Yuk Nikmati Megahnya Perayaan Tahun Baru Imlek 2022 di Chinatown Singapura dan Serangkaian Acara Virtual Menarik Lainnya dari Rumah Aja!

Reporter : Nasa
Jumat, 28 Januari 2022 16:00
Yuk Nikmati Megahnya Perayaan Tahun Baru Imlek 2022 di Chinatown Singapura dan Serangkaian Acara Virtual Menarik Lainnya dari Rumah Aja!
Deretan lentera berbentuk macan akan menghiasi jalanan Chinatown Singapura, serta adanya kolaborasi bersama seniman lokal untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya konservasi habitat binatang ini.

Siapa nih yang udah nggak sabar menunggu perayaan Tahun Baru Imlek untuk menikmati keindahan deretan lentera? Yup, momen ini memang identik dengan keindahan kerlap-kerlip lentera yang banyak dipasang di pusat keramaian. Dan, salah satu yang digelar dengan indah nan meriah adalah perayaan Tahun Baru Imlek menyambut tahun Macan Air di Chinatown Singapura. Perayaan ini telah berlangsung sejak 7 Januari hingga 22 Maret 2022 nanti.

Oh iya, selain itu, kamu sebagai pengunjung juga bisa nih mengikuti kemeriahan Chinatown Festival yang ada di Singapura ini secara virtual di akun Facebook Chinatown Festivals di mana Presiden Singapura, Madam Halimah Yacob, dan Mrs Josephine Teo selaku Menteri Komunikasi dan Informasi. Langsung menikmati acara bersama Presiden dan Menteri loh, istimewa bukan?

Apa yang membuat acara ini tak boleh dilewatkan begitu saja? Nah, Diadona bakalan ceritain nih apa aja event yang digelar dengan tema “Usher in a Roaring New Year” ini dan gimana suasana keseruannya.

1 dari 4 halaman

Perayaan Tahun Baru Imlek 2022 di Chinatown SingapuraPerayaan Tahun Baru Imlek 2022 di Chinatown Singapura © 2022 STB

Pertama, ada deretan lentera yang indah banget karena dirancang bekerja sama dengan mahasiswa dari Singapore University of Technology and Design (SUTD). Desainnya menampilkan harimau Bengal yang kekar berukuran 4,5 meter dan tinggi hampir 5 meter.

Lalu akan ada lebih dari 300 lentera membentang sepanjang 880 meter di Eu Tong Sen Street dan South Bridge Road. Akan ada 60 harimau yang semuanya dibuat oleh tangan para pengrajin berpengalaman dan pengunjung bisa mengagumi harimau agung ini dalam berbagai posisi yang berbeda, menampilkan dinamisme energik mereka. Mulai dari melompat, berjongkok, jalan dan lainnya.

2 dari 4 halaman

Perayaan Tahun Baru Imlek 2022 di Chinatown SingapuraPerayaan Tahun Baru Imlek 2022 di Chinatown Singapura © 2022 STB

Sebagai highlight, pandangan dan perhatian pengunjung akan ditarik oleh lentera berbentuk satu keluarga harimau yang menjulang setinggi 10,5 meter. Wow! Anak harimau nampak memegang batangan dan koin emas yang menggambarkan seni menjaga keberuntungan (??) untuk hari yang lebih baik.

Semua keindahan ini bisa dinikmati sejak 7 Januari kemarin hingga 2 Maret mendatang, dan akan terus berlangsung setiap harinya mulai pukul 7 hingga 12 malam waktu setempat.

3 dari 4 halaman

Perayaan Tahun Baru Imlek 2022 di Chinatown SingapuraPerayaan Tahun Baru Imlek 2022 di Chinatown Singapura © 2022 STB

Bergeser ke Kreta Ayer Square, ada kolaborasi pertama kali Temenggong Artists-in-Residence dan World Wide Fund for Nature (Singapore) menampilkan 12 patung harimau yang tak kalah memukau. Event ini hadir sampai tanggal 26 Januari nanti untuk meningkatkan kesadaran akan konservasi harimau yang keberadaanya mulai mengkhawatirkan.

Chinatown Wishing Tree”, sebuah pohon ikonik di Chinatown Point di mana orang-orang menempelkan harapan mereka di tahun baru, bakalan hadir juga lho. Semua orang berkesempatan buat menulis keinginan mereka dan digantungkan pada pohon ini dengan cuman membayar kartu seharga $2 saja. Uang yang terkumpul kemudian akan didonasikan kepada warga kurang mampu yang tinggal di Komunitas Kreta Ayer–Kim Seng.

Acara ini nggak cuman bisa dinikmati langsung saja. Ada juga nih beragam aktivitas online yang menarik dan mengasyikkan yang cocok banget untuk belajar lebih jauh tentang tradisi dan budaya Tahun Baru Imlek. Diantaranya, live streaming pertunjukan Getai, tutorial step-by-step melipat origami harimau dan beajar membuat hidangan khas Tahun Baru China, Pen Cai, yang dihadirkan oleh koki berpengalaman. 

4 dari 4 halaman

Mengunjungi perayaan kurang lengkap tanpa kegiatan berbelanja, kan? Nah, pengunjung bisa membeli barang-barang Tahun Baru Imlek ukuran sampel di mesin penjual otomatis yang ditunjuk di stand Shopee sepanjang Smith Street. FYI nih, ini merupakan kolaborasi tahun kedua Chinatown Festivals Organizing Committee dengan platform belanja online terbesar di Indonesia tersebut. Ada pula kesempatan memenangkan berbagai penawaran hadiah eksklusif dan undian yang menarik.  

Buat info lebih detail mengenai rangkaian acara Tahun Baru Imlek Chinatown Singapura 2022, kamu bisa klik tautan berikut ini.

Oh iya, merayakan Tahun Baru Imlek kurang lengkap rasanya tanpa hidangan khas yang biasa disantap bareng keluarga di momen ini, yakni kue keranjang atau nian gao dan steam whole fish. Biar kedua hidangan tersaji dengan lezat di meja makanmu, yuk intip video dari Singapore Tourism Board bersama Chef Jeje berikut ini ya.

Beri Komentar