10 Rekomendasi Skincare untuk Kulit Berjerawat, Efektif Bikin Wajah Mulus dan Kembali Sehat

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Selasa, 13 Februari 2024 09:00
10 Rekomendasi Skincare untuk Kulit Berjerawat, Efektif Bikin Wajah Mulus dan Kembali Sehat
Muali dari toner, facial wash hingga sunscreen, gunakan rangkaian skincare yang ramah untuk kulit berjerawat

Punya kulit jerawat emang seringkali bikin pusing. Udah mencoba berbagai macam skincare, tetap nggak ampuh. Coba ngaku deh, siapa yang lagi mengalami hal ini? Perlu diakui, sih, kalau membasmi jerawat tuh nggak semudah itu. 

Selain memerlukan perawatan dengan skincare untuk kulit berjerawat, ada beragam langkah perawatan kulit lainnya yang nggak boleh kamu lewatkan, antara lain : 

  • Bersihkan wajah dengan rutin
  • Pastikan mengganti sarung bantal, seprai dan selimut kamu secara teratur
  • Kurangi makanan berminyak
  • Konsumsi makanan sehat kaya nutrisi
  • Hindari stres
  • Cukup istirahat
  • Rajin keramas

Nah, kalau kamu udah mencoba berbagai skincare, tapi ternyata hasilnya tetap sama, jangan-jangan permasalahannya ada pada rangkaian skincare kamu, tuh. trus skincare apa yang cocok untuk kulit berjerawat?

No need to worry, Diadona udah rangkumin beberapa step skincare routine buat kamu yang punya kulit berjerawat. 

 

1 dari 5 halaman

Bersihkan Wajah dengan Facial Wash

Perlu diingat, jerawat nggak selalu disebabkan oleh kotoran atau minyak berlebih pada kulit. Oleh karena itu, saat mencuci muka, do it gently. Jerawat merupakan kondisi peradangan, jika kamu membersihkan wajah secara berlebihan justru bikin kulit kamu iritasi.

Kamu bisa memilih pembersih wajah berbusa yang lembut dan  mengandung bahan anti jerawat. Gunakan produk dengan kandungan benzoyl peroxide atau salicylic acid. Saat membersihkan cukup oleskan menggunakan jari dan membilas dengan air secukupnya. Hindari penggunaan air panas karena dapat mengiritasi kulit.

Skincare untuk Kulit Berjerawat - Senka Perfect Whip Acne Care © Diadona

Senka Perfect Whip Acne Care

Produk face wash yang bisa kamu coba untuk mengatasi kulit berjerawat. Diperkaya dengan kandungan salicylic acid, Senka perfect whip acne care diklaim dapat membersihkan kotoran, sel kulit mati, hingga sisa makeup yang menjadi penyebab jerawat.

Selain itu, face wash yang satu ini juga dilengkapi dengan kandungan double hyaluronic acid yang bikin kulit kamu tetap lembab setelah cuci muka.

Harga: Rp89.000

Skincare untuk Kulit Berjerawat - Wardah Acnederm Pure Foaming Cleanser © Diadona

Wardah Acnederm Pure Foaming Cleanser

Nah, kalau skincare dari brand lokal ini dirancang khusus untuk kulit berjerawat. Selain untuk kulit berjerawat, produk ini juga bisa mencerahkan wajah serta menghilangkan sel kulit mati.

Dilengkapi dengan salicylic acid, produk lokal yang satu ini nggak boleh kamu lewatkan.

Harga: Rp26.000

2 dari 5 halaman

Menggunakan Toner Setiap Pagi dan Malam

Langkah kedua ini opsional, jadi kamu nggak harus melakukan langkah yang satu ini setiap harinya. Toner memiliki fungsi untuk membersihkan pori-pori hingga menghidrasi kulit. Jika kamu memilih untuk menggunakan toner, jangan lupa untuk menggunakan produk yang diformulasikan untuk kulit berjerawat. 

Skincare untuk Kulit Berjerawat - NPure Face Toner Centella AsiaticaSkincare untuk Kulit Berjerawat © Diadona

N’Pure Face Toner Centella Asiatica

Toner untuk kulit jerawat yang satu ini memiliki banyak kandungan dengan fungsi untuk melawan jerawat. Bahan-bahan tersebut, antara lain daun centella asli, teh hijau, 7 anti-acne plant extracts, niacinamide, dan tranexamic acid. Keistimewaan dari produk ini, selain digunakan sebagai toner, juga bisa kamu pakai sebagai masker wajah anti jerawat, lho!

Harga: Rp100.000

Skincare untuk Kulit Berjerawat - Emina Ms. Pimple Face Toner © Diadona

Emina Ms. Pimple Face Toner

Memiliki formula baru yang diperkaya dengan rosebay willowherbs extract, toner dari brand Emina ini diklaim mampu mengatasi kulit jerawat serta berminyak. Produk ini juga dapat melakukan langkah preventif pencegahan munculnya jerawat melalui kandungan zinc gluconate.

Last, nggak perlu khawatir sama kelembapan kulit karena Emina Ms. Pimple Face Toner juga dilengkapi glycerin yang memiliki fungsi untuk menjaga kelembapan kulit.

