10 Tempat Wisata Kediri yang Nggak Boleh Kamu Lewatkan, Lengkap Sajikan Keindahan Alam hingga Budaya

Reporter : TIM MAGANG ASIK
Senin, 27 November 2023 10:17
10 Tempat Wisata Kediri yang Nggak Boleh Kamu Lewatkan, Lengkap Sajikan Keindahan Alam hingga Budaya
Tempat-tempat ini terlalu sayang jika dilewatkan~

Kediri menjadi salah satu Kota/Kabupaten di Jawa Timur yang belum banyak mendapat sorotan, padahal tempat wisata Kediri menawarkan banyak pilihan. Menjelajah kota ini, kamu akan menemukan beragam tempat wisata, mulai dari nuansa alam, budaya, sejarah, hingga religi.

Ada beberapa rekomendasi tempat wisata Kediri yang wajib untuk disambangi, jika kamu berencana untuk mampir ke kota ini. Banyak tempat wisata yang harga tiketnya sangat terjangkau, cocok untuk liburan keluarga, bahkan menawarkan pemandangan yang instagramable.

Yuk, simak ulasan selengkapnya!

1 dari 11 halaman

Simpang Lima Gumul

Simpang Lima Gumul © Diadona

Monumen megah yang menjadi ikon Kabupaten Kediri dan salah satu spot wisata Kediri yang wajib dikunjungi, apalagi kalau bukan Simpang Lima Gumul. Dinamakan demikian karena lokasinya yang berada di tengah bundaran persimpangan lima jalan. Daya tariknya berada pada desain arsitekturnya yang menyerupai Arch D’Triomphe yang ada di Perancis. 

Diresmikan tahun 2008, monumen ini memiliki luas bangunan 184 meter persegi, tinggi 25 meter dan terdiri dari 6 lantai yang ditumpu 3 anak tangga setinggi 3 meter. Uniknya angka luas dan tinggi ini ternyata mencerminkan hari jadi Kabupaten Kediri yaitu 25 maret 804 Masehi. 

Sebagai salah satu ikonik Kediri, monumen ini tidak pernah sepi dan menjadi tempat favorit wisata masyarakat untuk berkumpul serta bersantai, terlebih saat malam hari. Selain itu, banyak hal lain yang bisa dilakukan di sini seperti belajar sejarah, kulineran dan pastinya berburu foto instagramable

Lokasi : Tugurejo, Kecamatan Ngasem, Kabupaten Kediri, Jawa Timur
Jam operasional : Buka 24 jam
Harga tiket : Gratis

 

2 dari 11 halaman

Goa Selomangleng

Goa Selomangleng © Diadona

Jika kamu suka wisata sejarah, Goa Selomangleng bisa menjadi destinasi wajib untuk kamu kunjungi dengan berlatar belakang sejarah Kerajaan Erlangga. Nama Selomangleng memiliki arti yang terdiri dari dua kata yaitu selo berarti batu dan mangleng berarti miring, penamaan ini berdasarkan posisinya yang tampak seperti miring. 

Goa selomangleng sebetulnya adalah goa buatan yang dibuat menggunakan batu andesit hitam. Terletak di kaki Gunung Klotok sehingga lokasi ini memiliki keindahan alam yang indah dan udara yang masih sangat sejuk. 

Menurut kepercayaan warga setempat, goa ini adalah tempat bertapa Dewi Kilisuci yang merupakan putri mahkota Raja Erlangga yang menolak menjadi pewaris tahta kerajaan. Banyak hal yang bisa kamu lakukan di sini diantaranya mengeksplor goa selomangleng, belajar sejarah di Museum Erlangga, bermain dan berenang, dan pastinya hunting spot foto menarik.

Lokasi : Jl. Selomangleng, Pojok, Kecamatan Mojoroto, Kota Kediri, Jawa Timur
Jam Operasional : Buka setiap hari dari jam 07.00 - 17.00
Harga Tiket : Rp. 5.000/orang

 

3 dari 11 halaman

Gereja Katolik St. Maria, Puhsarang

Gereja Katolik St. Maria, Puhsarang © Diadona

Selain wisata alam, Kediri juga memiliki wisata religi yang tidak kalah menarik. Gereja yang satu ini memiliki arsitektur yang cukup unik dengan memadukan budaya Jawa dan Katolik dengan nuansa yang kental. Hal tersebut terlihat dari banyaknya ukiran pada dinding dan atap gereja yang membuat tempat ini terbilang cukup sakral. 

