Cara Merawat Kecantikan Kuku yang Panjang Agar Tetap Sehat dan Lembab

Reporter : Kurnia
Sabtu, 19 Maret 2022 12:28
Cara Merawat Kecantikan Kuku yang Panjang Agar Tetap Sehat dan Lembab
kuku juga wajib cantik dan sehat loh

Cantik, itulah kata yang selalu identik dengan wanita. Tak melulu pada wajah, cantiknya wanita itu bisa dilihat dari mana saja, begitu juga dengan kuku.

Bagian dari tubuh, kuku menjadi salah satu hal penting yang kerap menghabiskan banyak perhatian. Agar penampilan semakin sempurna, nggak sedikit loh wanita yang akhirnya memiluh berbagai perawatan dengan harga selangit hanya untuk kuku-kuku cantik mereka.

Karena cantik yang sesungguhnya itu adalah sehat, berikut ini ada beberapa cara untuk menjaga dan merawatan kesehatan kuku panjang kamu agar selalu sehat dan lembab.

1 dari 5 halaman

1. Pastikan Kuku Selalu Kering dan Bersih

Dikutip dari berbagai sumber online, memiliki kuku panjang yang sehat dan cantik memerlukan sedikit perhatian dan waktu perlu kamu luangkan untuk merawatnya.

Mulailah dari hal kecil dengan selalu mengeringkan kuku setelah mencuci tangan. Jangan biarkan kuku terlalu lama lembab dengan mengeringkan kuku dan membersihkan sela-sela kuku dengan sikat yang lembut.

Tampak sepele, tapi mengeringkan kuku menjadi bagian penting karena dapat mencegah infeksi bakteri dan jamur pada kuku cantik kamu loh, Diazens.

Selain itu, beautys juga bisa menggunakan sarung tangan karet saat mencuci piring untuk mencegah kuku terpapar bahan kimia keras dan berbahaya.

2 dari 5 halaman

2. Pakai Pelembap pada Kutikula

Cara Merawat Kecantikan Kuku yang Panjang Agar Tetap Sehat dan LembabCara Merawat Kecantikan Kuku yang Panjang Agar Tetap Sehat dan Lembab © Shutterstock.com

Saat melakukan perawatan kuku, jangan lupa untuk merawat bagian kutikula dengan memberikannya pelembap. Namun, perlu beauutys ingat kalau jangan terlalu berlebihan dalam merawat kutikula, ya.

Hindari mendorong atau mengupas kutitula, karena bisa merusak dan membuat kuku terinfeksi bakteri atau jamur.

 

3 dari 5 halaman

3. Mengonsumsi Biotin

Jika beautys memiliki kuku yang lemah atau rapuh, lebih baik jika langsung berkonsultasi ke dokter atau klinik kecantikan.

Nah, biasanya dokter akan memberikan suplemen biotin untuk memperkuat kuku. Biotin itu sendiri berupa salah satu vitamin B yang mampu memperkuat rambut dan kuku, serta membantu fungsi sistem saraf tubuh.

Selain mengonsumsi biotin, Diazens juga bisa mengonsumsi ikan sarden, telur matang, dan kacang-kacangan karena jenis makanan tersebut mengandug nutrisi serupa.

4. Jangan Terlalu Sering Menggunakan Cat Kuku

Cantik sih, tapi penggunaan cat kuku sebaiknya mulai kamu batasi deh. Penggunaan cat kuku secara terus-menerus, dapat membuat kuku menjadi rapuh. Berikan jeda waktu setidaknya seminggu sebelum Anda menggunakan kembali cat kuku.

Hindari pula penggunaan pembersih cat kuku yang mengandung aseton, karena dapat membuat kuku, kutikula, dan kulit di sekitarnya kering.

4 dari 5 halaman

5. Memilih Salon Kuku yang Tepat

Cara Merawat Kecantikan Kuku yang Panjang Agar Tetap Sehat dan LembabCara Merawat Kecantikan Kuku yang Panjang Agar Tetap Sehat dan Lembab © Shutterstock.com

Nggak sedikit nih beautys yang malas hingga akhirnya memutuskan untuk melakukan perawatan kuku di salon. Saat memilih nail care, sebaiknya Diazens memilih salon kuku yang berlisensi dan terjaga kebersihannya.

Hal ini penting untuk menghindari kemungkinan terjadinya infeksi bakteri atau jamur pada kuku bila manikur pedikur tidak dilakukan dengan tepat.

Beri Komentar