19 Cara Merawat Wajah Berminyak Secara Alami pada Pria, Biar Kinclong dan Nggak Kucel

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Sabtu, 28 Desember 2019 17:37
19 Cara Merawat Wajah Berminyak Secara Alami pada Pria, Biar Kinclong dan Nggak Kucel
Cara merawat wajah sebenarnya nggak susah, cuman butuh telaten aja. Nah, itu tuh yang sulit!

Mengapa cara merawat wajah itu penting? Karena kulit wajah kamu adalah yang pertama terlihat saat kalian bertemu dengan orang. Wajah yang bersih, sehat dan tanpa jerawat dijamin bisa meningkatkan kepercayaan diri kamu banget.

Memulai kebiasaan merawat kulit wajah sejak usia muda akan berkontribusi pada kulit yang terlihat lebih muda di tahun-tahun mendatang. Anggap saja ini jadi salah satu investasi untuk dirimu sendiri. Cara merawat wajah pun juga sebenarnya tidak sulit lho, asalkan rajin dan telaten. Dikutip dari berbagai sumber, inilah 12 cara merawat wajah yang bisa kamu lakukan.

1 dari 4 halaman

Cara Merawat Wajah Secara Alami

Ilustrasi Lidah Buaya © Diadona

Cara merawat wajah sebenarnya bisa kamu mulai dengan bahan-bahan alami yang ada di rumah. Untuk kamu yang berkulit sensitif, perawatan secara alami bisa menghindarkan kamu dari potensi keluhan akibat nggak cocok dengan produk tertentu. Perawatan secara alami juga murah dan mudah.

Dirangkum dari berbagai sumber, cara merawat wajah alami dapat kamu lakukan dengan bahan dan langkah berikut.

Lidah Buaya

Tanaman ini seolah punya puluhan manfaat untuk tubuh, baik kecantikan maupun kesehatan. Kandungan polisakaridanya memberi manfaat melembabkan, anti radang dan memberikan perlindungan untuk kulit. Dari Elle.com, lidah buaya punya kandungan pitosterol untuk meredakan rasa gatal dan iritasi kulit sehingga kerap digunakan sebagai cara merawat wajah.

Madu

Mungkin kamu sudah pernah mendengar manfaat madu untuk berbagai hal, salah satunya sebagai cara merawat wajah. Menurut Livestrong, madu punya sifat dapat mengunci kelembaban kulit. Ditambah, madu juga bisa mencegah jerawat dan infeksi bakteri melalui sifat antimikroba yang dimiliki.

Kulit Pisang

Meski terdengar aneh, tapi kulit pisang memang punya manfaat untuk cara merawat wajah. Kulit pisang kaya antioksida, mineral dan vitamin yang dapat membantu regenasi sel dan menjadikannya sempurna untuk semua jenis wajah. Yang pasti, perawata dengan kulit pisang dilakukan dengan pisang yang sehat dan non-pestisida.

Gosokkan permukaan kulit pisang bagian dalam ke seluruh kulit kamu, sampai permukaannya berubah menjadi kecoklatan dan meninggalkan residu berlendir. Untuk perawatan anti-aging, biarkan kulit pisang di wajah kamu selama setengah jam. Bila sampai bersih dengan air hangat dan keringkan.

Tomat

Di dalam tomat ada kandungan kalium dan vitamin C yang tinggi, dan dapat mengubah kulit yang kusam menjadi cerah bercahaya. Karena sifat astrigennya, tomat membantu mengurangi kelebihan sebum pada permukaan kulit. Kulit akan terhindar dari komedo dan masalah lainnya.

Tomat dapat mengecilkan pori-pori yang terbuka, menunda penuaan dini hingga meredakan jerawat. Cara merawat wajah dengan tomat secara sederhana cukup dengan mengoleskan potongan tomat ke wajah, atau membuatnya menjadi masker. Hancurkan tomat sampai berbentuk seperti pasta, oleskan pada kulit, pijat sebentar dan diamkan selama beberap saat sebelum dibilas.

Banyak Minum Air Putih

Kulit kamu terdiri dari sel-sel yang membutuhkan air biar bisa berfungsi dengan baik. Salah satu penelitaian menyebut kalau ada hubungan antara banyak minumair putih dengan kulit yang senantiasa sehat.

Cara merawat wajah yang gampang banget, kan?

Makan Banyak Buah dan Sayur

Nggak cuman bagus untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan, buah dan sayur ternyata punya peran penting untuk kulit wajah kamu. dikutip dari Mayo Clinic, mengonsumsi lemak sehat, seperti minyak ikan, dan menjauhi makanan olahan dengan banyak pengawet mungkin memiliki hubungan langsung dengan kulit yang tampak lebih sehat.

Konsumsi Prebiotik

Konsumsi prebiotik ternyata penting banget

  • meningkatkan sistem kekebalan tubuh
  • meningkatkan pencernaan
  • mengurangi kembung dan peradangan di saluran pencernaan

Nggak cuman itu, sebuah penelitian ternyata menyebut ada hubungan antara prebiotik sebagai cara merawat wajah. Prebiotik disebut berkontribusi pada kesehatan rambut dan kulit yang tampak bercahaya juga.

2 dari 4 halaman

Cara Merawat Kulit Wajah

Cuci muka © Diadona

Mau tampil tanpa make up pun nggak akan masalah selama kulit kamu bersih. Kulit yang bagus membuat make up lebih menempel, dan tahan lama. Begini lho cara merawat wajah yang mungkin bisa membantu kamu mengatasi berbagai masalah wajah.