Hal ini tercermin dengan adanya tulisan ikonik yang ditulis dengan bahasa jawa namun ejaan Belanda yang berbunyi 'Iboe Maria ingkang pinoerba tanpa dosa asal, moegi mangestonana kawoela ingkang ngoengsi ing Panjenengan Dalem'. Yang artinya Bunda Maria yang terkandung tanpa noda dosa asal, doakan lah aku yang datang berlindung kepada-Mu.

Gereja  Puhsarang yang beraliran Katolik Roma ini masih dalam satu kawasan yang sama dengan komplek Gua Maria Lourdes. Selain gereja antiknya yang menjadi ikon, di kawasan ini juga terdapat hal unik yaitu tiga patung Maria, tiga jalan salib dan tiga pondok rosario yang tidak kalah ikonik. 

Lokasi : Desa Puhsarang, Kecamatan Semen, Kabupaten Kediri, Jawa Timur
Jam Operasional : Buka setiap hari dari jam 08.00 - 18.00
Harga Tiket : Gratis

 

4 dari 11 halaman

Gunung Kelud

Gunung Kelud © Diadona

Secara geografis, letak Gunung Kelud berada di antara tiga Kabupaten yaitu Kediri, Blitar dan Malang. Namun boleh lah ya kita masukkan dalam daftar wisata Kediri kali ini. 

Satu hal unik yang akan kamu temukan di perjalanan menuju Gunung Kelud ialah sebuah jalan bernama mystery road, yang memiliki kekuatan gravitasi membuat kendaraan berjalan sendiri walaupun dalam keadaan mati. 

Walaupun hiking adalah aktivitas yang populer jika membahas wisata pegunungan. Gunung Kelud menawarkan berbagai aktivitas menarik yang bisa dinikmati oleh segala kalangan. 

Setidaknya terdapat tiga zona yang ditawarkan, yakni zona sirkuit kelud yang menawarkan konsep sporty dan memacu adrenalin seperti hiking. Zona agrowisata margomulyo, yang menawarkan view hamparan taman bunga yang cantik. Terakhir zona produksi, yang menawarkan area kuliner dan oleh-oleh. 

Lokasi : di perbatasan Kabupaten Kediri, Kabupaten Kediri dan Kabupaten Malang
Jam Operasional : Buka setiap hari dan 24 jam
Harga Tiket : Rp. 10.000/ orang

 

5 dari 11 halaman

Gua Maria Pohsarang

Gua Maria Pohsarang © Diadona

Satu lagi wisata religi yang ada di kediri, yakni Gua Maria Pohsarang. Gua ini adalah salah satu wisata ziarah bagi penganut agama katolik yang berada di satu komplek Gereja Puhsarang. Gua ini sering dijuluki dengan nama Gua Maria Lourdes Pohsarang karena dianggap mirip dengan sanctuary of lourdes yang terdapat di Perancis. 

Tidak hanya diperuntukan untuk umat beragama katolik saja, goa ini juga terbuka untuk umum sebagai sarana rekreasi. Salah satu ikon menariknya yaitu replika bunda maria yang ada di bagian mulut gua membuat tempat ini menjadi sangat sakral. 

Terletak di lereng gunung wilis dan dikelilingi pepohonan rindang, membuat suasana goa maria pohsarang terasa sangat sejuk dan tenang. Hal lain yang menjadi daya tarik wisata di Kediri ini ini adalah adanya air suci yang dipercaya memiliki khasiat sehingga banyak masyarakat yang sengaja datang untuk mengambil air tersebut. 

Lokasi : Dusun Sukorame, Desa Puhsarang, Kecamatan Semen, Kabupaten Kediri, Jawa Timur
Jam Operasional : Buka setiap hari dan 24 jam
Harga Tiket : Gratis

 

6 dari 11 halaman

Klenteng Tjoe Hwie Kiong

Klenteng Tjoe Hwie Kiong © Diadona

Menjadi salah satu cagar budaya Jawa Timur, klenteng tjoe hwie kiong menjadi salah satu situs yang dilindungi di kota Kediri. Klenteng ini sering disebut juga sebagai klenteng Tri Dharma karena digunakan oleh tiga penganut agama sekaligus yakini Tao, Budha dan Konghucu. 

