Penyebab Bibir Hitam pada Bayi Baru Lahir dan Cara Mengatasinya

Reporter : Wicha Mashita
Rabu, 10 Juni 2020 11:43
Penyebab Bibir Hitam pada Bayi Baru Lahir dan Cara Mengatasinya
Perlu waspada nih moms sama beberapa hal penyebab bibir hitam pada bayi ini.

Salah satu penyebab bibir hitam pada bayi baru lahir adalah karena kekurangan pasokan oksigen dalam darah. Yap, hal ini nggak bisa dianggap sepele moms. Dalam medis, kondisi bibir berwarna biru atau hitam ini disebut sianosis.

Merangkum dari berbagai sumber, kondisi sianosis pada bayi ini terutama ada di bagian atas bibir, area sekitar mulut dan selaput lendir. Hal ini bisa merupakan tanda yang serius dan nggak bisa dianggap remeh. Bahkan nggak hanya di bibir, tapi juga tangan dan kaki bayi berwarna lebih gelap.

1 dari 4 halaman

Penyebab Bibir Hitam pada Bayi Baru Lahir

Penyebab Bibir Hitam pada Bayi Baru Lahir © Diadona
Penyebab bibir hitam pada bayi yang utama ini karena kekurangan oksigen yang dibawa sel darah ke jaringan. Biasanya akan terlihat jelas bibir bayi berwarna kebiruan atau hitam pada bayi yang memiliki kulit cerah. Kalau pada bayi berkulit gelap, terlihat bibir dan gusi menjadi berwarna hitam.

Ada lagi penyebab lainnya dikarenakan hemoglobin terlalu sedikit di dalam darah. Padahal hemoglobin ini merupakan protein yang memiliki fungsi mengangkut oksigen dari paru-paru untuk disebarkan ke seluruh tubuh. Semakin rendah kadar oksigen dalam tubuh, maka semakin gelap dan hitam warna bibir si kecil moms.

Sebenarnya sih, bibir hitam pada bayi baru lahir itu wajar. Bahkan kadang sampai beberapa hari. Namun jika berlangsung terus-terusan perlu diwaspai moms. Bisa jadi tanda penyakit berbahaya, seperti gangguan pada jantung.

2 dari 4 halaman

Kalau bibir hitam pada bayi di bawah usia 2 tahun bisa jadi karena gejala dari respiratory syntical virus. Hal ini merupakan kondisi umum sebelum anak-anak memasuki umur 2 tahun. Tapi tetap harus waspada dengan periksa ke dokter ya moms, sebagai langkah awal menangani.

Selain hal-hal tersebut, penyebab bibir hitam pada bayi ini tergantung dengan jenisnya yang berbeda. Pada sianosis sentral yang umumnya warna kebiruan menyerang bibir, lidah dan kulit badan bisa karena:

1. Penyakit jantung bawaan

2. Masalah aliran darah dari paru-paru yang tersumbat

3. Penumpukan cairan di paru-paru dan gangguan hemoglobin.

3 dari 4 halaman

Sedangkan untuk jenis sianosis perifer bisa disebabkan karena:

1. Udara dingin

2. Bayi yang menangis sebentar setelah lahir

3. Syok, atau

4. Kejang berkepanjangan.

Biasanya di ujung tangan dan kaki akan berwarna kebiruan. Bibir hitam pada bayi lainnya juga bisa dikarenakan tersedak atau jalan napasnya sedang tersumbat moms.

4 dari 4 halaman

Penyebab Bibir Hitam dan Cara Mengatasinya

Penyebab Bibir Hitam pada Bayi Baru Lahir © Diadona
Memang sih moms, biasanya penyebab bibir hitam pada bayi baru lahir bukanlah hal yang serius. Namun tetap saja bukan suatu kondisi yang bisa diremehkan ya moms. Adapun gejala lain yang perlu diwasapadai pada si kecil untuk segera dibawa ke dokter, seperti:

1. Detak jantung yang semakin cepat

2. Berkeringat secara berlebihan

3. Kesulitan bernapas

Nah jadi itu tadi moms, penyebab bibir hitam pada bayi baru lahir maupun yang sudah di bawah usia 2 tahun. Kenali gejalanya dan konsultasikan pada dokter kalau terjadi terus-menerus ya!

Beri Komentar