Miliki Plot Seru, Ternyata 10 Drama Korea Ini Diangkat dari Kisah Nyata loh!

Reporter : Wicha Mashita
Jumat, 11 Desember 2020 19:07
Miliki Plot Seru, Ternyata 10 Drama Korea Ini Diangkat dari Kisah Nyata loh!
Mulai drama kolosal sampai pembunuhan berantai ini diangkat dari kisah nyata!

Pernah nggak sih guys suatu film atau serial drama jadi inspirasimu di kehidupan nyata? Tapi ada juga loh, yang film atau serial drama diangkat dari kisah nyata.

Kalau sebelumnya sudah dibahas deretan film Korea yang diangkat dari kisah nyata, ternyata ada juga yang dibuat bentuk drakor. Berikut ini 10 judul drama Korea yang diangkat dari kisah nyata. Ada yang mengangkat cerita pembunuhan berantai sampai zaman kerajaan Korea.

1 dari 10 halaman

Tunnel

Drama Korea Tunnel © Diadona

Buat penggemar drakor, pasti nggak asing dong sama drama Korea Tunnel? Yap, drama ini terinpirasi dari kasus pembunuhan berantai yang besar di Korea Selatan. Kasus pembunuhan ini memakan korban perempuan di kota Hwaseong, Geyonggo.

Target pelaku pada perempuan dengan usia rentang 12 sampai 71 tahun. Para korban dilecehkan kemudian dibunuh. Nah, kisah ini diangkat menjadi drama yang diperankan Choi Jin Hyuk, seorang detektif yang mengejar pelaku pembunuhan berantai di sebuah terowongan tahun 1986. Tapi saat ia nggak sengaja keluar dari sisi terowongan, tiba-tiba tahun berganti jadi 2017.

Yap, drama ini juga menggabungkan genre misteri dan fantasi guys. Rekomended banget deh buat kamu tonton yang ingin tahu kelengkapan cerita dari kasus pembunuhan terbesar di Korea Selatan itu.

2 dari 10 halaman

Signal

Drama Korea Signal © Diadona

Kalau drama Korea Signal sih sudah populer banget dengan fakta diangkat dari kisah nyatanya ya guys. Drakor ini bercerita tentang seorang detektif yang menyelidiki sebuah kasus misterius. Ia bekerja sama dengan detektif fi masa lalu melalui walkie talkie untuk berkomunikasi.

Meski genrenya pakai fantasi-misteri, tapi alur kisah drakor Signal ini diangkat dari kisah nyata loh! Yap, Signal juga terinspirasi sama kasus pembunuhan berantai di Korea Selatan yang heboh banget di tahun 1986-1991.

Meski kejadiannya sudah 30 tahun yang lalu, tapi kasus ini baru berhasil dipecahkan dan pelakunya ditemuka pada 19 September 2019. Itu kenapa kasus ini cukup besar di Negeri Ginseng tersebut. Bahkan selain Tunnel dan Signal, kasus ini juga diangkat menjadi film berjudul Memories of Murder.

3 dari 10 halaman

Gap Dong

Drama Korea Gap Dong © Diadona

Selain drama di atas, Gap Dong juga diangkat dari kasus pembunuhan Hwaseong yang dilakukan Lee Choon Jae. Drama ini bercerita tentang kesuksesan satu unit polisi yang berhasil menemukan tersangkanya.

Sudah 17 tahun peristiwa tersebut terjadi dan serangkaian kejadian itu kembali terjadi. Makanya menarik banget buat dijadikan drama Korea. Drama ini dibintangi Yoon Sang Hyun, Sung Dong Il, Kim Min Jung, Kim Ji Won dan Lee Joon.

4 dari 10 halaman

The Hymn of Death

Drama Korea The Hymn of Death © Diadona

Sama seperti sebelumnya, drakor The Hymn of Death memiliki cerita yang cukup tragis. Drama yang rilis tahun 2018 ini mengangkat kisah kehidupan pasangan Yum Sim Deok dan Kim U Jin. Yum Sim Deok adalah seorang penyanyi soprano profesional pertama di Korea Selatan. Sedangkan Kim U Jin adalah penulis naskah yang lagi hangat diperbincangkan.

Drama ini diselimuti romansa kehidupan keduanya hingga akhirnya mereka melakukan bunuh diri bersama. Aksi ini dilakukan saat mereka menuju Busan, Korea Selatan dari Shimonoseki, Jepang. Judul dramanya pun terinspirasi dari salah satu lagu terkenal Yun Sm Deok yang berjudul In Praise of Death.