Klenteng yang didirikan sejak tahun 1895 ini memiliki nilai sejarah yang cukup panjang dan menarik untuk dikunjungi. Namun, jika kamu ingin berkunjung ke sini harus ingat bahwa kamu perlu mengikuti setiap aturan yang ada sebagai wujud menghormati dan toleransi ya. 

Lokasi : Jl. Yos Sudarsi No 148, Kediri, Jawa Timur
Jam Operasional : Buka setiap hari dari pagi hingga malam
Harga Tiket : Gratis

 

7 dari 11 halaman

Kediri Town Square, Wisata Mall di Kediri

Kediri Town Square © Diadona

Buat kamu yang hobinya berbelanja. Kediri tidak hanya memiliki wisata alam dan sejarah, namun juga memiliki pusat perbelanjaan yang menarik untuk dikunjungi. Kediri Town Square menjadi salah satu mall terbesar yang ada di Kediri dengan luas 16.000 meter persegi. 

Mall yang satu ini menyediakan banyak tenant yang sangat beragam mulai dari fashion hingga makanan. Menjadi tempat populer hangout oleh masyarakat Kediri, mall yang satu ini bisa banget jadi pilihan untuk kamu kunjungi saat berada di Kediri. 

Lokasi : Jl. Hasanudin No. 2, Baloerti, Kediri Jawa Timur
Jam Operasional : Buka setiap hari dari jam 11.00 - 22.00

 

8 dari 11 halaman

Petirtaan Tirto Kamandanu

Petirtaan Tirto Kamandanu © Diadona

Kediri mempunyai wisata air yang cukup terkenal dan sangat populer. Petirtaan tirto kamandanu adalah sebuah mata air yang dianggap suci yang digunakan pada masa pemerintahan Sang Prabu Sri Aji Jayabaya. Selain digunakan sebagai tempat pemandian, air suci ini juga digunakan untuk keperluan pengunjung atau peziarah sesuai keyakinan. 

Lokasi wisata ini banyak dikunjungi terutama saat bulan Suro, karena dianggap waktu yang tepat untuk meraih berkah. Tidak hanya masyarakat biasa, tempat ini juga ramai dikunjungi oleh para calon kepala daerah atau legislatif terlebih saat masa pemilihan legislatif atau kepala daerah. 

Lokasi : Menang, Pagu, Kabupaten Kediri, Jawa Timur
Jam Operasional : Buka setiap hari dan 24 jam
Harga Tiket : Bayar sukarela

 

9 dari 11 halaman

Wisata Kampung Indian

Wisata Kampung Indian © Diadona

Salah satu wisata baru dan hits di Kediri yang wajib kamu kunjungi adalah wisata kampung indian. Buat kamu yang hobi berburu foto instagramable tempat yang satu ini adalah surga karena banyak spot menarik dan bisa foto sepuasnya. 

Kampung indian atau disebut juga kelud ethnical garden adalah wisata yang cukup unik karena terdiri dari rumah-rumah tradisional Indian, ornamen, pernak-pernik dan aksesoris suku Indian. Selain berfoto, di taman ini pengunjung juga bisa berenang dan untuk anak-anak disini juga tersedia berbagai wahana permainan yang menarik.

Lokasi : Desa Sempu, kecamatan ngancar, kabupaten kediri, jawa timur
Jam Operasional : Buka setiap hari dari jam 08.00 - 17.00
Harga Tiket : Rp. 10.000 (weekday) dan Rp. 12.000 (weekend)

10 dari 11 halaman

Kediri Mall

Kediri Mall © Diadona

Satu lagi pusat perbelanjaan yang bisa menjadi pilihan untuk kamu kunjungi saat berada di Kediri, yaitu Kediri Mall. Tempat yang satu ini cocok buat kamu yang ingin mencari tempat berbelanja sekaligus refreshing

Mall satu ini memiliki tenant yang sangat beragam mulai dari keperluan rumah tangga, perlengkapan sekolah, kantor hingga busana. Tidak hanya menjadi pusat perbelanja, mall ini juga memiliki tempat refreshing yang recommended bersama keluarga atau teman, seperti tempat karaoke dan pusat permainan anak. 

Lokasi : Jl. Hayam Wuruk No. 46, Dandangan, Kediri, jawa Timur
Jam Operasional : Buka setiap hari dari jam 10.00 - 21.00

Deretan wisata kota Kediri di atas sayang banget untuk kamu lewatkan, bukan?

Penulis : Husnul Khotimah

 

Beri Komentar