Harga: Rp33.000 

3 dari 5 halaman

Gunakan Obat Jerawat

Selain skincare routine, kamu juga bisa menggunakan obat jerawat. Sebagai permulaan, pilih obat jerawat yang dijual bebas dan dosis rendah. Biasanya, perawatan menggunakan obat bebas memerlukan waktu sekitar enam minggu untuk menunjukkan hasilnya.

Jika setelah enam minggu kamu masih belum melihat perubahannya, kamu bisa berkonsultasi dengan dokter kulit terkait permasalahan kulit yang kamu alami.

Skincare untuk Kulit Berjerawat - Acnes Medicated Sealing Jell © Diadona

 

Acnes Medicated Sealing Jell

Produk jerawat ini punya tekstur gel transparan yang bekerja dengan cara memperkecil dan mengurangi jerawat. Acnes medicated sealing jell juga mengandung antibakteri yang bisa melawan bakteri penyebab timbulnya jerawat. Produk ini bisa kamu gunakan setiap dua hingga tiga kali sehari setelah membersihkan wajah.

Harga: Rp16.100 - Rp27.800

Skincare untuk Kulit Berjerawat - Erha Acne Spot Gel © Diadona

Erha Acne Spot Gel

Selain bahan aktif niacinamide dan sulfur, Erha acne spot gel juga dilengkapi dengan Beta Hydroxy Acid atau biasa dikenal dengan BHA. Produk ini diklaim dapat mempercepat keringnya jerawat hingga satu jam.

Fungsi niacinamide pada produk ini untuk menyamarkan noda bekas jerawat. Aplikasikan produk ini satu hingga dua kali sehari dan biarkan mengering.

Harga: Rp75.400

4 dari 5 halaman

Aplikasikan Moisturizer

Banyak yang berpikir moisturizer nggak penting-penting amat buat orang dengan permasalahan kulit berminyak dan pori-pori tersumbat. Nyatanya, justru moisturizer merupakan komponen skincare paling penting yang menjaga keseimbangan produksi minyak pada kulit.

Pelembab juga bisa membantu kulit berjerawat untuk menoleransi obat jerawat. Salah satu hack saat memilih pelembab untuk kulit berjerawat adalah gunakan produk non-comedogenic dan bebas minyak.

Skincare untuk Kulit Kering - Somethinc Ceramic Skin Saviour Moisturizer Gel © Diadona

Somethinc Ceramic Skin Saviour Moisturizer Gel

Brand yang udah nggak asing di telinga kita ini punya moisturizer non-comedogenic, lho! Diklaim dapat menjaga kelembapan sampai 24 jam, Somethinc Ceramic Skin Saviour Moisturizer Gel juga punya fungsi untuk merawat skin barrier sekaligus menyamarkan noda hitam.

Produk ini memiliki tekstur gel dan cocok untuk kulit berjerawat.

Harga: Rp186.000

 

Skincare untuk Jerawat - Dear Me Beauty Skin Barrier Water Cream © Diadona

Dear Me Beauty Skin Barrier Water Cream

Merupakan produk 2 in 1, moisturizer ini diklaim dapat memperkuat skin barrier dan mengatasi jerawat. Formula dari produk ini water based sehingga diklaim dapat menghidrasi kulit dengan sensasi berair tanpa bikin kulit kamu terasa berminyak!

Pas banget, ‘kan, buat kamu yang punya permasalahan jerawat?

Harga: Rp129.000

5 dari 5 halaman

Jangan Lupakan Sunscreen!

Sunscreen adalah rangkaian perawatan kulit yang paling penting untuk digunakan. Menggunakan sunscreen dapat melindungi kulit kamu dari kerusakan akibat sinar UV. Nah, buat kamu yang punya kulit berjerawat, kamu bisa menggunakan sunscreen yang nggak menyumbat pori-pori atau memperparah jerawat.

Sunscreen untuk Kulit Berjerawat - Avoskin The Great Shield Sunscreen SPF 50 PA © Diadona

Avoskin The Great Shield Sunscreen SPF 50 PA++

Nggak menyumbat pori-pori, produk dari Avoskin ini justru mengurangi tampilan pori-pori. Dengan hasil akhir yang matte dan minimal whitecast kulit kamu bisa terlindungi dari paparan sinar UVA dan UVB yang bisa merusak kulit. Sunscreen ini juga bisa mencegah tampilan penuaan dini, lho.

Harga: Rp163.212

 

Skincare untuk Kulit Kering - Skin Aqua UV Moisture Milk © Diadona

Skin Aqua UV Moisture Milk

Sunscreen yang satu ini bisa digunakan untuk semua jenis kulit. Diperkaya dengan SPF 50+ serta PA+++, Skin Aqua UV Moisture Milk diklaim mampu memberikan perlindungan 50x lebih lama terhadap sinar UVB dan pencegahan penuaan dini melalui perlindungan terhadap sinar UVA.

Harga: Rp48.500

Meskipun jerawat kadang bikin capek dan nggak pede, tapi kamu nggak boleh menyerah gitu aja. Barangkali, setelah kamu mencoba rekomendasi skincare routine dan produk di atas, jerawat kamu bisa hilang? Keep fighting para acne fighter~

 Penulis : Alvita Maharani

Beri Komentar