13 Cara Menghaluskan Telapak Tangan dan Rekomendasi Hand Cream untuk Kulit Lembab Terlindungi

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Kamis, 15 Februari 2024 21:42
13 Cara Menghaluskan Telapak Tangan dan Rekomendasi Hand Cream untuk Kulit Lembab Terlindungi
Bukan nggak mungkin kamu punya telapak tangan yang halus walaupun sering melakukan pekerjaan rumah yang menggunung.

Bisa dibilang, seluruh beban pekerjaan yang kamu lakukan, bertumpu di tangan kamu. Mulai dari mencuci piring, memasak dan mencuci baju. Semua hal tersebut membuat kulit telapak tangan jadi terasa kasar. Padahal, kulit tangan kamu akan tersentuh orang saat kalian bersalaman.

Selain mempercantik kulit wajah, perhatikan juga kecantikan kulit kamu secara keseluruhan, termasuk kulit tangan.  Deretan langkah berikut ini merupakan cara menghaluskan telapak tangan yang bisa kamu lakukan sendiri di rumah beserat dengan rekomendasi produknya. Apa saja?

1 dari 7 halaman

Ilustrasi Tangan © Diadona

Secara lebih tepat, kulit telapak tangan terasa kering karena lapisan luar yang terganggu. Kulit dirancang untuk menahan kelembaban dan meremajakan diir secara alam.

Sayangnya, paparan sinar matahari, udara dingin, kotoran dan bahan kimia lain dapat secara bertahap merusak lapisan ini dan membuatnya nggak bisa lagi menahan kelembaban alami.

Apa penyebab kulit tangan jadi kering dan kasar?

Kulit tangan yang kering paling sering dipicu oleh faktor lingkungan. Dalam beberapa kasus, kondisi kesehatan dan iritasi tertentu juga dapat menyebabkan kulit atau tangan menjadi sangat kering. Penyebab utamanya pun berbeda-beda, ada penyebab dari cuaca dan lingkungan sekitar.

Cuaca menjadi salah satu penyebab kulit tangan kamu jadi kering dan kasar. Pada musim dingin, kulit kita cenderung lebih kering daripada musim lainnya. 

Selain faktor cuaca, ada faktor lingkungan seperti sabun dnegan formula bahan yang keras. Surfaktan yang kuat dalam deterjen dan sabun dapat menghilangkan minyak alami di kulit, sehingga bisa menyebabkan tangan menjadi sangat kering.

2 dari 7 halaman

Ilustrasi Tangan © Diadona

Lakukan sederet perawatan kulit tangan berikut ini buat bikin kulit kamu kembali halsu dan lembut :

Scrub Tangan Kamu dengan Gula Pasir

Setelah seharian bekerja, nggak ada salahnya melakukan scrub sebagai cara menghaluskan telapak tangan. Menurut bellatory.com , lulur sederhana ini bisa membuat tangan kamu terasa sepuluh kali lipat lebih halus hanya dalam waktu satu menit.

Bahan-bahan rumahan berikut bisa kamu gunakan dalam cara menghaluskan telapak tangan

  • 1 sendok minyak zaitun 
  • 1 sendok makan gula pasir

Campur kedunya, gunakan sebagai scrub telapak tangan. Dengan bantuan tangan yang lain, pijat telapak tangan dengan lembut. Gunakan gerakan meremas dan memutar dengan lembut selama 30 detik, lalu diamkan dan biarkan scrub meresap selama 30 menit. Selanjutnya, bilas hingga bersih.

Dalam cara menghaluskan telapak tangan di atas, minyak zaitun berfungsi untuk melembabkan sel kulit sementara gula pasir akan mengeksfoliasi dan mengelupas sel-sel tua yang kasar.

Campuran Petroleum Jelly dan Kaos Kaki

Kedua bahan ini bisa menjadi cara menghaluskan telapak tangan hanya dalam waktu satu malam. Kok bisa? petroleum jelly dikenal karena kemampuannya mengunci kelembaban seklaigus melembutkan telapak tangan.

Setelah melakukan aktivitas dan membersihkan tangan, oleskan petroleujm jelly ke telapak tangan, pijat sebentar lalu tutup dengan kaos kaki sampai tidur. Cara menghaluskan telapak tangan dengan kedua bahan bisa memberi jaminan kamu bakalan bangun dengan kulit tangan mulus keesokan harinya.

Beri Kelembaban yang Cukup

Tangan yang kasar dan kering membutuhkan kelembaban yang cukup. Ini berarti cara menghaluskan telapak tangan bukan dengan mencelupkannya di air, namun mengoleskan pelembab lebih sering sehingga ada cukup kelembababn untuk melembutkan tangan kamu.

