Bukan Sekadar Oles, Ini Tips Pemakaian Sunscreen Stick yang Benar di Kulit

Reporter : Olivia Lidya Elsanty
Jumat, 11 Februari 2022 18:15
Bukan Sekadar Oles, Ini Tips Pemakaian Sunscreen Stick yang Benar di Kulit
Yuk, intip cara yang benar.

Belakangan ini muncul tren baru di dunia skincare yang mengusung konsep simpel nan efisien. Salah satu produk yang sedang digemari adalah sunscreen stick.

Sunscreen stick diformulasikan agar penggunaannya lebih mudah dan praktis. Produk ini menyasar kaum-kaum yang lebih suka skincare simpel serta kaum-kaum yang memiliki mobilitas tinggi.

Melihat bentuknya, kita sering berpikiran bahwa penggunaan sunscreen stick cukup dengan dioles saja. Nah ternyata penggunaannya malah nggak bisa sembarangan.

Ada tips yang perlu diikuti agar manfaat dari sunscreen tetap bisa dirasakan oleh kulit. Biar nggak asal pakai, ini deretan tips yang perlu kamu ketahui.

1 dari 6 halaman

1. Pakai sunscreen stick usai mengaplikasikan pelembap

Ilustrasi Sunscreen Stick © Diadona

Sama seperti sunscreen pada umumnya, varian stick ini juga diaplikasikan usai menggunakan pelembap. Meski berbentuk stick, sunscreen ini nggak akan menghilangkan efek dari skincare yang digunakan sebelumnya. Namun, pastikan agar pelembap menyerap dengan sempurna, baru deh kamu aplikasikan sunscreen sticknya.

2 dari 6 halaman

2. Gosok di area tangan lebih dulu

Sunscreen stick umumnya memiliki tekstur yang padat dan agak susah diaplikasikan ke kulit. Nah, sebelum mengoleskannya langsung di wajah, sebaiknya gosokkan dulu di area tangan agar tidak merusak skincare atau makeup lain yang sudah lebih dulu digunakan. Cara ini disebut-sebut juga bisa membuat sunscreen jadi lebih lumer dan lembut saat digosokkan ke wajah.

3 dari 6 halaman

3. Aplikasikan empat gerakan bolak-balik

Ilustrasi Sunscreen Stick © Diadona

Menurut American Academy of Dermatology, menggunakan sunscreen stick ternyata nggak cukup hanya sekali oles. Kamu perlu menggunakannya sebanyak empat gerakan bolak-balik. Mengoleskan dengan cara ini bisa membantu memastikan kulit tercover sempurna oleh sunscreen.

4 dari 6 halaman

4. Bersihkan permukaan stick secara rutin

Sunscreen stick digunakan secara langsung dan menempel ke kulit wajah, itu sebabnya kamu perlu menjaga kebersihannya. Kamu perlu membersihkannya secara rutin, bisa juga dengan mengusap permukaannya dengan tisu setiap hendak digunakan. Selalu pastikan menggunakan sunscreen stick dengan permukaan yang bersih agar manfaatnya tetap ada dan nggak menimbulkan masalah baru di kulit.

5 dari 6 halaman

5. Sebaiknya jangan re-apply di atas makeup

Ilustrasi Sunscreen Spray © Diadona

Kita memang sering mendapat saran untuk re-apply sunscreen setiap beberapa jam, tapi jangan sekali-kali langsung re-apply di atas makeup. Cara ini bisa menggeser makeup bahkan menimbulkan masalah higienitas di kulit. Jika memang ingin re-apply sunscreen dengan cepat dan nggak ribet, sebaiknya gunakan sunscreen spray aja.

Beri Komentar