Rekomendasi 5 Desa Wisata yang Patut Dikunjungi Versi Kemenparekraf

Reporter : Bagus Prakoso
Kamis, 13 Januari 2022 13:27
Rekomendasi 5 Desa Wisata yang Patut Dikunjungi Versi Kemenparekraf
Dari persawahan sejuk nan asri hingga laut sebening kristal, ini rekomendasi Desa Wisata dari Menteri Sandiaga Uno!

Indonesia memang memiliki banyak tempat wisata yang patut untuk dikunjungi. Selain itu, salah satu potensi wisata yang sedang naik daun adalah Desa Wisata.

Beberapa daerah di Indonesia kini mulai menerapkan konsep Desa Wisata di tempat mereka. Bahkan, ada beberapa Desa Wisata yang sudah memenangi beberapa penghargaan. Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) mempunyai rekomendasi Desa Wisata di Indonesia yang patut dikunjungi. Di mana saja itu? Melansir dari laman resmi Kemenparekraf, berikut ulasannya!

1 dari 5 halaman

1. Desa Wisata Arborek

Desa Wisata ArborekDesa Wisata Arborek © kemenparekraf.go.id

Desa Wisata Arborek ini berada di Raja Ampat, Papua. Desa Wisata Arborek ini termasuk dalam 50 besar desa terbaik dalam ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia 2021.

Desa Wisata Arborek ini punya pemandangan hanmparan pasir putih sekaligus keindahan bawah laut. Terdapat banyak biota laut yang menawan, salah satu yang menjadi primadona di sini adalah Pari Manta.

Bagi para penyelam amatir, jangan khawatir, pasalnya kamu akan ditemani oleh para pemandu lokal yang sudah mendapat pelatihan secara resmi dan tentunya menerapkan protokol kesehatan secara ketat.

2 dari 5 halaman

2. Desa Wisata Pujon Kidul

Desa Wisata Pujon KidulDesa Wisata Pujon Kidul © Istimewa (Sabita Qomaria for Diadona.id)

Desa Wisata Pujon Kidul berada di Malang, Jawa Timur. Di sini, kamu bisa menikmati sunrise yang indah di Bukit Nirwana. Selain itu, beberapa kegiatan unik juga bisa dilakukan di sini. Seperti membuat aneka olahan susu di Pawon Ndeso, atau belajar membuat batik tulis, topeng, bermain gamelan, dan belajar tarian tradisional.

3 dari 5 halaman

3. Desa Wisata Selasari

Desa Wisata SelasariDesa Wisata Selasari © instagram.com/desawisata.selasari

Desa Wisata Selasari terletak di Kabupaten Pengandaran, Jawa Barat. Desa ini terkenal dengan wisata berbasis alam dan budaya. Di sini, kamu bisa mengikuti kegiatan river tubing sekaligus menikmati keindahan alam, menjelajahi sungai, berpetualang melintasi jeram, memasuki gua, dan juga melintasi air terjun.

4 dari 5 halaman

4. Desa Wisata Cisande

Desa Wisata CisandeDesa Wisata Cisande © kemenparekraf.go.id

Desa Wisata Cisande terletak di Kabupaten Sukabumi. Desa ini merupakan desa wisata berbasis edukasi peternakan. Saat mengunjungi Desa Wisata Cisande, kamu akan disuguhkan ragam kegiatan dengan nilai-nilai edukasi peternakan untuk wisatawan, seperti budidaya ikan hias dan lele.

Desa ini juga memiliki kegiatan wisata edukasi lainnya seperti menghias layang-layang caping, menanam padi dan lain sebagainya. Tak hanya itu, kamu juga bisa melakukan kegiatan outbond, panahan, river tubing, camping ground dan masih banyak lagi.

Desa Wisata Cisande ini terdapat taman kuliner, dan kamu juga bisa melihat langsung produksi kriya seperti sandal jepit, permainan tradisional, anyaman bambu, dan mengikuti kegiatan seru lainnya.

5 dari 5 halaman

5. Desa Penglipuran

Desa Wisata PenglipuranDesa Wisata Penglipuran © kemenparekraf.go.id

Desa Penglipuran merupakan desa adat yang ada di Kecamatan Bangli, Bali. Desa ini menjadi salah satu desa terbersih di dunia serta banyak meraih penghargaan dan prestasi.

Desa Penglipuran merupakan desa adat yang sangat menjunjung tinggi nilai-nilai luhur nenek moyangnya, seperti hutan bambu yang mengelilingi desa ini yang terus dijaga dan dilestarikan sampai saat ii. Ini merupakan bentuk pelestarian warisan dari para leluhur dan wujud nyata dalam menjaga keseimbangan antara manusia dan juga alam.

Beri Komentar