3 Cara Ampuh Lembapkan Kulit Super Kering Menurut Ahli

Reporter : Olivia Lidya Elsanty
Rabu, 10 Maret 2021 15:15
3 Cara Ampuh Lembapkan Kulit Super Kering Menurut Ahli
Nggak perlu ribet-ribet, cukup pakai 3 cara ini.

Salah satu jenis kulit yang sering disebut-sebut perlu perhatian khusus adalah kulit kering. Jenis kulit kering biasanya akan semakin kering usai mandi.

Salah satu cara yang kerap digunakan untuk mengatasi hal tersebut adalah dengan memakai pelembap. Namun kadangkala, kelembapan kulit nggak bisa bertahan lama.

Melansir dari Womantalk, seorang dokter kulit bernama Marisa Garshick, MD., membagikan 3 cara ampuh untuk merawat kulit kering dan menjaga kelembapannya. Seperti apa caranya, simak ulasan selengkapnya ya..

1 dari 4 halaman

1. Gunakan produk pelembap yang mengandung ceramide

Ilustrasi Pelembap © Diadona

Trik pertama yakni dengan memilih pelembap yang memiliki kandungan ceramide. Menurut dr. Marisa, ceramide merupakan molekul lemak alami yang dapat membantu melembapkan kulit super kering.

Kandungan ceramide cukup penting untuk pelindung kulit alami. Ceramide bisa mencegah hilangnya kandungan air dari kulit, sekaligus mengunci kelembapan.

Jika disimpulkan, ceramide akan menghindarkan kulit dari iritasi dan menjaganya agar tidak kering dan sensiitf.

2 dari 4 halaman

2. Pilih pelembap yang berbentuk krim atau salep

Ilustrasi Pelembap © Diadona

Cara kedua, yakni pilih pelembap yang berbentuk krim atau salep. Sebab, formula yang lebih kental biasanya lebih ampuh mengatasi kulit kering.

Pelembap berbentuk krim biasanya memiliki konsentrasi air yang lebih tinggi. Teksturnya yang lebih mudah dioleskan, dipercaya bisa memberikan lebih banyak kelembapan.

Sedangkan produk yang berbentuk salep, biasanya memiliki banyak kandungan minyak. Meski terkesan berat, tapi pelembap jenis ini lebih efektif mengatasi kulit kering dan pecah-pecah.

3 dari 4 halaman

3. Pakai sarung tangan atau kaus kaki

Ilustrasi Perempuan di Atas Ranjang © Diadona

Tips ketiga melibatkan bantuan sarung tangan dan kaus kaki. Akan lebih baik, jika kamu menggunakan sarung tangan atau kaus kaki semalaman usai memakai pelembap.

Dua benda tersebut akan berfungsi sebagai penghalang yang memerangkap kelembapan pada kulit. Jika dibiarkan semalaman, kulit akan lebih lembut dan halus keesokan harinya.

Beri Komentar