5 Kebiasaan Sepele ini Ternyata Jadi Penyebab Rambut Makin Tipis, Udah Tahu Belum?

Reporter : Olivia Lidya Elsanty
Sabtu, 20 November 2021 10:15
5 Kebiasaan Sepele ini Ternyata Jadi Penyebab Rambut Makin Tipis, Udah Tahu Belum?
Pengen rambut indah dan tebal, hindari kebiasaan berikut ini.

Memiliki rambut yang indah dan tebal jadi impian bagi kebanyakan perempuan. Banyak usaha dilakukan, salah satunya dengan menggunakan masker rambut yang kaya akan vitamin A, C, dan E.

Namun tanpa disadari, pertambahan usia bisa membuat rambut kian mengalami penipisan. Adanya pengaruh hormon dan bahan kimia pada produk perawatan rambut juga turut berpengaruh.

Selain itu, ada pula kebiasaan sepele yang ternyata bisa membuat rambut makin tipis. Melansir dari Bright Side, berikut deretan kebiasaan yang harus kamu hindari agar rambut tak semakin tipis.

1 dari 6 halaman

1. Sering terpapar sinar matahari

Ilustrasi Terpapar Sinar Matahari © Diadona

Berada di bawah sinar matahari dalam jangka waktu yang lama akan memengaruhi kondisi rambut dan kulit kepala. Biasanya, hal ini akan menimbulkan kerusakan di kulit kepala hingga membuat rambut jadi kering.

Efeknya, tentu rambut tidak bisa tumbuh dengan baik dan justru kehilangan nutrisi. Jika hal semacam ini terus berulang, maka rambut akan mulai mengalami kerontokan hingga menjadi tipis. Untuk menghindarinya, sebaiknya gunakan topi atau sunscreen yang khusus untuk rambut.

2 dari 6 halaman

2. Melewatkan sarapan

Ada kandungan protein atau keratin yang terkandung di dalam rambut. Saat kamu melewatkan sarapan sama halnya dengan 'menghilangkan' jatah nutrisi yang harusnya didapatkan oleh tubuh, salah satunya yakni protein.

Kurangnya asupan protein membuat rambut jadi lebih mudah patah hingga rontok. Hal ini kerap terjadi pada orang-orang yang mengalami diet ketat.

3 dari 6 halaman

3. Terlalu kencang mengikat rambut

Ilustrasi Perempuan Mengikat Rambut © Diadona

Bagi sebagian perempuan, menguncir rambut bisa jadi penyelamat saat rambut sedang lepek atau cuaca sedang panas. Namun tanpa disadari, kebiasaan ini juga bisa membuat rambut jadi lebih mudah mengalami penipisan.

Terlalu kencang mengikat rambut membuat akar rambut ditarik secara paksa, selain itu kulit kepala juga menjadi lemah. Efeknya, rambut tidak bisa tumbuh dengan baik atau yang lebih parah tidak bisa tumbuh lagi.

4 dari 6 halaman

4. Menggaruk kepala terlalu keras

Saat kulit kepala terasa gatal, tentu kita akan reflek menggaruknya hingga rasa gatal tersebut berkurang atau hilang. Namun ternyata, menggaruk terlalu keras bisa merusak kulit kepala loh!

Daripada menggaruk, kamu bisa menggantinya dengan memberi pijatan di area yang gatal. Meski lebih lama mengurangi rasa gatal, tapi cara ini lebih aman dan nggak menimbulkan penipisan. Penting juga menggunakan shampo anti jamur agar kulit kepala nggak mudah gatal.

5 dari 6 halaman

5. Keramas dengan air panas

Ilustrasi Keramas © Diadona

Membasahi rambut dengan air panas sangat tidak direkomendasikan karena bisa memberi dampak buruk pada rambut. Pasalnya, ada beberapa jenis shampo yang akan menghilangkan minyak pelindung rambut jika dikombinasikan dengan air panas.

Berkurangnya minyak rambut tentu membuat kulit kepala kembali bekerja keras untuk memproduksinya. Hal ini berdampak pada kerusakan akar rambut, menimbulkan kerontokan, penipisan, hingga kebotakan di suatu tempat. So, pakai air dingin atau hangat saja ya!

6 dari 6 halaman

Rambut tipis dan rontok memang bisa terjadi seiring pertambahan usia, namun kondisi tersebut akan semakin parah jika kamu melakukan kebiasaan-kebiasaan yang buruk untuk rambut dan kulit kepala. So, perlakukan rambut dan kulit kepala dengan lembut agar bisa tumbuh dengan indah dan lebat ya!

Beri Komentar