

Kentang

KentangKentang © greatbritishchefs.com


Selain rasanya yang enak apalagi kentang goreng buat camilan, kentang juga kaya akan nutrisi untuk kesehatan rambutmu loh! Nah, daging maupun kulitnya bisa jadi cara menghilangkan uban nih! Caranya dengan merebus kulit kentang lalu air rebusannya dijadikan spray. Sedangkan dagingnya direbus jadi masker rambut.

Bawang Bombay


Bawang bombay nggak hanya sedap sebagai bumbu masakan, tapi juga bisa kamu manfaatkan sebagai cara menghilangkan uban secara alami. Cara mengaplikasikannya yaitu dihaluskan pakai blender. Eits.. jangan lupa dicuci sampai bersih dulu ya. Terus kamu jadikan masker rambut deh.

6 dari 6 halaman

Kopi dan Yoghurt

kopikopi © 2019 https://www.diadona.id


Pecinta kopi dan memiliki masalah uban merapat. Ampas kopi buatanmu jangan dibuang ya. Manfaatkan ampas kopi yang dicampur yoghurt untuk jadi cara menghilangkan uban. Diamkan selama 20 menit dan taraaa.. bisa mengusir uban dari kulit kepalamu deh.

Biji Pepaya


Pepaya memang memiliki banyak manfaat ya guys. Daunnya bisa jadi sayur, daging buahnya yang kaya akan nutrisi dan bijinya ini bisa menghilangkan uban. Kandungan alkaloid, tanin sama streid yang tinggi di dalamnya ampuh sebagai cara menghilangkan uban.

Caranya mudah kok, keringkan biji pepaya terlebih dulu. Lalu dimasak dengan api kecil dengan cara disangrai. Terus ditumbuk sampai halus. Kamu juga bisa menambahkan ampas teh dan minyak kepala untuk jadi masker rambut.

Itu tadi deretan bahan alami yang bisa kamu jadikan cara menghilangkan uban secara permanen. Dijamin ampuh dan kamu bisa tampil PeDe lagi tanpa uban. Happy trying! Baca Juga: Masih Muda kok Udah Ubanan? Ternyata ini Loh Penyebabnya.. 20 Penyebab Rambut Rontok Parah pada Wanita dan Cara Mengatasinya Cara Menghilangkan Telur Kutu Rambut Secara Alami dan Cepat dalam 1 Hari Sering Disepelakan, Salah Menguncir Justru Membuat Rambut Jadi Rusak Lho! Jangan Buru-Buru Dipotong, Kamu Bisa lho Memperbaiki Rambut Bercabang dengan Cara Ini! Sering Pakai Topi Bisa Bikin Rambut Rontok, Beneran Nggak ya?

Beri Komentar