Mengintip Tower of Silence, Menara Kematian Tempat Meletakkan Jenazah Tanpa Dikubur

Reporter : Bagus Prakoso
Sabtu, 25 April 2020 08:20
Mengintip Tower of Silence, Menara Kematian Tempat Meletakkan Jenazah Tanpa Dikubur
Mayat dibiarkan hingga dimakan oleh burung pemakan bangkai.

Tower of Silence ini adalah nama dari menara yang berada di Malabar Hills, Mumbai Selatan, India. Bangunan ini memiliki bentuk lingkaran dengan satu lubang kecil di tengahnya.

Namun ini bukan bangunan berbentuk lingkaran biasa. Melainkan adalah tempat pemakaman. Ya, jenazah diletakkan di sana begitu saja hingga menjadi makanan untuk burung pemakan bangkai.

1 dari 1 halaman

Tower of Silence © Diadona

Ternyata bangunan ini dipakai oleh penganut kepercayaan Zoroastrian. Bangunan ini difungsikan sebagai tempat pemakaman. Namun nggak semua orang dimakamkan di tempat ini. Hanya orang-orang terkutuk dan dianggap tidak suci yang akan diletakkan di menara ini.

Hal ini bukan tanpa sebab, mereka tidak sudi jika harus mengubur ataupun membakar mayat para pendosa ini. Mayat akan dibawa ke atas menara dan diletakkan di sana begitu saja. Setelah itu dibiarkan hingga dimakan oleh burung pemakan bangkai.

Tower of Silence © Diadona

Setelah itu, yang tersisa hanyalah tulang belulangnya saja. Setelah mayat menjadi tulang belulang, tulang-tulang ini akan dimasukkan ke dalam lubang yang berada di tengah menara.

Berani untuk mengunjungi tempat ini?