Saking Curamnya Sampai Pecahkan Rekor Dunia, Jalan di Kota Inil Malah Lebih Mirip Perosotan Raksasa!

Reporter : Inasa All Islamiya
Rabu, 24 Juni 2020 13:35
Saking Curamnya Sampai Pecahkan Rekor Dunia, Jalan di Kota Inil Malah Lebih Mirip Perosotan Raksasa!
Jalan paling curam di dunia ini bahkan sempat pecahkan rekor dunia.

Buat kamu yang tinggal di Indonesia, mungkin gak asing dengan yang namanya jalan curam. Soalnya hampir seluruh wilayah Indonesia berada di kawasan pegunungan, yang akhirnya banyak banget jalan yang curam dan kemiringan ekstream.

Tapi tahu gak sih kamu kalau jalan paling curam di dunia justru ada di New Zealand. Jalan tersebut berada di sebuah kota kecil di Dunedin New Zealand. Nama jalan tersebut adalah jalan Baldwin yang lereng kemiringannya mencapai 34,97%.

Jalan Paling Curam di New Zealand

1 dari 2 halaman

Jalan tersebut ramai dikunjungi oleh para wisatawan sejak berhasil memecahkan rekor dunia. Tak sedikit turis lokal maupun mancanegara berbondong-bondong ke sana untuk sekadar berswafoto bersama orang-orang terdekat.

Karena lokasinya yang sangat curam, jalan ini justru sering dujuluki sebagai perosotan raksasa loh. Karena jadi salah satu destinasi wisata, jalan tersebut lebih sering dilalui oleh pejalan kaki yang ingin 'mendaki' jalanan tersebut.

2 dari 2 halaman

Dikalahkan Oleh Sebuah Jalan Kecil di Wales Inggris

Jalan Tercuram WalesJalan Tercuram Wales © twitter/@GWR

Belum lama ini, sekitar bulan April 2020, Rekor Dunia Guinness justru mengumumkan bahwa rekor kemiringan yang dicatatkan oleh jalan Baldwin sudah dikalahkan oleh sebuah jalan kecil di Wales Inggris.

Jalan yang terletak di residen Harlech ini sendiri diklaim menjadi jalan yang lebih curam. Lokasinya yang berada di pegunungan membuat jalan ini mencapai kemiringan 37,45%.

Nah itu dia dua jalan yang kini menduduki peringkat satu dan dua sebagai jalan paling curam di dunia. Kira-kira Guinness udah ada pernah ngukur jalan-jalan curam yang ada di Indonesia belum ya?

 

Beri Komentar