Plesiran ke Kodingareng Lompo, Kepulauan di Makassar yang Menawarkan Potensi Wisata Bahari

Reporter : Novi Hardita Larasati
Selasa, 22 Desember 2020 11:10
Plesiran ke Kodingareng Lompo, Kepulauan di Makassar yang Menawarkan Potensi Wisata Bahari
Bisa jadi alternatif liburanmu nanti, nih.

Belakangan ini banyak sekali tempat wisata Indonesia yang mulai dipenuhi dengan pelancong lokal maupun mancanegara, salah satunya adalah Kodingareng Lompo. Kodingareng Lompo ialah pulau berpenghuni yang ada di Kecamatan Sangkarrang, Kota Makassar. Berjarak sekitar 15 km dari pulau utama Kota Makassar.

Selain keindahan pulau dan pantainya yang indah, akan tetapi kemudahan akses, ketersediaan rumah tinggal, serta kemudahan mencari makan di pulau ini menjadi nilai tambah tersendiri bagi para pengunjung. Bahkan, pulau ini juga termasuk salah satu pulau terbesar dengan luas 14 Ha, lho.

1 dari 3 halaman

Pulau Kodingareng Lompo © Diadona

Sebagian besar masyarakat pulau ini berprofesi sebagai nelayan dan beberapa ibu rumah tangga yang merangkap wirausaha kecil, sehingga terdapat banyak kios atapun jajanan yang tersebar hampir di setiap bagian pulau. Menariknya lagi, pulau ini memiliki satu jalan besar yang memotong di tengah pulau lho, guys.

Bentuk pulau pun relatif memanjang. Sehingga kamu bisa menikmati senja di bagian gusung pulau, dimana dekat dengan mercusuar putih yang menjadi khas pulau Kodingareng Lompo. Tempat terbaik menikmati sore hari di pulau ini yakni di gusung, bagian pulau terujung. Sebab, di waktu sore saat air laut surut, kamu bisa mencari kerang di sepanjang bibir pantai sembari menunggu senja.

Tak cukup sampai di situ saja, kamu pun juga bisa snorkeling sambil menikmati keberagaman biota laut seperti ikan-ikan kecil, terumbu karang, bintang laut, dan lainnya yang berada di beberapa titik menyelam di perairan pulau Kodingareng Lompo. Ohiya, satu hal yang unik dari pulau ini yaitu terdapat jejak peninggalan kolonial Jepang, yakni dua tangki air tua pada bungung lompo atau sumur besar.

2 dari 3 halaman

Pulau Kodingareng Lompo © Diadona

Meski peninggalan kolonial Jepang, sumur tersebut pun masih bisa digunakan beberapa warga sebagai tempat pemandian umum. Bahkan, sumur ini punya legenda yang dipercaya oleh masyarakat sekitar, yakni sumur itu tidak pernah kering dan kalau air sumur meluap, hal ini pertanda kejadian buruk akan menimpa pulau.

Untuk berkunjung ke tempat ini, Kodingareng Lompo bisa ditempuh menggunakan kapal kayu atau speedboat dengan beragam kapasitas. Sementara akses termurah menuju pulau ini dengan kapal penumang reguler, kamu cukup membayartarif Rp 15.000 per orang. Namun saat mengunjungi pulau ini sebaiknya lewat pelabuhan Kayu Bangkoa, pelabuhan yang letaknya dekat dengan Pantai Losari.

Di pelabuhan tersebut biasanya kapal reguler bersandar sekitar pukul 08.00 dan berangkat pukul 11.00 WITA. Dikarenakan keberangkatan kapal reguler serupa dengan pulau-pulau lainnya, pastikan kamu bangun sepagi mungkin agar tidak tertinggal, sebab kapal berangkat dari Pulau Kodingareng sekitar pukul 06.00 pagi.

3 dari 3 halaman

Selain akses menggunakan kapal regular, kamu pun juga bisa menyewa speedboat dengan tarif Rp 600.000 – Rp1.000.000 dengan kapasitas 5-10 orang . Tapi sangat disarankan untuk menyewa speedboat kalau kamu ingin snorkeling di perairan kodingareng, karena spot snorkeling berada sekitar 100 – 200 meter dari dermaga. Walaupun begitu, snorkeling beberapa meter dari dermaga pemandangan bawah lautnya tidak akan mengecewakan sebab ada banyak ikan-ikan kecil, terumbu karang, dan airnya yang jernih.

Nah, setelah melihat keindahan pulau Kodingareng Lompo, apakah kamu berniat mengunjunginya? Kalau iya, jangan lupa aja sahabat, pasangan, dan keluarga biar liburanmu makin seru!

Beri Komentar