Pantai Jogan, Serpihan Surga yang Jatuh di Gunung Kidul

Reporter : Novi Hardita Larasati
Kamis, 14 Januari 2021 10:10
Pantai Jogan, Serpihan Surga yang Jatuh di Gunung Kidul
Keindahannya benar-benar bikin takjub, deh.

Tak hanya kaya akan sejarah dan budaya, ternyata kota Jogja juga menyimpan banyak pantai dengan pemandangan yang eksotis. Apalagi di kawasan Gunungkidul. Ciri khas utama dari pantai-pantai di Gunungkidul ialah pasir yang berwarna putih serta air lautnya yang sangat jernih.

Nah, salah satu pantai di Gunungkidul yang cukup terkenal yaitu Pantai Jogan. Saking indahnya, Pantai Jogan menempati posisi yang istimewa dari puluhan pantai yang tersebar di wilayah pesisir pantai Gunung Kidul, lho.

1 dari 2 halaman

Pantai Jogan © Diadona

Selain itu, keberadaan Pantai Jogan ini dianggap cukup unik lantaran memiliki air terjun yang langsung jatuh ke laut Pantai Jogan. Ketinggian air terjun ini sekitar 10 m dengan sumber air yang berasal dari perbukitan kapur di kawasan geopark Gunung Sewu di sebelah utara.

Sementara itu, di atas tebing kamu akan menjumpai daratan subur yang ditumbuhi tanaman hijau. Di atas tebing inilah kamu akan bisa menyaksikan keindahan pantai dan pemandangan matahari yang terbenam.

Tak hanya menikmati segarnya air terjun, kamu juga bisa melakukan rappelling saat berkunjung ke Pantai Jogan. Rappelling ialah aktivitas menuruni tebing dengan menggunakan perlengkapan khusus. Biasanya, rappelling ini dilakukan oleh para pencinta alam di tebing yang tidak begitu tinggi atau ekstrem.

2 dari 2 halaman

Pantai Jogan © Diadona

Oleh karena itu, kamu bisa memanfaatkan tebing yang ada di pantai ini sembari melakukan aktivitas seru tersebut. Serunya lagi, kalau kamu melakukan rappelling di sini, nantinya kamu akan mendapat tantangan baru menuruni tebing, sekaligus air terjun lho!

Pantai Jogan ini berlokasi di Dusun Duwet, Jalan Pantai Siung, dekat dengan pegunungan di Gunungkidul. Dari pusat Kota Jogja, Pantai Jogan berjarak sekitar 74 km. Sehingga, untuk bisa sampai sini, kamu memerlukan waktu sekitar 2 jam berkendara melewati rute Wonosari.

Ohiya, tiket masuk Pantai Jogan ini jadi satu dengan tiket masuk Pantai Siung dan Pantai Nglambor, guys. Oleh karena itu, harga tiket retribusi masuk ke Pantai Jogan hanya dikenakan biaya RP 10.000/orang. Sedangkan untuk biaya parkir di Pantai Jogan Rp 3000 untuk sepeda motor, Rp 5000 mobil, dan Rp 20.000 untuk bus.

Gimana, siap berlibur di Pantai Jogan? Share di kolom komentar ya!

Beri Komentar