10 Penyebab Bibir Kering dan Hitam pada Wanita Serta Cara Mengatasinya

Reporter : Wicha Mashita
Rabu, 10 Juni 2020 14:21
10 Penyebab Bibir Kering dan Hitam pada Wanita Serta Cara Mengatasinya
Kenali penyebab bibir hitam yang mengganggu penampilan ini girls!

Tahu nggak sih, penyebab bibir hitam itu bisa karena kebiasaan sehari-hari yang kamu sepelekan loh! Hampir semua orang, atau mungkin kamu pasti mengidamkan bibir yang merah cerah alami kan? Bahkan nggak sedikit orang-orang yang rela melakukan perawatan mahal untuk mendapatkan warna pink pada bibirnya.

Salah satu penyebabnya bisa dikarenakan kelebihan melanin. Hayo ngaku, siapa nih yang sampai insecure karena warna bibirnya mulai menghitam? Tenang girls, kita akan bahas penyebab bibir hitam dan cara mengatasinya merangkum dari berbagai sumber.

1 dari 7 halaman

Penyebab Bibir Kering dan Hitam

Penyebab Bibir Hitam © Diadona
Kulit kita ini mendapatkan warna dari suatu pigmen yang disebut melanin. Nah kalau kekurangan melanin bisa membuat kulit menjadi lebih terang dan begitu sebaliknya. Kalau kelebihan melanin bisa membuat warna kulit jadi lebih gelap. Hal ini juga berlaku pada warna bibir kita girls.

Memang sih, warna bibir setiap orang itu berbeda-beda tapi ada loh kebiasaan-kebiasaan sehari-hari yang bisa jadi penyebab bibir jadi menghitam.

Terpapar Sinar Matahari


Kata siapa kalau sinar jahat matahari hanya berpengaruh pada kulit yang menjadi gelap? Bibir juga bisa berwarna gelap, kering dan pecah-pecah loh!

Merokok


Nggak hanya buruk untuk organ dalam tubuh, kebiasaan merokok juga jadi penyebab bibir kering dan hitam. Hal ini dikarenakan kandungan nikotin dan benzpyrene dalam rokok yang bisa mendorong produksi melanin.

2 dari 7 halaman

Kandungan Lipstik

Ilustrasi Joy Red Velvet © Diadona
Memakai lipstik juga perlu ditelusuri bahan-bahannya ya girls. Perhatikan pada label kemasan untuk menghindari kandungan isopalmityl duglyceryl sebacate, asam ricinoleic dan asam lemak dipentaerythritol dan tar batubara. Soalnya bahan-bahan tersebut bisa membuat bibir alergi dan jadi hitam.

Nggak Membersihkan Sisa Lipstik


Siapa nih yang masih malas-malasan membersihkan sisa make up termasuk lipstik? Jangan lagi deh, soalnya bahan kimia yang ada di lipstik bisa mengubah pigmen bibir menjadi gelap.

3 dari 7 halaman

Terlalu Banyak Kafein

Manfaat Kopi Untuk Mengurangi Risiko Diabetes © Diadona
Selain rokok, kandungan kafein pada kopi atau teh juga bisa membuat bibir jadi hitam. Soalnya kafein menyebabkan dehidrasi sehingga bibir kering dan pecah-pecah gitu girls!

Sering Menjilat dan Menggigit Bibir


Siapa nih yang punya kebiasaan ini? Nggak baik loh girls buat kesehatan bibirmu. Soalnya justru bisa membuat bibir kering dan jadi penyebab bibir hitam.

4 dari 7 halaman

Kehamilan

Ilustrasi Hamil © Diadona
Adanya perubahan hormon saat masa kehamilan juga mempengaruhi warna bibir yang menjadi lebih gelap. Nggak hanya bibir, tapi juga puting payudra, hidung, pipi bahkan dahi.

Mengalami Cedera


Cedera seperti memar bisa jadi penyebab bibir hitam secara sebagian saja atau seluruh sisinya menjadi berwarna hitam keunguan. Bibir juga bisa menjadi kering dan pecah-pecah.

5 dari 7 halaman

Obat-obatan dan Zat Kimia

Penyebab Bibir Hitam © Diadona
Mengonsumsi obat-obatan tertentu seperti antibiotik oral dan antimalaria serta kemoterapi bisa mengakibatkan hiperpigmentasi. Hal inilah yang jadi penyebab bibir hitam. Biasanya sih setelah masa pengobatan warna bibir akan kembali normal, tapi pada sebagian orang justru tidak.

Kurang Merawat Bibir


Nggak hanya kulit tubuh dan wajah yang butuh perawatan, bibir juga loh! Misalnya dengan melakukan eksfoliasi dan lip balm secara teratur.

6 dari 7 halaman

Penyebab Bibir Hitam dan Cara Mengatasinya

Ilustrasi Bibir © Diadona
Kalau tadi sudah membahas beberapa penyebab bibir hitam dari kebiasaan sehari-harimu. Sekarang kita kasih tips bagaimana cara mengatasinya ya! Selain rajin menggunakan lip balm yang ada kandungan SPF-nya, kamu juga bisa melakukan beberapa hal ini girls!

1. Menggunakan jeruk nipis sebanyak 1 1/2 sendok teh ditambah 1 sendok teh madu dan gliserin yang diaduk jadi satu. Jadikan masker tiap malam selama tidur untuk mendapatkan warna cerah pada bibir.

2. Menggunakan lemon juga bisa loh! Tingga diolehkan sebelum tidur lalu bersihkan di pagi harinya.

3. Selain jeruk nipis dan lemon, kamu juga bisa menggunakan gel lidah buaya. Lidah buaya ini bisa menghambat produksi melanin sehingga bibir menjadi cerah.

7 dari 7 halaman

Kamu cukup mengoleskan pada bibir setiap hari lalu setelah kering dibilas dengan air hangat. Mudah dan murah kan caranya girls? Eits.. tapi kalau warna bibirmu tetap gelap, mungkin bisa dikarenakan masalah kesehatan. Jadi coba periksakan ke dokter ya kalau cara-cara di atas tidak mempan.

Nah jadi itu tadi beberapa faktor yang jadi penyebab bibir kering dan hitam. Mulai sekarang perhatikan kesehatan bibirmu untuk tampil menawan dengan warna pink alami ya!

Beri Komentar