5 Rutinitas Kecantikan yang Wajib Dilakukan Sebelum Memasuki Usia 30 Tahun

Reporter : Olivia Lidya Elsanty
Rabu, 15 Desember 2021 15:15
5 Rutinitas Kecantikan yang Wajib Dilakukan Sebelum Memasuki Usia 30 Tahun
Yuk, jaga kecantikan kulit sebelum terlambat.

Memasuki usia 30 tahun, biasanya banyak perempuan yang mulai khawatir mengenai kondisi kulit dan kecantikannya. Pasalnya, di usia-usia ini masalah kulit akan semakin kompleks.

Jika di usia 20-an, permasalahan kulit hanya berada di sekitaran jerawat, kulit berminyak, kering, atau muncul komedo. Namun di usia 30-an, masalah kulit akan bertambah dengan munculnya tanda penuaan dini, seperti garis halus, kerutan, hiperpigmentasi, pori-pori membesar, serta timbulnya bintik-bintik hitam.

Sebenarnya permasalahan kulit di usia 30-an ini bisa dicegah kok. Kuncinya yakni dengan melakukan 5 rutinitas kecantikan untuk menjaga kulit tetap sehat dan segar.

Lantas, apa saja rutinitas yang perlu dilakukan sedini mungkin? Berikut ulasan selengkapnya.

1 dari 6 halaman

1. Pakai gentle cleanser untuk bersihkan wajah

Ilustrasi Gentle Cleanser © Diadona

Melansir dari Cosmopolitan, jelang memasuki usia 30-an, sebaiknya kamu menggunakan gentle cleanser setiap pagi dan malam untuk membersihkan wajah.

" Harsh cleanser yang mungkin kamu gunakan untuk kulit berminyak di usia 20-an dapat menyebabkan kekeringan di usia 30-an. Sebaliknya, mulai gunakanlah gentle cleanser yang bisa menghidrasi kulit sekaligus membantu menjaga perlindungan kulit agar tetap sehat," ujar Joshua Zeichner, MD, seorang dermatologist yang berbasis di New York City.

2 dari 6 halaman

2. Gunakan sunscreen tiap hari

Ilustrasi Pakai Sunscreen © Diadona

Bukan rahasia lagi, penuaan dini juga bisa terjadi karena paparan sinar UV. Itulah sebabnya perlindungan kulit sejak dini harus dimaksimalkan. Melansir dari Vogue, gunakan skincare dengan UV protection atau SPF untuk hasil maksimal.

" Memakai sunscreen setiap hari adalah sebuah kewajiban. Pastikan untuk memilih sunscreen dengan spektrum luas yaitu SPF 30 atau lebih. Jika kamu berkegiatan di luar ruangan, pastikan untuk mengaplikasikan kembali sunscreen setiap satu hingga dua jam," ujar Alicia Barba, seorang dokter kulit yang berbasis di Miami, AS.

3 dari 6 halaman

3. Mulai pakai skincare dengan kandungan retinol

Ilustrasi Pakai Retinol © Diadona

Kandungan retinol dikenal kaya akan antioksidan sehingga ampuh melawan munculnya tanda-tanda penuaan, memudarkan bintik hitam akibat photoaging, hiperpigmentasi, serta bisa meningkatkan proses regenerasi sel dan kolagen.

Gunakan serum dengan kandungan retinol setiap malam usai mencuci wajah atau usai menggunakan toner. Kamu bisa juga mencampurkannya dengan pelembap agar kulit tidak terasa kering.

4 dari 6 halaman

4. Gunakan serum khusus

Ilustrasi Serum Vitamin C © Diadona

Sebagaimana permasalahan kulit yang makin kompleks, maka kamu pun harus menggunakan beragam produk perawatan untuk menjaga kulit tetap sehat. Salah satunya yakni serum vitamin C dengan kandungan antioksidan untuk melindungi kulit dari radikal bebas sekaligus meningkatkan produksi kolagen.

Bisa juga dengan memakai serum yang diperkaya hyaluronic acid untuk menjaga kelembapan dan elastisitas kulit. Hyaluronic acid bisa menghidrasi kulit dengan lembut dan mencegah timbulnya jerawat yang mungkin masih muncul di usia awal 30-an.

5 dari 6 halaman

5. Berinvestasi pada produk krim mata

Ilustrasi Pakai Eyecream © Diadona

Memasuki usia 30-an, kulit akan mengalami tanda penuaan termasuk di area sekitar mata. Perlu dipahami, kulit di bawah mata adalah salah satu yang tertipis, sheingga rentang mengalami kekeringan dan kerutan.

Itulah sebabnya, penting banget untuk menggunakan eye cream dengan kandungan gliserin, hyaluronic acid, serta niacinamide. Kandungan ini bisa membantu mencegah garis halus di sekitar mata, menjaganya tetap halus, lembap, dan cerah.

Beri Komentar