9 Cara Menata Rambut Pendek dan Panjang sendiri untuk Sekolah dan Pesta

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Rabu, 29 Januari 2020 13:23
9 Cara Menata Rambut Pendek dan Panjang sendiri untuk Sekolah dan Pesta
Nggak peru tatanan profesional, kamu tetep bisa tampil cantik dengan cara menata rambut sendiri.

Selain make up dan busana, hal apa yang mungkin menarik perhatian seseorang saata melihat orang lain? Yup, rambut salah satunya. Rambut yang indah dan sehat adalah nilai tambah penampilan seseorang, namun harus ditunjang juga dengan penataan yang oke sesuai dengan tema acara, panjang rambut.

Beberapa orang menyerahkan urusan cara menata rambut ke penata rambut mereka, sedangkan beberapa yang lain kudu kreatif dan telaten banget nih untuk bikin tatanan rambut yang oke. Ngga perlu yang ribet, kamu bisa kok tampil cantik dengan gaya rambut yang oke tanpa perlu tangan profesional. Yuk diintip aja!

1 dari 4 halaman

Cara Menata Rambut Pendek

Punya rambut pendek seolah menguji kreatifitas banget yah, karena seperti sedang dibatasi oleh panjanbgnya rambut sendiri. Tapi dengan sedikit ide cara menata rambut pendek, sebenarnya mau seberapa pendek rambut kamu sih nggak akan jadi masalah.

Untuk kamu yang bingung, ini nih Diadona rangkumkan cara menata rambut pendek biar kamu semakin cantik dan stylish.

Half Ponytail

Ilustrasi Rambut Pendek © Diadona

Sesuai dengan namanya, cara menata rambut dengan half pontail ini hanya melibatkan rambut bagian atas saja. Lalu gimana kalau bagian depan rambut kamu terlalu pendek? Justru itu, cara menata rambut dengan half ponitail memberikan kamu pilihan untuk tetap menggerai bagian depan rambut. Arahkan ke sisi kepala, dan voila! Lapisan tipis rambut yang 'seolah' jadi poni dadakan itu akan bikin tampilan kamu makin manis dan cantik.

Ilustrasi Twisted Hairdo © Diadona

Twist Hairdo

Biar cara menata rambut ala kamu nggak membosankan, yuk ikuti tatanan rambut yang ini. Kamu bisa membuat variasi yang dapat menonjolkan gelombang rambut atau bentuk wajah kamu.

Cara mengikat rambut dengan twist hardo membutuhkan jepit rambut, karet gelang dan tentu saja sisir rambut.

  • Pertama, sisir rambut kamu
  • Ambil satu bagian di sisi rambut, lalu jepit di bagian belakang.
  • Ulangi hal yang sama di sisi lain.
  • Ikat kedua lilitan bersama dengan karet gelang

Semakin terlihat berantakan bagian rambut yang tergerai, maka akan semakin terlihat cantik lho.

 

2 dari 4 halaman

Cara Menata Rambut Panjang

Rambut panjang memang mudah sekali dibentuk berbagai macam gaya. Muali dari hanya diikat biasa, hingga kepangan heboh yang unik nan cantik. Beberapa cara menata rambut diu bawah mungkin bisa jadi inspirasi kamu nih!

Rench Braid

Ilustrasi Rambut Kepang © Diadona

French Barid atau kepangan prancis jadi cara menata rambut panjang yang udah dikenal banget sejak lama. Sama halnya dengan kepangan lainnya, bedanya, cara menata rambut dengan kepangan prancis dimuali dengan mengepang bagian tengah rambut, lalu secara bertahap menambahkan sisi kanan dan kiri rambut ke dalam kepangan hingga ke bagian tengkuk. Untuk rambut panjang, kepangan akan berlanjut hingga ke ujung rambut.

Messy Bun

Ilustrasi Messy Bun Hair © Diadona

Cara menata rambut dengan ikatan ini cocok banget untuk semua acara kecil atau acar penting, dan hanya butuh waktu kurangd ari lima menit untuk melakukannya.

Untuk cara menata rambut dengan messy bun, langkah yang harus kamu lakukan diantaranya:

sisir seluruh rambut dan di pangkal kulit kepala, untuk menambah volume di sekitar kepala. Beberapa penata rambut menyarankan bahwa semakin kotor rambut, maka cara menata rambut dengan messy bun ini akan semakin baik.
selanjutnya, kumpulkna rambut ke satu titik letak bun itu nanti akan berada
kencangkan rambut menjadi kuncir dan ikat dengan karet
putar uraian rambut dari pangkal kuncir hingga ke ujungnya, lalu putar lagi melilit di pangkal kuncir sampai membentuk bun. Sebagai akhir dari cara menata rambut dengan messy bun ini, silahkan jepit bagian ujungnya biar nggak terlepas.

