Cuci Sayur dan Buah Tanpa Sabun, Cukup Gak Sih?

Reporter : M. A. Adam Ramadhan
Senin, 7 Juni 2021 07:10
Cuci Sayur dan Buah Tanpa Sabun, Cukup Gak Sih?
Pernah kepikiran nggak sih untuk cuci dan buah pakai sabun?

Agar tubuh tetap sehat dan bugar dalam menjalani aktivitas sehari-hari, menjaga pola makan yang sehat sangatlah perlu diperhatikan. Salah satu hal yang perlu digaris bawahi adalah proses bahan makanan yang akan disantap. Misalnya saja sayur dan buah. Sebelum dikonsumi, diperlukan untuk dicuci terlebih dahulu.

Biasanya mencuci buah dan sayur cuma dengan air. Namun apakah cukup?

 

1 dari 3 halaman

Ilustrasi Wanita dengan Buah dan Sayur © Diadona

Buah dan sayur tentunya berasal dari tanah. Setelah dipanen, sering banget masih ada tanah yang tersisa. Kalaupun memang tak terlihat, bisa jadi ada kandungan mikroba di sana. Belum lagi dengan sisa pestisida yang bisa meningkatkan risiko masalah ketidaksuburan.

Namun ternyata, melansir dari Health via Merdeka.com, mencuci buah dan sayur cukup dengan air saja. Sementara penggunaan sabun untuk mencuci sabun dan sayur tidak disarankan, berdasarkan penjelasan dari Badan Makanan dan Obat (FDA).

 

2 dari 3 halaman

Ilustrasi Wanita dengan Buah dan Sayur © Diadona

Pada umumnya, buah dan sayur cukup dicuci dengan air dingin yang mengalir secara menyeluruh, walau sudah dalam dikemas dalam wadah husus. Namun untuk beberapa buah dan sayur, bisa dilakukan dengan cara yang berbeda. Misalnya mentimun, bisa ditambahkan mencucinya dengan sikat yang lembut.

Agar lebih efekti, penelitian pada tahun 208 mengungkapkan, buah dan sayur bisa dicuci dan direndam untuk menurunkan tingkat residu dari pestisida. Terlebih jika kulit atua lapisan luarnya dikupas terlebih dahulu, itu lebih baik.

3 dari 3 halaman
Beri Komentar