Banyak Diminati, Vakum Penyedot Komedo Ternyata Punya Efek Samping yang Berbahaya loh!

Reporter : Olivia Lidya Elsanty
Rabu, 2 Desember 2020 18:15
Banyak Diminati, Vakum Penyedot Komedo Ternyata Punya Efek Samping yang Berbahaya loh!
Wah, kudu hati-hati nih..

Belakangan ini banyak bermunculan produk-produk kecantikan yang diklaim bisa memberi manfaat secara instan. Salah satunya yang viral dan banyak diminati adalah vakum penyedot komedo.

Vakum penyedot komedo ini memang diformulasikan untuk menyedot sekaligus mengangkat komedo membandel yang ada di wajah. Biasanya, alat ini digunakan di area-area seperti hidung maupun dagu.

Banyak yang mengaku bahwa produk ini benar-benar ampuh untuk menghempaskan komedo dan membuat wajah kembali mulus dan bercahaya. Namun siapa sangka, vakum penyedot komedo justru menimbulkan efek samping yang berbahaya loh.

1 dari 4 halaman

Review Vakum Penyedot Komedo © Diadona

Dalam channel youtubenya, dr. Richard Lee, MARS., membeberkan efek samping dari penggunaan vakum penyedot komedo. Ia bahkan nggak merekomendasikan pemakaian produk kecantikan yang satu ini loh. Berikut penjelasannya.

Di awal penggunaannya, vakum komedo ini akan membuat kulit terasa sakit dan meninggalkan bekas memerah atau iritasi. Namun efek samping jangka panjangnya, bisa merusak skin barrier loh!

2 dari 4 halaman

Skin barrier adalah bagian terpenting untuk melindungi kulit. Nah, jika vakum komedo dipakai terlalu berlebihan, maka skin barier akan rusak dan membuat kulit menjadi sensitif. Akibatnya, akan timbul masalah baru seperti iritasi, bruntusan, jerawat.

Namun perlu dipahami, vakum komedo yang dijual di pasaran tentu memiliki standar berbeda dengan vakum komedo yang biasa dimiliki oleh klinik kecantikan. Biasanya beberapa klinik kecantikan menggunakan penyedot pori-pori yang sudah memiliki FDA APPROVED dan tentunya dikerjakan oleh tenaga yang berpengalaman, sehingga bisa dibilang cukup aman.

3 dari 4 halaman

Ilustrasi Vakum Penyedot Komedo © Diadona

Selain merusak skin barier, ada efek samping lain yang juga berbahaya. Vakum penyedot komedo abal-abal akan melakukan penyedotan atau penghisapan yang terlalu besar, sehingga bisa menyebabkan telangiektasis.

Telangiektasis ditandai dengan kemunculan urat-urat di wajah, karena pembuluh darah kecil mengalami pelebaran atau bahkan pecah di dekat permukaan kulit.

Beri Komentar