Rajin Mencuci Muka

Cara merawat wajah dengan membersihkan kulit secara teratur penting untuk kulit tampak sehat dan segar. Kalau kamu memakai make up, bersihkan make up terlebih dulu dengan pembersih, dan sabun akan mengangkat sisanya. Jangan lupa untuk memberikan perawatan pasca mencuci wajah untuk mempertahankan kelembaban alami kulit kamu.

Diet Sehat

Pola makan yang tidak sehat dapat berpengaruh buruk pada metabolisme, menyebabkan peningkatan berat badan, dan masalah di organ lainnya. Sebaliknya, diet makanan sehat akan berpengaruh ke salah satu organ kamu yaitu kulit.

Para ilmuan setuju kalau apa yang kamu akan berpengaruh signifikan terhadap kesehatan dan proses penuaan di kulit wajah kamu. Cara merawat wajah dapat kamu lakukan dengan mengurangi konsumsi susu, batasi jumlah gula yang masuk, dan tidak lupa banyak konsumsi buah dan sayur.

Double Cleansing

Mencuci muka seklai doang ternyata nggak cukup lho! Untuk memaksimalkan oembersihan wajah, gunakan metode double cleansing sesuai dengan jenis kulit kamu. 

3 dari 4 halaman

Cara Merawat Wajah Pria

Ilustrasi Cuci Muka © Diadona

Merawat wajah pada pria bukan berarti kehilangan sisi maskulinitasnya. Justru itu menandakan kalau kamu menyayangi dirimu sendiri. Berikut cara merawat wajah pria yang dapat kamu lakukan dengan sederhana.

Selalu Pakai Sunscreen

Meskipun sering berada di luar ruangan, namun para laki-laki masih cenderung mengabaikan penggunaan tabir surya untuk cara merawat wajah. Padahal tabir surya penting karena sinar matahari dapat merusak warna dan tekstur kulit kamu.

Tidak Merokok

Di luar kaitannya dengan paru-paru dan penyakit jantung, merokok sangat berhubungan dengan penuaan dini pada kulit. Ini karena asap tembakau menyebabkan stres oksidatif sehingga oksigen nggak cukup menyuplai ke kulit kamu. Dalam jangka panjang, kerutan di wajah akan muncul lebih cepat, kelopak mata yang kendur, kulit kering dan kasar serta warna kulit tidak merata.

Rutin Eksfoliasi Wajah

Nggak cukup cuci muka, cara merawat wajah pada pria adalah dengan melakukan eksfoliasi rutin. Dengan eksfoliasi ini, sel kulit mati dan kotoran yang menyumbat kulit akan terangkat sehingga wajah terlihat lebih cerah. Lanjutkan dengan toning dan moisturizing untuk memaksimalkan perawatan kulit kamu.

Jangan Begadang

Kata Haji Roma Irama, begadang nggak baik, bukan? Selain berpengaruh pada kesehatan, ternyata tidur larut berkaitan dengan kesehtaan kulit. Ini karena pada sat kita tidur, sel kulit sedang melakukan regenerasi.

 

4 dari 4 halaman

Cara Merawat Wajah Berminyak

Ilustrasi Wajah © Diadona

Sebenarnya minyak alami yang diproduksi oleh wajah berfungsi untuk menjaga kelembabab dan elastisitas. Namun saat jumlahnya berlebih, minyak tersebut dapat menyumbat pori-pori. Akibatnya, jerawat lebih rentan muncul. Berikut cara merawat wajah yang bisa kamu lakukan.

Memilih Pelembab yang Sesuai dengan Tipe Kulit Kamu

Biarpun wajah kamu sudah lembab karena minyak alami, bukan berarti kamu boleh melewatkan produk yang satu ini. Kuncinya, pilih produk yang sesuai. Menurut American Academy of Dermatology, cara merawat wajah untuk mereka yang punya kulit berminyak yakni dengan menggunakan pelembab yang ringan dan non komedogenik. 

Gunakan Toner

Cara merawat wajah berminyak bisa kamu lakukan dengan menambahkan toner dalam tahap perawatan kamu. Toner efektif untuk dalam menghilangkan sisa minyak dan kotoran juga mengurangi tampilan pori-pori yang membesar. Gunakan toner yang diformulasikan khusus untuk kulit berminyak.

Ilustrasi Masker Wajah © Diadona

Rajin Pakai Masker Wajah

Masker wajah dapat memberikan nutrisi tambahan untuk kulit kamu. Untuk kulit berminyak, cara merawat wajah bisa menggunakan madu dan oatmeal. Madu punya sifat antiseptik untuk melawan bakteri di wajah, sedangkan oatmeal punya kandungan saponin untuk membersihkan kulit.

Nah itu tadi cara merawat wajah yang bisa kamu coba untuk kulit kamu. Kalau kamu nih selama ini sudah rutin melakukan perawatan yang mana, dan gimana efeknya ke kulit kamu?

Astringent

Sebagai pemilik kulit berminyak, kamu kudu tahu produk untuk cara perawatan wajah ini. Astringent mengandung alkohol untuk membersihkan kotoran dan minyak berlebih di wajah. Kotoran yang hilang bakalan memberikan penampilan pori-pori yang mengecil dan juga wajah yang lebih kencang.

Face Paper

Lembaran kecil penyerap minyak ini adalah penyelamat saat muka kamu glowing karena terlalu banyak minyak. Usapkan face paper ke wajah, lalu tada! minyak di wajah sekietika akan berpindah ke kertas.

Beri Komentar