3 dari 4 halaman

Cara Menata Rambut Sendiri di Sekolah

Sat beraktivitas di sekolah, kamu butuh cara menatap rambut yang simple, memudahkan setiap kegiatan dan tetap manis dilihat. Coba deh contek cara menata rambut ala diadona berikut:

Jepit Rambut

Ilustrasi Jepit Rambut © Diadona

Meskipun super sederhana, cara menata rambut dengan memasang jepit bisa memberikan hasil penampilan yang berbeda dibanding rambut polos tanpa hiasan apa-apa. Terlenih dengan makin ragamnya macam jepit, tinggal pilih deh kamu ingin model aksesoris jepit yang seperti apa.

Nah, cara menata rambut dengan jepit ini jadi solusi jitu untuk kamu yang punya rambut pendek dan beneran nggak bisa diapa-apain kecuali membiarkannya tergerai. Untuk acara pernikahan malam hari, misalnya, kamu bisa bubuhkan jepit dengan ornamen yang berkilau. Atau saat acara formal, cukup bubuhkan jepit sederhana namun tetap terkesan elegan.

Half Top Knot

Iluustrasi Half Top Knot Rambut © Diadona

Namanya memang susah sih, tapi cara menata rambut dengan half top knot itu gamoang banget! Kamu tinggal membuat messy bun di bagian atas kepala dengan setengah rambut kamu, ikat dengan jepit dan jadi deh! Cara menata rambut dengan half top knot ini cocok banget untuk kamu berangkat sekolah, karena menyingkirkan rambut bagian atas yang sangat mungkin mengganggu kegiatan kamu, namun bagian bawah rambut tetap tergerai untuk membuat tampilan yang tetap cantik dan manis.

French Braid dengan Simpul di Atas

Ilustrasi French Braid Top © Diadona

Kalau french braid akan meliputi seluruh rambut di kepala kamu dan membuat rambut terlihat rapi, nah, cara menata rambut dengan model yang satu ini sedikit berbeda. Dengan menggabungkan antara french braid dengan sedikit messy bun.

Untuk cara menata rambut ini, kamu perlu melakukan langkah berikut:
Pisahkan rambut bagian atas yang akan dikepang dengan sisir, angkat sedikit rambut dari depan.
Mulailah mengepang bagian rambut.
Sama halnya dengan french baid, tambahkan rambut di bagian sisi kepang sampai ke puncak kepala.
Nah di bagian ini, kamu tinggal mengikatnya dengan karet gelang dan melewati bagian ujung rambut sehingga membentuk seperti sebuah bun setengah jadi.

4 dari 4 halaman

Cara Menata Rambut Sendiri di Pesta

Baju sudah oke, make up udah cetar, nggak mungkin dong kamu datang ke pesta tanpa hairdo yang cakep? Nggak perlu ke salon, nih ada isnpirasi cara menata rambut yang bisa kamu contek.

Side Braid Hairstyle

Ilustrasi Rambut Side Braid © Diadona

Yakni mengepang hanya sebagian rambut di sisi samping kepala. Nggak perlu rambut panjang kok, dengan rambut pendekpun tetap bisa kamu lakukan. Kamu juga nggak pelru keahliah profesional untuk melakukannya, yang penting kamu hanya perlu bisa mengepang saja.

Sebagai cara menata rambut dengan side bride hairstyle, mulai dengan mebuat kepangan dari atas salahs atu sisi rambut, menjulur hingga ke bawah, lalu sematkan dengan jepit agar tidak tergerai. Selamat mencoba!

Double Dutch Braids

Ilustrasi Double Dutch Braid © Diadona

Kalau side bride hairstyle hanya menggunakan satu kepangan di satu sisi rambut, maka cara menata rambut dengan
Double Dutch Braids ini menggunakan dua kepangan rambut di masing-masing sisi kepala.

Cara menata rambut ala kepang membuat tampilan yang beda banget untuk rambut dan kepala kamu, lho. Terlebih saat kamu memutuskan untuk membuat kepangan yang santai dan sedikit berantakan, atau kepangan yang ketat.

Ujung kepangan dari kedua sisi bisa kamu satukan sebagai kuncir, atau kamu sematkan di bagian tengah kepala.

Beri Komentar