Sebagai cara melembutkan telapak tangan, oleskan pelembab setidaknya dua kali sehari seusai mandi.

3 dari 7 halaman

Ilustrasi Tangan © Diadona

Aplikasikan Gel Lidah Buaya

Gel lidah buaya megandung kadar air tinggi sehingga bisa menghindrasi kulit kamu, menjadikannya lembut dan bisa kamu gunakan sebagai cara menghaluskan telapak tangan.

Kandungan vitamin E dan C nya sangat baik untuk kulit, baik untuk menghaluskn maupun menghilangkan bekas luka.

Scrub dengan Ampas Kopi

Melakukan scrub ampas kopi nggak cuman bisa sebagai cara menghaluskan telapak tangan, tapi akan menutrisinya.

Kopi punya kandungan antioksidan yang tinggi untuk mencegah kuman masuk ke dalam kulit. Untuk menggunakan ampas kopi sebagai cara menghaluskan telapak tangan, kamu cukup meratakan ampas tersebut selama 15 menit, gosok perlahan, lalu bilas dengan air dingin.

 

4 dari 7 halaman

Cara Menghaluskan Kulit Tangan © Diadona

Untuk kulit kasar hingga kapalan, rangkaian perawatannya tentu berbeda. dengan telapak tangan yang kering. 

Kapalan disebabkan oleh tekaan beruklang pada salah satu titik di kulit. Lapisan kulit ekstra tumbuh di area yang sakit tersebut hingga memebntuk tonjolan kulit yang keras. Nggak perlu khawatir, karena kapalan ini justru terjadi untuk melindungi kulit dari itritasi akibat gesekan tersebut.

Meski nggak butuh perawatan medis yang darurat, keberadaan kapal ini sering mengganggu dari sisi penampilannya. 

Rendam Air Hangat

Pertama sekaligus yang paling sederhana dalam cara menghaluskan telapak tangan yang kapalan, coba deh rendam tangan kamu di air hangat selama kurang lebih 20 menit. Setelah dikeringkan, lihat apakah lapisan kapal tersebut bisa kamu gosok dengan lembut menggunakan jari.

Scrub dengan Garam Epson

Meski terlihat tak beda jauh dengan garam yang biasa sebagai bumbu masak, garam epsom bukanlah garam biasa. Garam ini dikenal dengan khasiatnya karena kandungan magnesium dan sulfat dan baik untuk kesehatan.

Juga dikenal sebagai eksfoliator, garam epsom dapat sebagai cara menghaluskan telapak tangan sekaligus menghilangkan kapal. Butir halusnya akan melemaskan otot dan menenangkan kulit.

 

5 dari 7 halaman

Cara Mencegah Kulit Kasar dan Kering © Diadona

Cara Mencegah Kulit Tangan Kasar dan Kering

Terkadang pekerjaan yang kita lakukan dapat membuat tangan menjadi kering dan kasar. Kayaknya agak percuma deh kalau kamu melakukan rangakian cara menghaluskan telapak tangan tapi tak bisa melindunginya dari penyebab kulit jadi kering dan kasar.

Jadi, 

Lindungi Kulit Kamu

Sarung tangan dapat melindungi tangan dan membuat tetap lembut apalagi jika sedang musim dingin. Dengan mengenakan sarung tangan hangat, kulit tangan kamu akan terhindar dari hilangnya kelembaban dan menjaga minyak alami di kulit.

Pakai Sunscreen di Tangan

Kulit di tangan sama rentannya terhadap sinar ultraviolet matahari yang merusak seperti halnya kulit di bagian tubuh lainnya.

Oleskan tabir surya dengan SPF tinggi. Ini akan melindungi tanga dan membantu menjaga kulit tetap lembut dan kenyal.

Pakai Pelembab

Pelembab dapat menahan air di lapisan luar kulit. Maka dari itu, penggunaan lotion dibutuhkan agar tangan senantiasa lembab. Pelembab biasanya bertekstur lotion, gel, dan krim.

Beberapa bahan dalam pelembab yang direkomendasikan, terdiri dari almond oil, avocado oil, aloe vera gel, coconut oil, dan cocoa butter.

Gunakan Sabun Cuci yang Lembut

Mengingat formula sabun yang keras merupakan salah satu penyebab kulit kasar dan kering yang utama, nggak ada salahnya nih mencoba mengganti produk sabun yang kamu gunakan dengan produk dengan formula yang lebih lembut.

