Beda dari Ombre, Ini Keunggulan Teknik Balayage dalam Pewarnaan Rambut

Reporter : Olivia Lidya Elsanty
Kamis, 25 November 2021 09:15
Beda dari Ombre, Ini Keunggulan Teknik Balayage dalam Pewarnaan Rambut
Ini alasan kenapa kamu harus coba teknik balayage.

Belakangan ini, teknik balayage cukup ramai diperbincangkan. Tampak mirip dengan ombre, ternyata balayage justru lebih memberikan kesan alami.

Balayage berasal dari kata 'balayer' dalam bahasa Perancis, balayage artinya menyapu. Sebutan ini dikaitkan dengan teknik pewarnaan pada rambut.

1 dari 4 halaman

Menurut Joel Warren, owner The Salon Project, balayage merupakan teknik pewarnaan rambut untuk memberikan efek highlight yang lebih alami. Teknik ini menambah dimensi dan warna yang indah pada rambut, sehingga tampak lebih cerah dengan gradasi yang kontras.

Balayage berbeda dengan ombre, karena menampilkan efek cerah yang lebih lembut dan terpadu dengan baik. Teknik pewarnaan ini juga tidak mengubah warna akar rambut, sehingga tampilan highlightnya menyerupai rambut yang terkena sinar matahari.

2 dari 4 halaman

Teknik Pewarnaan Rambut BalayageTeknik Pewarnaan Rambut Balayage © L'Oreal Professionnel

Melansir dari Good Housekeeping, balayage menjadi tren warna rambut masa kini. Selain karena hasilnya yang lebih bagus, balayage juga tidak membutuhkan banyak perawatan.

Bisa diubah sesuai preferensi

Teknik balayage memiliki proses yang berbeda, mulai dari penempatan, gradasi, hingga warnanya. Hal ini menyesuaikan warna asli, tekstur, dan ukuran rambut. Selain itu, teknik ini memungkinkan kamu untuk memilih warna yang sesuai dengan warna kulit aslimu. Pasalnya, beberapa warna bisa menekan fitur wajah tertentu.

Nggak membutuhkan perawatan yang ribet

Balayage menghasilkan warna yang lebih alami dan lembut, sehingga nggak membutuhkan perawatan lanjutan yang ribet. Kamu juga nggak perlu menghabiskan banyak waktu dan uang di salon untuk merawat rambut yang diwarnai. Dengan begini, rambut bisa terhindarkan dari kerusakan akibat heat styling.

3 dari 4 halaman

Melansir dari Glamour, ada beberapa ide balayage rambut yang bisa kamu coba:

1. Cool brown ditujukan bagi kamu yang memiliki rambut asli berwarna coklat, tapi nggak mau banyak mengubah warna. Bagian dasar akan dibiarkan asli, kemudian balayage highlights akan diaplikasikan pada beberapa helai rambut. Penambahan kesan glossy juga bisa bikin efek cerah pada rambut.

2. Ginger merupakan tipe balayage yang menampilkan warna rambut agak kemerahan. Bisa diaplikasikan pada rambut yang gelap, namun perlu dilakukan highlight 1-2 kali per tahun hingga rambut tampak kemerah-merahan.

3. Caramel mocha cocok banget dipakai oleh kamu yang memiliki rambut gelap. Teknik balayage ini akan menambah kecerahan rambut tenpa terlihat blonde. Biasanya, highlight akan dilakukan di helaian rambut yang ada di sekitar wajah dan di ujung rambut.

Beri Komentar