Prediksi Tren Pariwisata Tahun 2022, Wisata Alam Bakal Tetap Diminati?

Reporter : Bagus Prakoso
Selasa, 4 Januari 2022 19:39
Prediksi Tren Pariwisata Tahun 2022, Wisata Alam Bakal Tetap Diminati?
Gimana sih tren wisata tahun 2022 nanti?

Pandemi Covid-19 yang sudah terjadi hampir 2 tahun ini memang berdampak pada berbagai sektor industri. Baik industri mesin, kuliner, bahkan hingga industri pariwisata.

Hampir semua tempat wisata yang bergantung pada pengunjung dan wisatawan harus tutup untuk menghindari kerumunan dan memutus rantai penyebaran virus Covid-19. Akibatnya beberapa industri pariwisata harus mengurangi pegawainya bahkan sampai harus tutup.

Namun, lambat laun, industri pariwisata mulai bangkit kembali. Masyarakat mulai mengikuti aturan wisata yang harus disesuaikan dengan kondisi pandemi saat ini. Dari sinilah, tren-tren wisata baru saat pandemi muncul.

Melihat kondisi di tahun 2022 mendatang, berikut adalah prediksi tren wisata tahun 2022 dilansir dari berbagai macam sumber.

1 dari 5 halaman

1. Wisata Alam

Air Terjun Tumpak SewuAir Terjun Tumpak Sewu © instagram.com/tumpak_sewu

Melansir dari berbagai sumber, wisata alam jadi yang paling diminati saat pandemi. Adapun beberapa wisata alam seperti gunung ataupun pantai.

2 dari 5 halaman

2. Bepergian dalam Kelompok Kecil Melalui Jalur Darat

Ilustrasi Wisata Jalur DaratIlustrasi Wisata Jalur Darat © unsplash.com/Leio McLaren

Melansir dari Kompas, bepergian dalam kelompok kecil diperkirakan masih bakal diminati pada tahun 2022. Tren inipun terjadi karena pandemi Covid-19. Bepergian dalam kelompok kecil dirasa jauh lebih aman untuk menghindari penyebaran virus Covid-19.

Jalur darat pun diprediksi bakal lebih diminati. Selain lebih murah, hal ini juga didukung oleh infrastruktur yang semakin memadai. Selain itu, jalur udara dirasa sangat banyak syarat seperti tes PCR dan lain sebagainya.

Melansir dari sumber lain, wisata melalui jalur darat juga berdampak positif untuk lebih banyak orang karena wisatawan menghabiskan lebih banyak waktu di jalan. Sebelum tiba di tujuan, wisatawan bisa singgah ke tempat makan atau istirahat di penginapan sebelum melanjutkan perjalanan.

3 dari 5 halaman

3. Wisata Domestik

Ilustrasi BorobudurIlustrasi Borobudur © https://mba-sensational.com/

Kondisi pandemi yang masih belum seratus persen berakhir ini menekan wisatawan untuk berlibur ke luar negeri. Hal ini membuat berwisata dalam negeri menjadi alternatif yang terbaik.

Dengan lebih menekankan kepada wisata domestik, wisatawan lokal akan semakin mengenal wisata yang berada di negerinya sendiri.

4 dari 5 halaman

4. Wisata Outdoor

Ilustrasi PiknikIlustrasi Piknik © unsplash.com / Jonathan Borba

Wisata outdoor diperkirakan bakal tetap digemari masyarakat di tahun 2022 ini. Selain wisata alam, wisatawan bisa berwisata dengan konsep outdoor seperti piknik dan lain sebagainya.

5 dari 5 halaman

5. Wisata dengan Konsep Akomodasi Unik

The RigThe Rig © odditycentral.com

Konsep wisata dengan akomodasi yang unik diprediksi bakal diburu oleh masyarakat di tahun 2022. Masyarakat diperkirakan akan memburu konsep-konsep wisata dengan pengalaman seru seperti hotel tengah laut, penginapan kecil di tempat-tempat sepi, dan lain sebagainya.

Melihat dari wisatawan yang cenderung akan mencari tempat yang tak banyak pengunjung untuk mengurangi risiko penularan virus. Selain itu, pelaku bisnis akomodasi harus bisa beradaptasi dan menghadirkan pengalaman baru yang otentik untuk para wisatawan.

Beri Komentar