Oleskan Hand Cream

Sama halnya dengan mengoleskan toner dan pelembab setelah cuci muka, menggunakan hand cream untuk tangan juga punya manfaat yang sama, lho! Kamu mungkin sudah sering menggunakan lotion atau pelembab tubuh untuk bikin kulit lembab, tapi ternyata hal itu nggak cukup untuk bikin kulit kasar kamu kembali lembut lhoo!

Hand cream umumnya dibuat dengan formulasi yang lebih kaya dan lebih melembabkan, menyasar langsung ke kulit tangan kamu yang keras hingga kapalan.

6 dari 7 halaman

Dikutip dari berbagai sumber, berikut ini rekomendasi produk hand cream untuk bikin kulit tangan kamu yang kasar, kembali mulus dan lembut.

Aveeno Daily Moisturizing Hand Cream © Diadona

Aveeno Daily Moisturizing Hand Cream

Aveeno Daily Moisturizing Hand Cream diklaim mampu ngasih kelembapan selama 24 jam dan membantu melindungi tangan kamu dari kekeringan, bahkan setelah mencuci tangan.

Diformulasikan dengan kandungan oat yang menutrisi dan melindungi skin barrier sehingga menjaga tingkat hidrasi kulit kamu. Aveeno Daily Moisturizing Hand Cream juga menjaga mikroba almi di kulit tangan kamu sehingg akulit tangan jadi lebih sehat, bahkan sejak pemakaian pertama.

Formulasinya unik, tanpa pewangi, dan cocok buat kulit sensitif. Meskipun melembabkan dan bisa kamu gunakan sebagai cara menghaluskan telapak tangan, tapi Aveeno Daily Moisturizing Hand Cream ngga berminyak dan cerpat terserap.

Harga : Rp165.000

Rekomendasi Hand Cream - The Body Shop © Diadona

The Body Shop

Hand Cream dari The Body Shop katanya sih punya formula krim gel ringan yang cepat menyerap, membantu melembutkan dan melindungi tangan. Wanginya juga enak banget serta terdiri dari beragam varian yang bisa kamu sesuaikan dengan selera kamu.

Setelah diaplikasikan, Hand Cream dari The Body Shop bikin kuit kamu lembab tanpa meninggalkan rasa berminyak dan juga lengket di kulit tangan.

Rekomendasi Hand Cream - Viva Skin Food © Diadona

Viva Skin Food

Viva Skin Food memberikan nutrisi dan kelembaban kulit secara mendalam serta menjaga vitalitas kulit tubuh, termasuk untuk kulit kamu yang kering dan kasar. Mengandung Vitamin A yang berperan dalam regenerasi sel kulit, Vitamin E sebagai Anti Oksidan dan menjaga elastisitas kulit, Vitamin F dan Cholesterin untuk mencegah kekeringan kulit.

Harga : Rp7.100

Rekomendasi Hand Cream - Mutouch © Diadona

Mutouch Hand Cream

Mutouch Triple Care Hand Cream adalah produk perawatan tubuh sabun dan lotion berbahan dasar susu kambing. Produk ini mampu melembabkan, menutrisi serta mengandung vitamin yang dapat menjadikan kulit tangan lebih sehat dan tetap halus.

Berbeda dari produk hand cream dan body lotion kebanyakan, Mutouch memiliki kandungan minyak lebih tinggi sehingga menjaga kelembapan kulit bertahan lebih lama. Ukurannya compact banget jadi pas banget kalau dibawa kemana-mana.

Harga : Rp17.000

7 dari 7 halaman

Cara Menghaluskan Kulit Tangan © Diadona

Berapa lama waktu yang dibutuhkan buat bikin kulit jadi lembut kembali setelah rangkaian perawatan kulit telapak tangan?

Setelah kamu merawat kulit tangan dengan benar, kulit kering akan berangsur lembab. Pelembab yang baik akan membuat kulit terlihat lebih lembut dan kenyal dalam hitungan menit. Tapi untuk menjadikan kulit tangan kamu yang kasar jadi lembut, kamu membutuhkan waktu beberapa minggu dengan perawatan dan produk yang tepat.

Jangan lupa rutin oleskan pelembab dan hand cream setiap hari, apalagi bila kamu banyak bearktivitas di udara dingin. Untuk membuat produk perawatan kulti kamu bekerja lebih optimal, jangan ragu untuk menggunakannya di malam hari dan gunakan selama tidur untuk bikin kulit kamu lembut dan ternutrisi selama beberapa jam.

Penulis : Dhewi Bayu, Intan Lathifah

Beri Komentar