Sering Beraktivitas di Dalam Ruangan, Sebenernya Tetep Perlu Pakai Sunscreen Nggak Sih?

Reporter : Olivia Lidya Elsanty
Senin, 19 Oktober 2020 11:15
Sering Beraktivitas di Dalam Ruangan, Sebenernya Tetep Perlu Pakai Sunscreen Nggak Sih?
Kan nggak kena sinar matahari, emang tetep perlu ya?

Bukan rahasia lagi, sunscreen atau tabir surya adalah salah satu skincare yang wajib dimiliki dan digunakan oleh setiap perempuan. Pasalnya, sunscreen memang punya beragam manfaat untuk kecantikan, utamanya dalam membantu melindungi kulit dari paparan sinar matahari.

Sunscreen memang akrab banget buat cewek-cewek yang sering beraktivitas di luar ruangan. Tapi buat cewek-cewek yang lebih banyak di dalam ruangan, penggunaan sunscreen tetap perlu nggak sih?

1 dari 3 halaman

Menurut dr. Arini Astasari Widodo, Sp.KK, sunscreen itu perlu banget dipakai setiap hari. Entah beraktivitas di luar ruangan atau di dalam ruangan sekalipun, pemakaian sunscreen nggak boleh terlewatkan nih.

dr. Arini menyatakan bahwa radiasi bisa didapatkan saat di dalam rumah atau di dalam kantor sekalipun. Bahkan saat mendung sekalipun, ada pula sinar UV yang masih bisa menembus. Dan lagi, sinar UV nggak cuma berasal dari paparan sinar matahari secara langsung, tapi juga bisa lewat pantulan.

2 dari 3 halaman

Ilustrasi Penggunaan Sunscreen © Diadona

" UV, terutama UVA juga dapat menembus kaca jendela. Oleh karena itu kita harus hati-hati. Jadi disarankan untuk tetap memakai sunscreen di dalam ruangan," ungkap dr. Arini, seperti melansir dari Detik.com.

Sinar UVB membuat kulit menjadi merah karena terbakar, dan kondisi ini bisa mengarah pada kanker kulit. Sedangkan UVA membuat kulit mengalami pigmentasi dan penuaan.

3 dari 3 halaman

Secara garis besar, sinar UV memang merusak sel, merusak DNA, bahkan menyebabkan melanosit. Sehingga jika penggunaan sunscreen terlewatkan, maka risiko terkena kanker kulit dan melanoma bisa semakin meningkat.

Jadi, jangan lupa pakai sunscreen ya. Mau aktivitas di luar ruangan atau di dalam ruangan sekalipun, sunscreen tetap wajib dipakai!

Beri Komentar