5 dari 10 halaman

Fight for My Way

Drama Korea Fight for My Way © Diadona

Nah, kalau tadi bahas yang ngeri-ngeri, ada drama romcom Fight for My Way yang juga diangkat dari kisah nyata nih! Drama ini mengisahkan tentang anak muda yang berjuang meraih mimpi mereka masing-masing.

Yap, drama yang populer banget dengan peran Park Seo Joon dan Kim Ji Won ini terinspirasi dari atlet tinju bernama Choi Sung Hoon dan istrinya. Hal ini diungkapkan langsung sama penulis naskah dramanya loh!

Sang Choon sang penulis pun menjelaskan, banyak yang menyangka kalau atlet tinju itu seseorang yang angkuh dan suka main perempuan. Padahal nggak seperti itu, Choi Sung Hoon salah satunya.

6 dari 10 halaman

My Wife Having an Affair This Week

Drama Korea My Wife Having an Affair This Week © Diadona

Ada lagi drama romcom yang terinspirasi dari kisah nyata. Bahkan ceritanya diambil dari unggahan viral salah seorang laki-laki di forum online. Ia menuliskan pesan, " Istriku akan selingkuh minggu ini. Aku harus bagaimana?" yang jadi viral di dunia maya.

Drama dengan judul My Wife Having an Affair This Week ini juga dibuat remake dari drama Jepang yang ditulis Tamoko Yoshida. Drama ini bercerita tentang seorang produser acara TV yang curiga sama istrinya. Ia berpikir kalau istrinya akan bertemu selingkuhannya minggu depan.

7 dari 10 halaman

Reply 1988

Reply 1988 © Diadona

Siapa sih yang gak tahu drakor fenomenal Reply 1988. Meski drama yang dibintangi Park Bo Gum ini seri lanjutan dari versi 1997 dan 1994, tapi yang tahun 1988 ini diangkat dari kisah nyata loh!

Tokoh Choi Taek yang diperankan Park Bo Gum ini terinspirasi dari pemain baduk kebanggaan Korea Selatan yang bernama Lee Changho. Sedangkan kisah persahabatan Deok Sun dan kawan-kawannya diduga diambil dari pengalaman pribadi penulis skenario, Lee Woo Jung. Tapi, sampai saat ini belum ada konfirmasi langsung mengenai hal tersebut.

8 dari 10 halaman

Queen for Seven Days

Drama Korea Queen for Seven Days © Diadona

Gak cuma drama modern, yang bergenre kolosal juga ada yang terinspirasi dari kisah nyata loh! Kayak drama Queen for Seven Days ini nih. Drakor ini diangkat dari sejarah Ratu Danyeong yang berasal dari kerajaan di era Joseon.

Ratu hanya bisa menduduki tahtanya selama tujuh hari karena diusir dari istana. Itu kenapa judulnya Queen for Seven Days. Kisaj ini merupakan masa pemerintahan ratu yang paling singkat sepanjang sejarah Korea Selatan loh!

9 dari 10 halaman

Empress Ki

Drama Korea Empress Ki © Diadona

Selain Queen for Seven Days, ada juga drama kolosal berjudul Empress Ki yang diangkat dari kisah sejarah di Korea. Drama ini mengangkat latar dinasti Goryeo yang berfokus pada kisah permaisuri Ki. Ia memiliki kekuasaan baru yang mana menyerang Korea dengan pasukan Yuan.

Akibat dari aksi permaisuri Ki ini, penduduk Yuan banyak yang menganggapnya sebagai pemimpin. Tapi nggak sedikit pula masyarakat yang memandang Ki sebagai pengkhianat karena melawan kerajaan di negaranya sendiri.

10 dari 10 halaman

Hwarang

Drama Korea Hwarang © Diadona

Drama Korea bertema kerajaan dengan bertabur bintang, Hwarang pasti nggak asing ya guys? Drama yang dirilis tahun 2016 ini juga berdasarkan sejarah Korea Selatan.

Hwarang diangkat dari kisah kerajaan dinasti Silla. Drama ini bercerita tentang para ksatria muda yang ingin menegakkan keadilan. Selain itu, mereka juga terkenal memiliki paras rupawan.

Drama ini sendiri dibintangi Park Seo Joon, Park Hyung Sik, Minho SHINee, V BTS, Do Ji Han dan Jo Yoon Woo. Sedangkan aktrisnya ada Go Ara, Seo Ye Ji dan sebagainya.

Gimana guys, nyangka gak sih kalau deretan drama Korea di atas diangkat dari kisah nyata? Mana nih yang berminat kamu tonton?

Beri Komentar