Suasana Syahdu di Pantai Banyu Meneng, Surga Tersembunyi dari Malang Selatan

Reporter : Bagus Prakoso
Senin, 18 Oktober 2021 14:00
Suasana Syahdu di Pantai Banyu Meneng, Surga Tersembunyi dari Malang Selatan
Banyu Meneng menjadi salah satu pantai yang jarang terjamah oleh wisatawan.

Malang Selatan memang menjadi surga untuk pantai-pantai laut selatan di Jawa Timur. Mulai dari pantai Balekambang, Gatra, Kondang Merak, dan masih banyak lagi. Semua menyimpan keindahan yang tak dimiliki oleh pantai lainnya.

Pantai Selatan dikenal memiliki ombak yang besar dengan embusan angin yang kencang. Tak heran jika pantai selatan jadi tempat wisata yang berbahaya jika tanpa pengawasan. Meskipun begitu, wisata pantai Selatan tetap menjadi pilihan masyarakat ketika hendak melepas penat sembari menikmati deru ombak.

Dari sekian banyak pantai Selatan yang ada di Kabupaten Malang, salah satu yang kini menjadi perbincangan adalah Pantai Banyu Meneng. Seperti apa sih keindahan pantai Banyu Meneng ini? Apa bedanya dengan pantai di Malang Selatan lainnya? Yuk kita telusuri!

1 dari 4 halaman

Pantai Banyu Meneng

Pantai Banyu MenengPantai Banyu Meneng © diadona.id/Bagus Prakoso

Pantai Banyu Meneng ini masuk dalam kawasan Desa Bandungrejo, Kecamatan Bantur, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Letak pantai ini hanya 100 meter dari pantai Kondang Merak.

Pantai Banyu Meneng memiliki suasana yang hening. Sesuai dengan namanya, " Banyu Meneng" memiliki arti " Air yang Tenang" . Ombak di pantai Banyu Meneng tak sebesar ombak di pantai selatan pada umumnya. Hal ini terjadi karena ombak-ombak dari tengah laut yang terhalang oleh karang-karang raksasa yang seakan menjadi pelindung pantai Banyu Meneng.

Selain ombaknya yang tenang, pasir pantainya juga bersih karena memang pantai Banyu Meneng ini belum sepopuler pantai-pantai selatan yang ada di Kabupaten Malang.

2 dari 4 halaman

Fasilitas Pantai Banyu Meneng

Pantai Banyu MenengPantai Banyu Meneng © diadona.id/Bagus Prakoso

Di Pantai Banyu Meneng ini, kamu gak hanya bisa berenang dan menikmati pantainya saja, namun, ada beberapa spot yang bisa dijadikan tempat berfoto yang seru banget. Beberapa bukit karang yang cantik bisa jadi background yang pas untuk spot foto.

Beberapa fasilitas pendukung sudah tersedia seperti kamar mandi, warung, dan juga mushola. Sayangnya, masih belum ada penginapan yang tersedia di sekitar pantai.

Namun, jangan khawatir. Jika kamu ingin menginap di Pantai Banyu Meneng, di sini tersedia penyewaan tenda untuk camping di sini.

3 dari 4 halaman

Rute Menuju Pantai Banyu Meneng

Pantai Banyu MenengPantai Banyu Meneng © diadona.id/Bagus Prakoso

Jika kamu berangkat dari pusat Kota Malang, kamu bisa berjalan ke arah selatan menuju Gadang. Setelah itu ikuti petunjuk arah menuju Bululawang. Sesampainya di di pertigaan Krebet, ikuti petunjuk arah menuju Gondanglegi atau Pantai Balekambang.

Nah, setelah sampai di perempatan Jalur Lintas Selatan Balekambang, belok kanan. Kemudian lanjutkan perjalanan sekitar 5 KM hingga anda menemukan pintu masuk menuju Pantai Kondang Merak.

Jalan untuk menuju Pantai Banyu Meneng ini cukup terjal dan menyulitkan. Jalan akan semakin sulit ketika hujan datang, karena jalannya menjadi becek dan berlumpur. Namun, semua akan terbayar ketika kamu melihat ombak lautan sembari mendengarkan deru ombak.

Untuk harga tiketnya mulai dari Rp 10.000 hingga Rp 15.000. Cukup murah, bukan?

Beri Komentar