Bukan cuma 3M, Ini lho Tips Liburan Akhir Tahun di Tengah Pandemi

Reporter : Bagus Prakoso
Sabtu, 19 Desember 2020 16:20
Bukan cuma 3M, Ini lho Tips Liburan Akhir Tahun di Tengah Pandemi
Ingin liburan akhir tahun yang aman dan nyaman saat pandemi? Ini hal yang wajib diperhatikan!

Akhir tahun memang tinggal menghitung hari lagi. Banyak dari kita yang sudah merencanakan liburan akhir tahun. Namun, perlu digaris bawahi bahwa pandemi Virus Corona COVID-19 ini masih belum berakhir. Bahkan penyebaran virus corona di Indonesia masih terus meningkat.

Oleh karena itu, liburan di masa pandemi COVID-19 perlu disiasati lebih cerdas agar tetap aman dan nyaman. Apa saja tips-nya? Yuk kita simak.

1 dari 3 halaman

Upayakan Transaksi Cashless

Transaksi secara digital atau Cashless adalah salah satu cara ampuh mencegah penularan covid-19. Dokter Ivan Adrian mengatakan, selain menerapkan protokal kesehatan, pola kebiasaan lain harus diubah ketika berada di tempat umum. Salah satunya adalah mengupayakan transasksi Cashless.

" Saat liburan kita biasanya banyak menyentuh ATM, uang cash, nah kalau bisa 'cashless'. Pesan tiket, hotel, dan lain-lainnya via aplikasi," ujar dokter Ivan Adrian mengutip dari Antara.

Ia mengimbau kepada masyarakat sebisa mungkin menggunakan layanan digital dalam hal pembayaran atau transaksi dalam bentuk apapun. Hal ini dilakukan agar masyarakat tak perlu banyak berinteraksi ataupun bersentuhan dengan benda-benda di tempat publik.

2 dari 3 halaman

Terapkan Protokol Kesehatan

Ilustrasi Memakai Masker © Diadona

Nah, inilah yang juga paling penting. Yakni tetap menerapkan protokol kesehatan. Satgas COVID-19 sudah memberikan sosialisasi 3M, yaitu memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak dan menghindari kerumunan.

Biasakan untuk mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir. Kita tak akan menyadari jika ketika berada di tempat umum, kita telah menyentuh pintu hotel atau mobil yang telah dipegang oleh banyak orang.

3 dari 3 halaman

Ilustrasi Liburan Keluarga © Diadona

Potensi penularan bisa terjadi di tempat wisata jika protokol kesehatan tak dijalankan dengan ketat. Dengan tetap waspada dan menjaga kebersihan, akan meminimalisir penyebaran virus corona.

Itulah tadi tips singkat berlibur akhir tahun saat pandemi. Meskipun begitu, sangat disarankan untuk masyarakat agar merayakan tahun baru di rumah aja dengan berkumpul bersama keluarga. Selamat berlibur.

Beri Komentar